Berita

Empat Perusahaan Transportasi Bakal Menggunakan Kendaraan Listrik

Menhub Budi Karya Sumadi, Menperin Airlangga Hartarto bersama Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengendarai sepeda motor listrik (Foto: Kemenperin)

Jakarta – Pasca terbitnya Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan, sudah ada empat perusahaan transportasi berkomitmen menggunakan kendaraan bermotor listrik sebagai armadanya di Indonesia.

Adapun keempat perusahaan transportasi yang dimaksud, sebagaimana disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yaitu Blue Bird, Gojek, Grab dan Transjakarta. Menhub Budi mengapresiasi respon yang baik dari perusahaan transportasi sebagai upaya mendorong penggunaan kendaraan bermotor listrik untuk angkutan umum massal perkotaan.

“Saya minta operator (perusahaan transportasi) yang lain untuk mengikuti. Kami berupaya agar angkutan umum segera beralih kepada angkutan listrik,” ungkap Menhub Budi.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, pihaknya tengah menyiapkan langkah-langkah untuk memberikan kemudahan-kemudahan kepada perusahan transportasi baik fiskal maupun non fiskal.

“Salah satu insentifnya seperti parkir gratis, pembebasan ganjil genap, dan daerah memberikan pengurangan pajak kendaraan,” terangnya.

Untuk itu, Menhub meminta para pelaku usaha sektor transportasi untuk mengkomunikasikan kepada Kemenhub jika ada hal-hal yang masih menyulitkan untuk dicarikan jalan keluarnya.

“Bapak Menko Maritim tadi mengatakan tanggal 8 September kita akan rapat koordinasi. Operator, industri dan pengguna kita undang. Kita bahas sama-sama apa yang menjadi kemudahan-kemudahan yang harus dilakukan, sehingga ini jadi kongkret,” kata Menhub.

Terkait bus listrik Transjakarta, Menhub mengatakan komitmennya bahwa dalam waktu dekat ini akan sudah beroperasi di jalan.

Perkenalan Kendaraan Listrik ke Masyarakat

Dalam rangka memperkenalkan kendaraan listrik ke masyarakat luas, Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan sejumlah perusahaan otomotif mengadakan pameran dan parade kendaraan listrik. Acara bertajuk tema “Menuju Indonesia Bersih Udara dan Hemat Energi dengan Kendaraan Listrik” ini diikuti oleh sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) baik dari mobil maupun motor di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019).

Di samping bertujuan untuk memperkenalkan kendaraan listrik, dalam kegiatan tersebut disampaikan pula keuntungan-keuntungan menggunakan kendaraan listrik.

“Kehadiran kendaraan listrik yang ramah lingkungan ini diharapkan dapat mengurangi polusi udara. Selain itu juga dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil untuk kendaraan, yang menurut survey menjadi salah satu penyebab utama polusi udara,” tutur Menhub.

Selain itu, juga sebagai langkah meningkatkan animo masyarakat agar beralih menggunakan kendaraan listrik.

“Makanya kita dorong dengan angkutan umum menggunakan kendaraan listrik. Nanti harganya makin terjangkau maka akan banyak masyarakat yang menggunakan dan udara Indonesia akan bersih. Kalau jumlahnya semakin banyak, maka industri akan tumbuh di sini, kalau industrinya tumbuh pasti kita kita punya kemampuan ekspor, daya saing kita dengan negara lain itu makin baik, apalagi kita akan bisa memproduksi baterai,” tandas Menhub Budi.

Sugiartono, Technical Service Manager PT Sokonindo Automobile – Franz Wang, Managing Director of Sales PT Sokonindo Automobile berpose disamping mobil listrik milik DFSK Glory E3 (Foto: Dok DFSK)

Tercatat sebanyak 23 peserta, berpartisipasi dalam pameran ini. Para peserta terdiri dari empat operator transportasi, Perguruan Tinggi, dan 18 produsen kendaraan bermotor. Adapun jumlah kendaraan yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 39 mobil dan 93 sepeda motor.

Baca juga:

Taksi Bluebird Pakai Mobil Listrik Tesla Model X 75D dan BYD e6

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts