Berita Event Mobil Sumber informasi

Petugas SPBU di Jalur Tol Fungsional Minim, Isi Bensin Sempat Ditolak

Brebes –  Sejak dibuka jalan tol fungsional dari Kaligangsa Brebes hingga Gringsing Batang, Jawa Tengah (19/6) pemudik tak ada henti melewatinya. Para pemudik langsung memadati 8 gardu yang disediakan oleh pengelola jalan tol.

Tol fungsional Kaligangsa Brebes hingga Gringsing Batang yang berjarak 114 km masih diberlakukan gratis. Namun pemudik yang melintas diharap berhati-hati karena masih minimnya fasilitas.

Selain minim fasilitas, jalan tol fungsional ini sifatnya masih darurat. Karena jalan tol ini belum seluruhnya rampung 100%. Pembangunan dihentikan sementara agar tak mengganggu para pemudik.

Dianjurkan laju kendaraan hanya 40 Km/jam. Pasalnya kondisi jalan masih bergelombang, tak semua permukaan jalan hot mix yang.

Kondisi jalan berdebu, berpasir, berkerikil. Belum lagi ada sisa-sisa tumpahan tanah merah yang bercampur dengan semen bekas pengecoran jalan. Debunya cukup parah, seperti di relly Paris-Dakar.

Jalan tol fungsional ini hanya diberlalukan searah dari Brebes yang akan keluar di Gringsing. Sebaliknya nanti juga juga akan digunakan saat arus balik.

Kurang Petugas di Pom Bensin

Fasilitas rest area yang ada pada jalur ini sifatnya masih sementara, sehingga para pemudik dianjurkan untuk tidak ber istirahat berlama – lama. Debu yang tebal terbawa angin kendaraan pemudik, dapat menghambat saluran system pernafasan.

“Fasilitas rest area yang diberikan layaknya seperti rest area pada umumnya, hanya saja semua bersifat sementara. Ada toilet, tempat istirahat, warung makanan – minuman siap saji serta pom bensin Pertamina di beberapa rest area,” ungkap sony salah satu petugas tol Brebes – Gringsing (24/6).

Sayangnya pom bensin portable yang berupa tangki dispenser tak terus beroprasi. Pasalnya saat tim Carmudi Indonesia hendak melakukan pengisian bahan bakar, salah satu petugas pom bensin menolak. Alasannya tutup sementara karena istirahat.

“Maaf mas kami tutup sementara, karena belum sempat istirahat melayani pemudik yang ingin isi bensin,” ujar salah satu petugas yang enggan disebut namanya.

Akhirnya, Carmudi Indonesia melanjutkan perjalanan menuju pintu keluar terdekat (Pemalang) untuk mencari pom bensin. Padahal dalam situasi seperti ini seharusnya kesiapan Pertamina harus matang. Dengan menyediakan petugas cadangan untuk melayani pemudik yang kehabisan BBM.

Disarankan bagi para pemudik yang menggunakan jalur ini disarankan untuk mengisi BBM sebelum lewat tol fungsional. Atau bila terlanjur masuk untuk mendapat BBM lebih baik keluar pintu tol terdekat.

Anda dapat keluar tol Pemalang dengan menempuh jarak 2 KM ke arah kota. Di sana dapat dijumpai pom bensin yang cukup bersih, nyaman untuk istirahat sejenak.

Meskipun begitu di jalur tol fungsional Kaligangsa Brebes hingga Gringsing Batang banyak petugas yang berjaga. Selain petugas tol, disana terdapat petugas Kepolisian, dan TNI yang siap membantu pemudik informasi seputar arus mudik. (Penulis: Enda)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts