Sepeda motor

Persaingan Sengit, Ini Perbandingan Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150L

Perbandingan spesifikasi antara dua motor off road, Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150L. (Foto: Carmudi)

Jakarta – Motor trail atau dikenal dengan motor off road saat ini menjadi motor yang populer di Indonesia. Terdapat dua motor trail bermesin 150 cc yang memiliki banyak peminat, yaitu Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF150L.

Lalu, bagaimana perbandingan antara KLX 150 dan CRF 150L?

Kawasaki dikenal sebagai pionir motor trail entry level. Salah satu motor andalannya, KLX 150, terbagi dalam dua tipe, yaitu versi standar dan BF.

Selama beberapa tahun, KLX 150 sempat menduduki posisi teratas motor trail yang paling banyak diminati.  Motor ini sering menghiasi jalanan di perkotaan Jakarta.

Namun kini, posisi motor KLX 150 mulai mendapat persaingan lumayan sengit setelah Honda meluncurkan CRF 150L. Honda CRF 150L diluncurkan pada 2017 lalu di Indonesia.

Motor ini dibuat dengan konsep on-off sport. Desain CRF 150L mengadopsi gaya CRF global yang kental dengan nuansa motorcross.

Dari segi spesifikasi, CRF 150L memang dibuat untuk menakluki KLX 150. PT Astra Honda Motor (AHM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor Honda di Indonesia sepertinya memiliki tujuan ingin para pengguna KLX 150 berpaling ke CRF 150L buatannya.

Bagi yang ingin membeli dan bingung memilih motor off road mana yang terbaik, Carmudi telah rangkum perbandingan antara Kawasaki KLX 150 dengan Honda CRF 150L dari berbagai aspek sebagai berikut.

Perbandingan Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150L

Perbandingan Mesin KLX 150 dan CRF 150L 

Pada bagian mesin, kedua motor ini memiliki tenaga mesin yang tentunya berbeda. Kawasaki KLX 150 dibenamkan mesin jenis Air-cooled, 4-stroke Single yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 11,8 Hp pada 8.000 Rpm, serta torsi maksimal 11,3 Nm pada 6.500 Rpm.

Meski dapur pacunya masih mengandalkan karburator, motor ini sudah mengandalkan mesin yang memenuhi standar Euro 3.

Namun, mesin KLX 150 memiliki tenaga yang lebih kecil jika dibandingkan dengan tenaga mesin Honda CRF 150L. CRF 150L mengandalkan mesin jenis 4-Langkah, SOHC, satu silinder yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 12,7 Hp pada 8.000 Rpm dan torsi sebesar 12,4 Nm pada 6.500 Rpm.

Selain itu, mesin CRF 150L sudah didukung sistem air cooled PGM-FI, sehingga diklaim sebagai mesin yang paling bertenaga di kelasnya.

Motor ini pun dapat dibawa berkendara di berbagai medan jalan dengan performa terbaik, serta irit konsumsi bahan bakarnya. Konsumsi BBM CRF 150L sebesar 39,3 km/liter dari pengetesan EURO3.

Sebagai informasi, mesin yang dibenamkan pada CRF 150L konon mirip dengan mesin Honda Verza dengan banyak penyesuaian pada output-nya untuk medan off road.

Perbandingan Dimensi KLX 150 dan CRF 150L

Dari segi dimensi, Honda CRF 150L memiliki ukuran yang sedikit lebih bongsor dibandingkan dengan Kawasaki KLX 150.

KLX 150 memiliki ukuran panjang 2.050 mm, lebar 830 mm, tinggi 1.115 mm, dan ground clearance (jarak bodi bawah dengan tanah) 255 mm, sedangkan CRF 150L memiliki panjang 2.119 mm, lebar 793 mm, tinggi 1.153 mm, serta ground clearance 285 mm.

Dengan memiliki ukuran-ukuran tersebut, dimensi Honda CRF 150L dinilai cukup tinggi untuk kebanyakan konsumen di Indonesia.

Di sisi lain, KLX 150 lebih ringan dibandingkan CRF 150L. KLX 150 memiliki bobot seberat 116 kg, sedangkan CRF 150L memiliki bobot 122 kg.

Kedua bobot motor ini belum ditambah dengan volume tangki bensinnya. Kapasitas tangki bensin KLX 150 sebesar 6,9 liter, sedangkan tangki bensin CRF 150 L berkapasitas 7,2 liter.

Desain dan Spidometer

Perbandingan desain antara Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150L. (Foto: Carmudi)

Kedua motor ini memiliki desain yang cukup berbeda satu sama lain. Kawasaki KLX 150 memiliki desain yang terkesan dinamis dan simpel.

Ini bisa terlihat dengan tidak adanya sudut bodi motor yang tajam. Selain itu, terdapat headlamp berbentuk kecil dan visor yang sedikit lebar sehingga tampilan KLX 150 juga terkesan stylish untuk ukuran motor off road.

Di sisi lain, pihak Kawasaki masih mempertahankan desain spidometer KLX 150 yang sederhana, namun tetap fungsional agar pengemudi bisa mengetahui kondisi motornya ini.

Terdapat berbagai panel indikator yang cukup lengkap, seperti indikator kecepatan, indikator lampu, serta indikator penunjuk jarak tempuh motor.

Secara keseluruhan, desain KLX 150 ini berbeda dengan desain Honda CRF 150L yang terlihat kekar dan tangguh.

Tampilan CRF 150L terlihat memiliki banyak guratan dengan sudut yang tajam dan postur gagah. Selain itu, disematkan juga headlight dan taillight yang memiliki kesan tajam.

Di sisi lain, terdapat suspensi upside down berwarna emas yang berukuran besar. Secara keseluruhan, tampilan Honda CRF 150L tertutup oleh cover bodi.

Menariknya, motor ini telah disematkan digital panel meter yang memiliki aksen compact dan sporty sehingga terkesan agresif.

Spidometer dengan layar LCD tersebut dapat menunjukkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh pengemudi, seperti informasi sisa bahan bakar, kecepatan, serta jarak tempuh.

Kaki – Kaki

Keduanya telah didukung dengan kaki-kaki yang tangguh dan mumpuni untuk dibawa berkendara di medan off road.

Pada Kawasaki KLX 150, pihak Kawasaki telah menyematkan suspensi 33 mm telescopic fork di bagian depan dan Uni-Trak, with 5-way adjustable preload pada bagian belakang.

Selain itu di bagian rodanya sendiri, KLX 150 mengandalkan velg atau pelek berukuran 19 inci di bagian depan dan velg 16 inci pada bagian belakang.

Untuk bagian pengereman, motor ini menggunakan rem Single 240 mm petal disc Twin-piston pada bagian depan dan rem Single 190 mm petal disc Single-piston di bagian belakang.

Di sisi lain, Honda CRF 150L disematkan suspensi jenis Inverted Telescopic pada bagian depan dengan ukuran diameter 37 mm dan panjang stroke 225 mm, sedangkan di bagian belakang, disematkan suspensi monosuspension with pro-link dengan Axle Travel 207 mm.

Pada bagian roda, pihak Honda sudah memasang pelek motornya ini dengan ukuran 21 inci di bagian depan dan 18 inci di bagian belakang.

Honda CRF 150L telah didukung dengan sistem pengereman Wavy Disc yang masing-masing berukuran 240 mm pada bagian depan dan 220 mm di bagian belakang.

Sebagai informasi, suspensi pada CRF 150 ini menggunakan merek Showa yang dinilai dapat memberikan kenyamanan secara lebih maksimal bagi pengemudi.

Fitur

Mengenai fitur, Kawasaki KLX 150 sepertinya sedikit tertinggal dengan Honda CRF 150L. CRF 150L sudah menggunakan spidometer digital, sedangkan KLX 150 masih menggunakan sistem analog.

Namun, pihak Kawasaki telah memberikan komponen tambahan pada KLX 150, yaitu indikator bahan bakar.

Dengan adanya fitur tersebut, pengemudi bisa membawa motornya ini dengan nyaman dan aman karena dapat mengetahui sisa bahan bakar yang ada di dalam tangki.

Tidak hanya itu, terdapat juga fitur baru yang turut disematkan pada KLX 150 ini, yaitu suspensi Upside Down. Fitur tersebut diklaim dapat memberikan handling yang handal saat melalui berbagai medan jalan yang penuh bebatuan sekali pun.

Di sisi lain, pada Honda CRF 150L, sudah dilengkapi dengan fitur fungsional, yaitu rem Hydraulic Disc dan Leading Drum yang diklaim dapat menjamin keselamatan pengemudi saat menerjang medan jalan off road secara lebih optimal.

Kedua motor ini memiliki persamaan pada bagian lampu, dimana masih menggunakan teknologi lampu lama berupa bohlam halogen kuning.

Harga

Harga tentunya menjadi pertimbangan banyak konsumen sebelum membeli motor. Jika melihat harga jual keduanya, KLX 150 memiliki harga jual yang lebih mahal (untuk varian tertinggi) dibandingkan dengan Honda CRF 150L.

Pihak Kawasaki telah merilis beberapa varian pada KLX 150.

Suspensi upside down, photo: pinterest

Tampilan Kawasaki KLX 150. (Foto: Pinterest)

Berikut daftar harga Kawasaki KLX 150 2023 on the road (OTR) Jakarta:

  • Kawasaki KLX 150 S: Rp32,9 Juta
  • Kawasaki KLX 150: Rp 36,5 Juta
  • Kawasaki KLX 150 SE: Rp 39,5 Juta

Honda CRF150L Extreme Red. (Foto: AHM)

Untuk Honda CRF150L, terdapat tiga varian yang ditawarkan dengan harga sama. Berikut harga jualnya OTR Jakarta:

  • CRF 150 – Extreme Black Rp36,816 juta
  • CRF 150 – Extreme Red Rp36,816 juta
  • CRF 150 – New Extreme Gray Rp36,816 juta

Jika melihat perbandingan antara Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150L di atas, CRF 150L lebih unggul pada bagian mesinnya yang lebih bertenaga, serta fiturnya lebih modern.

Namun, keduanya sama-sama telah disematkan kaki-kaki yang andal sebagai motor off road.

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Baca Juga: Daftar Harga dan Spesifikasi Kawasaki KLX 2020, Motor Tangguh Spesialis Garuk Tanah

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts