Home » Berita » Pesaing Suzuki XL7 di Filipina Sama dengan Indonesia

Pesaing Suzuki XL7 di Filipina Sama dengan Indonesia

Suzuki XL7 resmi meluncur di Indonesia. Foto: Carmudi/Dimas)

Manila – Setelah ramai menjadi perbincangan, akhirnya pada 15 Februari 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan XL7. Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan sekaligus memasarkan Suzuki XL7. Mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) merupakan merupakan hasil produksi pabrik Suzuki di Cikarang, Jawa Barat. Kedepan Suzuki XL7 di ekspor ke berbagai negara, targetnya ada 30 negara, mungkin satu di antaranya adalah Filipina.

Sebagaimana diberitakan Autoindustriya, Suzuki XL7 dipastikan meluncur di Filipina. Perkiraan waktu peluncurannya Maret mendatang. Kemungkinan peluncurannya dibarengi juga dengan kahadiran produk Suzuki lain yaitu S-Presso.

Rencana Suzuki memasukkan Suzuki XL7 ke pasar Filipina menuai tanda tanya. Pasalnya tidak sedikit yang beranggapan bahwa Suzuki XL7 akan menggantikan posisi Ertiga. Menurut seorang sumber yang dekat dengan Suzuki Filipina mengatakan bahwa anggapan tersebut tidaklah benar. Suzuki Ertiga masih akan tersedia di Filipina.

Sumber yang sama juga menegaskan bahwa Ertiga adalah pejuang Multi Purpose Vehicle (MPV) Suzuki, sementara XL7 dikhususkan bagi mereka yang menginginkan mobil gaya SUV yang dibangun menggunakan basis MPV Ertiga.

Sementara itu terkait harga jual Suzuki XL7 ketika sudah resmi dipasarkan, sumber tersebut mengatakan Suzuki akan menjualnya seharga lebih dari PhP1 juta, atau sekira Rp268 jutaan.

Sama seperti di Indonesia, di sana Suzuki XL7 bersaing dengan Toyota Rush, Honda BR-V, dan Mitsubishi Xpander.

Mesin Suzuki XL7 Sama Seperti Ertiga

Dibangun menggunakan satu basis yang sama, tak heran jika antara Suzuki Ertiga dan XL7 memiliki banyak kesamaan. Sebut saja satu di antaranya mesin. Suzuki XL7 mengendong mesin yang sama seperti di Ertiga yaitu K15B. Hanya saja ada setup yang berbeda. Setup ini mendukung performa selayaknya sebuah low SUV yang mampu optimal di onroad (jalanan aspal) dan offroad.

Perbandingan tampilan Suzuki Ertiga Suzuki Sport atas) dan Suzuki XL7 bawah). Foto: Carmudi/Dimas)

“Mesin K15B ada perubahan setup, output kurang lebih sama tapi driving feel beda,” ungkap Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, di sela acara peluncuran Suuki XL7 di Jakarta Timur, akhir pekan lalu.

Suzuki XL7 dibekali mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang dapat menghasilkan daya sebesar 102 hp pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. SUV terbaru Suzuki ini memiliki panjang 4.450 milimeter (mm), lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.710 mm, dan jarak sumbu roda 2.740 mm.

Suzuki XL7 hadir dengan fitur-fitur canggih seperti smart e-mirror, keyless push start stop button, AC digital auto climate with heater serta power outlet hingga baris ketiga. Selain itu, untuk menambah faktor keamanan, Suzuki XL7 dilengkapi fitur ABS & ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Tanda tampering dot atau titik terlihat di sebelah tulisan miles
Previous post
Mau Beli BMW Bekas? Tampering Dot Bisa Tunjukkan Odometer Palsu
Next post
Berbasis Yaris, Toyota Akan Luncurkan SUV Baru Pakai Hybrid dan Penggerak AWD