Berita

Persamaan Sapi Limosin dan Mobil Limosin, Sama-sama Disukai Orang Kaya

Jakarta – Sapi limosin adalah jenis hewan kurban yang tenar di kalangan para pesohor, sedangkan bagi penggemar otomotif, namanya mengingatkan pada mobil mewah yang melekat dalam kehidupan orang-orang berkantong tebal.

Persamaan Sapi Limosin dan Mobil Limosin, Sama-Sama Disukai Orang Kaya

Mobil limosin Lincoln Navigator (Foto: Wikipedia)

Umat muslim kembali menjalani Hari Raya Idul Adha yang tahun ini jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021. Sudah menjadi tradisi bagi mereka yang memiliki kemampuan lebih secara finansial untuk berkurban.

Di antara beberapa jenis hewan kurban, sapi limosin mendapat sorotan lebih. Sebabnya hewan kurban ini kerap dipilih oleh para figur publik, mulai dari Presiden Joko Widodo hingga para artis.

Terkenal memiliki tubuh besar dan panjang, harga sapi limosin tak main-main. Di Jakarta, sapi limosin dengan bobot sekira satu ton bisa dipatok antara Rp90 hingga Rp100 jutaan.

Karena harganya yang mahal itu pula kemudian warganet menjulukinya dengan “sapi sultan”.

Dalam dunia otomotif istilah limosin juga identik dengan kehidupan “sultan”.

Limosin digunakan untuk menyebut mobil super mewah yang punya bodi panjang lengkap dengan segudang fitur kenyamanan dan hiburan di kabin.

Selain itu, mobil ini memiliki sekat atau partisi yang memisahkan antara pengemudi dengan penumpang di belakangnya, seperti dijelaskan dalam buku “Illustrated Dictionary of Automobile Body Styles”.

Sekat ini memiliki fungsi menjaga privasi obrolan para penumpang di belakang yang biasanya adalah orang-orang penting.

Studebaker Limousine

Studebaker Limousine (Foto: Wikipedia)

Istilah “limosin” itu sendiri diambil dari nama sebuah daerah di Perancis, yakni Limousin. Sayangnya tak ditemukan penjelasan pasti alasan penggunaan nama tersebut.

Tapi yang jelas mobil limosin mulai populer sejak tahun 1910-an. Merek-merek ternama saat itu seperti Vauxhall, Lincoln, Winton, dan Studebaker kerap dipilih sebagai basis mobil limosin.

Pada saat itu mobil limosin memang bukan lahir di fasilitas produksi milik pabrikan. Melainkan di workshop perusahaan coach builder alias modifikator.

Toyota Century Gen 3

Toyota Century Gen 3 (Foto: Wikipedia)

Harga Mobil Limosin

Salah satu contoh limosin di era modern saat ini adalah Toyota Century generasi ketiga yang meluncur di Tokyo Motor Show 2017. Mobil ini ditawarkan dengan harga 19,6 juta yen atau sekira Rp2,6 miliar.

Istilah limosin juga sudah tak terbatas pada bentuk bodi sedan, melainkan ada juga yang SUV. Contohnya, Lincoln Navigator yang dijual seharga 95 ribu dolar Amerika Serikat atau setara Rp1,3 miliar.

Dengan harga selangit jelas mobil limosin bukan untuk orang sembarangan.

Baca Juga:

 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts