Home » Berita » Perusahaan BYD Toyota Resmi Berdiri, Siap Kembangkan Mobil Listrik

Perusahaan BYD Toyota Resmi Berdiri, Siap Kembangkan Mobil Listrik

BYD Toyota EV Company
Toyota BYD akan segera meresmikan BYD Toyota EV Company. (Foto: Paultan)

Beijing – Di tengah maraknya peralihan teknologi mesin konvensional ke listrik membuat dua perusahaan ternama yaitu BYD dan Toyota mendirikan perusahaan patungan. Keduanya telah menandatangani usaha patungan sekira lima bulan lalu. Sekarang Toyota dan BYD secara resmi mengumumkan pendaftaran perusahaan baru yang sudah dijanjikan sebelumnya. Perusahaan tersebut berdiri dengan sebutan BYD Toyota EV Company. Secara bersama-sama mereka akan mengembangkan mobil listrik berbasis baterai dan akan beroperasi mulai Mei 2020.

Kantor pusat perusahaan BYD Toyota EV berada di Pingshan, Shenzhen, China. Perusahaan ini sendiri akan dikepalai Hirohisa Kishi dari Toyota, sedangkan posisi Chief Executive Officer (CEO) dipegang oleh Zhao Binggen dari BYD. Kishi sebelumnya adalah Presiden Divisi Powertrain Toyota, sedangkan Zhao adalah Asisten Presiden di BYD Automotive Engineering Research Institute.

“Para teknisi dari BYD dan Toyota akan bekerja bersama di bawah satu atap, tujuan kami untuk mengembangkan Battery Electric Vehicle (BEV) yang unggul dalam kinerja. Selain itu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di China dengan menggabungkan kekuatan dari kedua perusahaan,” kata Kishi sebagaimana dilansir Paultan.

“Perusahaan patungan ini akan fokus pada penelitian dan pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai dengan teknologi dan pengetahuan dari China dan Jepang,” tambah Zhao.

“Perusahaan ini berkomitmen untuk mempromosikan dan mengisi teknologi berkualitas tinggi yang membuat kendaraan listrik berbasis baterai lebih ramah lingkungan, aman, nyaman, dan cerdas. Visi kami adalah menciptakan gaya mobilitas yang mengutamakan pelanggan, dan masyarakat yang harmonis bagi manusia dan alam,” pungkasnya.

Tidak cuma mengembangkan dan memproduksi mobil listrik saja, Toyota dan BYD juga berkomitmen memperbaiki udara dan lingkungan China.

Punya Tim R&D

BYD Toyota EV Company akan punya tim research and development sendiri. (Foto: Paultan)

Perusahaan akan memiliki tim Research and Development (R&D) yang diambil dari Toyota dan BYD. Mereka bekerja merancang dan mengembangkan mobil listrik termasuk membuat platform.

“Kami menggabungkan kekuatan BYD dalam pengembangan dan meningkatkan daya saing di pasar kendaraan listrik dengan Toyota untuk menyediakan produk mobil listrik terbaik guna memenuhi permintaan pasar dan memberikan pelayanan ke konsumen sedini mungkin,” kata Vice President BYD Lian Yu-bo.

Executive Vice President Toyota Shigeki Terashi menambahkan, antara Toyota dan BYD mempunyai tujuan yang sama demi masa depan lingkungan yang lebih baik.

“Dengan tujuan yang sama untuk mempromosikan penggunaan kendaraan listrik, kami yakin bahwa BYD dan Toyota dapat menjadi ‘rekan satu tim’, dan dapat mengesampingkan persaingan. Kami berharap ke depannya baik Toyota maupun BYD bisa semakin memperluas kerja sama,” kata Shigeki.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Di Tengah Pandemi Corona HASCAR Luncurkan All New Jeep Cherokee 2020

Previous post
Pabrik Suzuki Juga Akhirnya Stop Poduksi Mobil
Next post
Gokil! VW Crew Cab 1969 Ini Siap Saingi Tesla Cybertruck