Home » Berita » Perlukah Mengasuransikan Mobil di Tengah Pandemi Corona?

Perlukah Mengasuransikan Mobil di Tengah Pandemi Corona?

Asuransi mobil (Foto: Ilustrasi/Asuransi Astra)

Jakarta – Keuntungan membeli mobil dengan kredit selain bisa meringankan beban pengeluaran, secara otomatis kendaraan sudah tercover asuransi. Tetapi begitu masa kredit mobil telah selesai atau lunas, maka asuransi sudah tidak berlaku lagi.

Setelah itu tidak sedikit dari pemilik mobil yang justru membiarkan begitu saja kendaraannya tanpa asuransi. Alasannya beragam, mulai dari buang-buang uang sampai proses klaim yang dinilai berbelit-belit.

Padahal di satu sisi asuransi mobil sangat penting dan banyak manfaatnya. Apalagi di tengah pademi corona saat ini, kendaraan menjadi kurang terawat dan kemungkinan besar bisa saja mogok di tengah jalan ketika sedang digunakan.

Belum lagi banyak komplotan penjahat yang memanfaatkan situasi pandemi corona untuk melakukan pencurian kendaraan bermotor. Lantas seberapa penting dan perlu mengasuransikan mobil di tengah pademi corona?

Dikatakan Laurentius Iwan Pranoto selaku SVP Communication, Event & Service Management Asuransi Astra, bahwa asuransi mobil sangat penting sekali. Sebab bisa dijadikan sebagai proteksi finansial atas risiko-risiko yang terjadi pada mobil.

“Jadi kalau dibilang penting atau tidak penting namanya asuransi kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada kendaraan kedepannya. Misalkan baru saja keluar, mobil Anda tertabrak atau menabrak itu kan peristiwa yang kita tidak tahu, juga risiko seperti apa,” ungkap Iwan, baru-baru ini.

Kemudian lanjut Iwan, Tentu dengan adanya asuransi pemilik mobil bisa merasa tenang walaupun mobil terlibat kecelakaan di jalan atau bahkan hilang dicuri. Sebab oleh pihak asuransi mobil akan diperbaiki dan bila hilang bisa dicover asuransi.

“Dari sisi keamanan juga mulai rawan artinya jangan sampai kondisi seperti sekarang ini mobil atau motor yang biasa Anda gunakan sehari-hari mengalami gangguan di jalan. Kalau saya ngomong harus tetap pakai asuransi. Karena kita tidak tahu kondisi kedepannya kaya gimana,” terang dia.

Mendaftar Asuransi Bisa Online

Hampir semua jenis asuransi bisa diajukan atau daftar secara online. Tentu ini sangat mempermudah calon nasabah karena tidak perlu keluar rumah. Cara daftar cukup mudah, bisa melalu aplikasi atau langsung ke website resmi perusahaan asuransi pilihan Anda.

Mendaftar asuransi mobil secara online sangat dianjurkan apalagi saat ini ada himbauan dari pemerintah supaya tetap berada di rumah dan tidak berpergian jauh.

“Melalui online sangat memungkinkan di masa pademi corona ini. Kalau tidak langsung telepon ke marketingnya juga bisa. Online lebih gampang tinggal masukan data saja. Nanti ada beberapa program yang ditawarkan termasuk jumlah premi yang harus dibayarkan,” pungkas Iwan.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Halau Pemudik, Penjagaan di Jalan Akan Diperketat Jelang Lebaran
Next post
Innova Community Peduli Bencana Covid-19, Salurkan Ribuan Bantuan