HomeBeritaPesaing Baru Avanza dari Hyundai Akan Diproduksi di Indonesia 2022

Pesaing Baru Avanza dari Hyundai Akan Diproduksi di Indonesia 2022

Hyundai pesaing Avanza
Low MPV Hyundai pesaing Avanza (Foto: Indanautosblog)

Jakarta – Hyundai tengah mempersiapkan mobil baru yang akan bermain di segmen Low MPV. Itu artinya persaingan di segmen tersebut di Indonesia yang kini diisi oleh Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander dan lainnya, akan semakin ketat.

Dikabarkan Low MPV dari Hyundai akan diproduksi secara lokal di Cikarang, Jawa Barat oleh PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI).

Menurut salah seorang sumber yang diwawancarai Autoindustriya, menyebutkan bahwa mobil jenis Low MPV merupakan satu dari beberapa produk Hyundai yang bakal diproduksi di Indonesia.

Dalam keteranganya, dibeberkan dua model pertama yang akan diproduksi di Indonesia adalah sedan kecil 4 pintu yang akan dipasangkan dengan hatchback 5 pintu. Sejauh ini belum diketahui nama dari kedua model mobil itu. Tetapi waktu produksinya diperkirakan pada kuartal ketiga 2022, sedangkan hatchback akan mulai diproduksi pada kuartal keempat 2022.

Model ketiga, adalah Low MPV dengan 7 tempat duduk. Ini akan menjadi salah satu produk terpenting dari Hyundai. Mengingat peminat mobil keluarga dengan harga terjangkau sangat tinggi di Indonesia.

Sampai saat ini, Hyundai belum merilis nama Low MPV pesaing baru Avanza tersebut. Tetapi pabrikan mobil asal Korea Selatan itu pernah memamerkan mobil MPV versi konsep. Diduga kuat versi produksi dari mobil tersebut akan mengisi segmen low MPV.

Masih dari sumber yang sama, kemungkinan besar Low MPV Hyundai mulai diproduksi pada kuartal kedua 2022.

Hyundai Pesaing Avanza
Tak hanya pesaing Avanza, Hyundai juga produksi Creta di Indonesia (Foto: Hyundai)

Hyundai Creta Juga Diproduksi Lokal

Produk Hyundai lain yang pasti akan diproduksi lokal yaitu Creta. Mobil jenis SUV ini menjadi model keempat Hyundai buatan Indonesia.

Sumber Autoindustriya mengatakan bahwa produksi Creta di pabrik Indonesia akan dimulai pada kuartal keempat 2021. Mobil ini nantinya tidak hanya diproduksi untuk keperluan pasar domestik saja tapi juga ekspor. Salah satu negara yang diperkirakan akan menerima Hyudai Creta buatan Indonesia adalah Filipina

Creta mungkin tiba di diler resmi mobil Hyundai di Filipina sekira 2022.

Produksi Mobil Listrik

Sampai sekarang pembangunan pabrik mobil Hyundai masih berjalan. Diitargetkan selesai pada akhir 2021.

“Hyundai Motors sudah mulai membangun pabrik di Deltamas, Cikarang. Walaupun ditengah Covid-19 dengan dukungan penuh dari Gubernur Jawa Barat dan Menteri-menteri yang bersangkutan, jadi proses pembangunan sudah 65 persen,” ungkap COO & Vice President Hyundai Motor Asia Pasific Hq Lee Kang Hyun, saat press conference West Java Investment Summit 2020, di Bandung, Senin (16/11/2020).

Produksi Mobil Listrik Hyundai
Hyundai Ioniq Electric dan Kona Electric (Foto: HMID)

Pihaknya masih menutup rapat model mobil Hyundai apa saja yang nantinya akan diproduksi di sana. Kemungkinan besar dimulai dengan memproduksi mobil bermesin bensin. Kemudian dilanjutan dengan produksi mobil listrik murni.

“Sesuai dengan rencana pertama, akhir tahun depan (2021) bisa mulai produksi lokal mobil Hyundai di indonesia. Di tahun 2022 akan produksi mobil listrik dari Indonesia dan dijual lokal,” sambung Lee Kang Hyun.

Untuk diketahui, pembangunan pabrik mobil Hyundai sudah dimulai sejak Desember 2019. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebanyak 150.000 unit per tahun. Bisa ditingkatkan menjadi 250.000 unit pertahun.

Nantinya mobil Hyundai hasil produksi lokal akan didistribusikan ke pasar domestik dan ekspor ke kawasan ASEAN seperti Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Filipina.

 

Penulis: Santo Sirait

Baca Juga: 

Hyundai Siap Produksi Mobil Listrik di RI, Pabrikan Jepang Makin Ketinggalan

Previous post
Jenis Sarung Jok Mobil Beragam, Kenali Dulu Biar Enggak Asal Pasang
servis mobil Toyota
Next post
Servis Mobil Toyota Diskon Hingga 20%, Hanya Selama Desember