Home » Berita » Pernah Berjaya, Peugeot Ingin Bangkit Kembali di Bawah Astra

Pernah Berjaya, Peugeot Ingin Bangkit Kembali di Bawah Astra

Test drive Peugeot 5008. (Foto: Carmudi/Yongki)

Solo – Brand Peugeot dalam beberapa tahun terakhir seolah tenggelam dan kalah pamor dibanding merek Eropa dan pendatang baru dari Cina. Padahal merek asal Sochaux, Prancis ini sempat disegani dan cukup laris pada dekade 1970 sampai awal 2000-an. Di bawah naungan Astra, Peugeot ingin kembali mengulangi kenangan manis di pasar otomotif Indonesia.

Mundur ke belakang, Peugeot sempat merakit secara lokal model 206 di Indonesia. Seiring menurunnya pamor Singa Prancis tersebut di Tanah Air, unit yang dijual pun diimpor utuh dari Prancis atau Malaysia. Adapun impor utuh dari Malaysia merupakan salah satu cara Peugeot menekan harga karena bebas pajak.

“Kita ada perakitan di Gaya Motor. Dari prinsipal mengizinkan merakit lokal berapapun jumlahnya, tapi makin sedikit ya makin mahal,” ungkap Fajar Cendekia, Head of Finance and Marketing PT Astra Peugeot Indonesia di sela sesi Test Drive Peugeot 5008, Selasa (18/2/2020).

Head unit Peugeot 5008 Allure Plus. (Foto: Carmudi/Yongki)

Sejauh ini, PT Astra Peugeot telah menjual sebanyak 129 unit 3008 dan 5008 dari tipe GT Line pada tahun lalu. Jumlah tersebut cukup menjanjikan, pasalnya varian GT Line ini unitnya diimpor langsung dari Prancis. Sementara itu, Varian Allure Plus yang diluncurkan pekan lalu merupakan produksi Malaysia.

“Akhirnya kita harus menentukan nilai ekonomis harus jual berapa, itu harus ada kesepakatan antara prinsipal dan distributor. Untuk menyiasati harga, untuk itu ada Form D yaitu impor dari Malaysia,” beber Fajar.

Peugeot ingin terus meningkatkan penjualan terlebih dahulu agar bisa mencapai nilai ekonomis untuk bisa merakit secara lokal. Untuk tahun ini, PT Astra Peugeot menargetkan bisa menjual tiga kali lipat dari tahun lalu dengan sokongan varian Allure Plus yang lebih terjangkau.

“Tahun lalu dari data Gaikindo terjual 129 unit, hanya dari tipe GT Line. Tahun ini target kita jualan tiga kali lipat dari tahun lalu karena dibantu dengan Allure Plus ini,” jelas Fajar.

Astra Peugeot Andalkan 5008 dan 3008 Allure Plus

Peugeot 5008 Allure Plus jadi andalan untuk first buyer mobil Eropa. (Foto: Carmudi/Yongki)

Menandai comeback, PT Astra Peugeot lantas merilis varian Allure Plus untuk model 5008 dan 3008 bikinan Malaysia. Varian ini disiapkan untuk kalangan first buyer mobil Eropa. Fajar menuturkan, brand Peugeot mencoba bangkit di bawah manajemen Astra dengan menyediakan model-model yang sesuai dengan karakter konsumen Indonesia.

“Kalau yang Allure Plus, itu menjadi strategi kita untuk orang yang ingin merasakan first car merek Eropa,” ucapnya.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Sepekan Meluncur, Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus Disiksa Jakarta-Surabaya

Previous post
Segera Meluncur, Harga NJKB Kia Seltos Diesel Sudah Terungkap
Next post
Resmi Ditutup, Merek Holden Bakal Jadi Kenangan