Berita

Peugeot 308 GTi, Hatchback Terbaru Bertenaga Buas

Setelah sempat beredar foto-fotonya di dunia maya, Peugeot akhirnya memutuskan untuk membuka selubung dari sedan hatchback andalannya, Peugeot 308 GTi, yang nantinya akan diperlihatkan secara resmi di ajang Goodwood Festival of Speed pada akhir bulan ini. Dibandingkan dengan versi 308 GT, tampilan dari 308 GTi memang lebih agresif dan bisa dibedakan dari diffuser belakang berwarna hitam dan knalpot ganda.

Peugeot 308 GTi

Peugeot 308 GTi

Sementara di bagian depannya bisa terlihat dari ventilasi yang lebih besar, side skirt terbatas, dan gril depan berwarna hitam yang semakin memertegas tampilan sporti dari Peugeot 308 GTi. Dibagian pengeremannya, di bagian depan disematkan rem cakram berukuran 380mm dan 268mm dibagian belakangnya, disertai dengan kaliper berwarna merah.

Performa Mesin Peugeot 308 GTi

Dengan tampilan sporti dan agresif, Peugeot menjejali dapur pacu 308 GTi dengan mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas 1.6 liter, 4-silinder turbocharged, yang mampu melontarkan tenaga sebesar 250 PS (184 kW) dan 270 PS (200 kW), di mana kedua versi tersebut torsi puncaknya mencapai 330 Nm (244 lb-ft) yang dihantarkan melalui roda depan menggunakan transmisi manual 6-percepatan.

Peugeot 308 GTi

Peugeot 308 GTi

Dengan bobot keseluruhan 1.205 kg, akselerasi Peugeot 308 GTi dari 0-100 km/jam mampu mencatatkan waktu 6.2 detik, sedangkan saudara kembarnya lebih cepat 0.2 detik. Untuk model standar dari 308 GTi dibagian rodanya disematkan pelek alloy berukuran 18 inci, sedangkan versi terganasnya digunakan pelek berukuran 19 inci dan dibenamkan limited slip differential (LSD) dari Torsen.

Interior dan Konsumsi Bahan Bakar Peugeot 308 GTi

Jarak dari tanah hanya berkisar 11 mm, serta mendapatkan pembaruan dari sisi power steering dan juga sasisnya, membuat pengemudi bisa mematikan fitur ESP. Berkat bobot yang terbilang ringan dan mesin sudah sesuai dengan standarisasi Euro 6, 308 GTi rata-rata menghabiskan bahan bakar sebanyak 6 liter/ 100 km dan emisi gas buang CO2 yang dikeluarkan hanya 139 g/km.

Peugeot 308 GTi

Interior Peugeot 308 GTi

Memasuki area kabin, tak banyak perubahan yang dilakukan Peugeot. Tambahan hanya dilakukan di bagian kain pelapis, panel pintu, dasbor, karpet lantai, dan gear lever. Sedangkan sil pintu berbahan aluminium masih tetap dipertahankan dengan adanya plakat bertuliskan PEUGEOT SPORT dan GTi. Sementara tambahan lain terdapat pada gear knob, sandaran kaki, dan tiga pedal yang mengadopsi tampilan aluminium.

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: galih.rachdityo@carmudi.co.id

Related Posts