Sepeda motor

Piaggio Indonesia Akui Masih Banyak PR untuk Vespa Elettrica

vespa elettrica

Belum diketahui kapan Vespa Elettrica mendarat di Indonesia (Foto: Vespa)

Jakarta – Vespa Elettrica tentu sudah tak asing lagi di telinga para pecinta skuter matik (skutik) di Indonesia. Skutik tanpa emisi itu pernah dijanjikan akan dipasarkan ke Indonesia. Namun sampai saat ini belum ada kabar pasti terkait kehadirannya.

Robby Gozal, PR & Communications Manager PT Piaggio Indonesia mengaku tidak mudah untuk membawa masuk produk baru untuk dipasarkan di dalam negeri. Ada banyak hal penting yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

“Jika kami membawa ke Indonesia kami pastikan diler kita sudah siap, jadinya semua ini berhubungan. Kami itu tidak akan memasukkan produk tapi diler belum siap, karena pilar Piaggio itu ada empat; produk, diler, after sales, dan aksesori. Nah, empat itu harus siap sebelum kami membawa sebuah produk baru,” ujar Robby, saat acara Ngobrol Virtual Santai Forwot bersama Piaggio Indonesia, Senin (22/2/2021).

Baca Juga:

Sehingga lanjut dia, ketika nanti Vespa Elettrica jadi dipasarkan di Indonesia keempat pilar tersebut harus sudah tersedia karena itu sudah merupakan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan.

Tak cuma soal empat pilar tadi, Robby menjelaskan masih banyak pekerjaan rumah lainnya yang harus dipersiapkan khususnya bagi Vespa Elettrica. Di samping pihaknya akan terus mempelajari regulasi terkait sepeda motor listrik yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Vespa Elettrica

Vespa Elettrica pernah dijanjikan bakal meluncur di Indonesia (Foto: Vespa)

“Saya belum bisa banyak bercerita soal Vespa Elettrica. Tetapi yang pastinya kami terus meng-upgrade kondisi dan regulasi di Indonesia. Dan juga pastinya saat semua sudah ‘clear’ kami pastinya masih banyak pekerjaan rumah yang harus dipersiapkan, termasuk mekanik dan lainnya,” pungkas dia.

Satu-satunya Skutik Listrik Vespa

Vespa Elettrica adalah satu-satunya model skutik Vespa bertenaga listrik. Skuter asal Italia ini dibangun dari basis rangka Vespa Primavera.

Sekujur bodi diselimuti silver metalik. Selain itu, ada lis krom pada tepiannya. Jahitan jok dan komestik pada pelek yang dilabur warna biru semua mengesankan sebuah kendaraan ramah lingkungan.

Skutik ini menggendong baterai lithium ion 86 Ah yang bisa dilepas, dan menghantarkan dayanya pada motor listrik yang bisa mengeluarkan tenaga hingga 5,3 Hp dan torsi 199,9 Nm.

Pengisian ulang pun diklaim butuh waktu 4 jam dan mampu menempuh jarak maksimal hingga 100 km dalam sekali pengisian daya penuh.

Selain itu, skuter listrik Elettrica juga dibekali fitur mode berkendara, yakni Eco dan Power. Untuk pilihan Eco, kecepatan maksimal motornya akan dibatasi hingga 30 km/jam saja.

Baca Juga:

Vespa Elettrica

Elettrica, Vespa listrk lansiran Piaggio (Foto: Vespa)

Elettrica juga memiliki sejumlah fitur unggulan satu di antaranya yaitu TFT instrument cluster dengan multi warna. Fitur ini menampilkan informasi seperti kecepatan, kapasitas baterai, jangkauan, odometer, dan lain-lain.

Tak hanya itu, ada juga konektivitas Bluetooth dan dapat dipasangkan ke smartphone melalui aplikasi Vespa Connect. Hal ini memungkinkan pelanggan dapat menerima atau menolak panggilan telepon, navigasi, menerima pesan singkat (SMS) dan sebagainya.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts