BeritaMobilSumber informasiTips dan Trik

Persiapan Jelang Musim Hujan, Pemilik Mobil Wajib Periksa Ini

Jakarta – Menurut prediksi Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) musim kemarau akan berakhir bulan ini, itu artinya masyarakat di seluruh Indonesia harus bersiap menghadapi musim hujan. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terutama bagi Anda pemilik mobil.

Supaya lebih nyaman berkendara dalam kondisi cuaca hujan, sebaiknya lakukan pemeriksaan beberapa komponen kendaraan sejak dini. Pemeriksaan komponen mobil bisa dilakukan sendiri di rumah, atau bila Anda merasa kurang percaya diri sebaiknya membawa kendaraan Anda ke bengkel langganan.

Dilansir dari berbegai sumber, berikut ini komponen mobil yang wajib diperiksa jelang musim hujan:

Ilustrasi wiper mobil (Foto: Autointhebox)

1. Wiper

Wiper merupakan komponen yang sangat penting untuk menjaga pandangan pengemudi ke depan dan belakang tetap terjaga, sebab wiper berfungsi untuk menyapu air hujan di kaca. Oleh karena itu periksalah motor wiper apakah bekerja dengan baik, selain itu periksa pula kondisi karet wiler pastikan dapat menyapu air. Jika karet sudah getas sebaiknya ganti dengan yang baru. Gunakan karet wiper yang berkualitas.

2. Air Wiper

Pastikan tabung penyimpanan air wiper terisi air sesuai dengan batas maksimal yang sudah ditentukan. Disarankan untuk mengisinya dengan cairan khusus pembersih kaca supaya debu bercampur minyak dapat dengan cepat menghilang.

Mengecek tekanan didalam ban mobil.Foto/Google

Mengecek tekanan didalam ban mobil.Foto/Google

3. Ban Mobil

Komponen satu ini tidak kalah pentingnya. Pergantian ban baru perlu dilakukan ketika sudah waktunya tiba. Ban memiliki Tread Wear Indicator (TWI) yang terdapat pada tapaknya. TWI ditunjukan dengan tanda segitiga. Jika telapak ban sudah menyentuh bagian TWI, artinya pemilik mobil harus segara mengganti ban.

Untuk diketahui ban yang sudah aus atau bentuk tapaknya sudah tidak lagi sempurna dapat menyulitkan pengemudi untuk mengendalikan mobil pada saat hujan dan dalam kondisi aspal basah.

4. Rem Mobil

Kondisi aspal yang basah dan licin membuat rem bekerja ekstra untuk memperlambat laju kendaraan. Pastikan kondisi rem dalam keadaan baik, jangan lupa untuk memeriksa ketebalan kampas rem, bila sudah menipis langsung diganti dengan yang baru. Kondisi minyak rem perlu diperiksa juga jangan sampai berada di bawah titik terendah.

5. Pencahayaan Mobil

Ada beberapa pencahayaan dibagian luar mobil baik itu depan maupun belakang. Pastikan lampu utama tidak redup karena dapat mengganggu pandangan pengemudi saat hujan deras.

Barang-Barang yang Harus Ada di Dalam Mobil

Tidak hanya mobil saja yang harus diperiksa jelang musim hujan. Beberapa barang penting juga harus dipersiapkan untuk dimasukkan ke dalam mobil. Berikut daftar barangnya sebagaimana dilansir dari Astraworld:

musim hujan

masuki musim hujan, sediakan payung dan jas hujan

1. Payung atau Jas Hujan

Payung atau jas hujan dapat membantu tubuh dan kepala Anda terhindar dari air hujan ketika hendak keluar mobil maupun menuju tempat parkir. Bisa juga digunakan bila mengharuskan Anda kaluar mobil untuk memeriksa bagian kendaraan yang mengalami masalah ketikaa berada di tengah jalan.

2. Sendal

Selain dapat melindungi telapak kaki Anda dari benda tumpul dan tajam ketika harus keluar kendaraan di saat hujan, sendal juga bisa menghindari sepatu kesayangan basah. Di samping itu lebih praktis ketimbang menggunakan sepatu.

3. Handuk

Jangan lupa simpan handuk kecil di dalam mobil. Tujuannya untuk untuk menyeka bagian tubuh yang terkena air hujan.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts