HomeMobilPilah Pilih Mobil Murah untuk Usaha, Enaknya Seperti Apa?

Pilah Pilih Mobil Murah untuk Usaha, Enaknya Seperti Apa?

Honda Mobilio
MPV paling sering dipilih sebagai mobil untuk usaha. Foto/HPM.

Jakarta – Di tengah kondisi ekonomi yang cukup lesu, kita perlu putar otak supaya dapur tetap ngebul. Untuk bisa terus mendapat pemasukan, kita pun bisa memanfaatkan mobil murah yang ada untuk usaha.

Bisnis sampingan ini bila ditekuni bisa saja memperoleh hasil yang positif. Bukan tidak mungkin, bisnis tersebut bahkan menghasilkan pemasukan rutin yang tak bisa menopang ekonomi rumah tangga.

Ada banyak ragam usaha yang bisa kita lakukan dengan mobil yang kita miliki. Bukan cuma sarana transportasi, mobil pun bisa kita gunakan untuk usaha jualan dan menggelar barang dagangan.

Mobil bisa memiliki peranan yang cukup penting atau bahkan sangat penting untuk usaha sampingan. Keunggulan mobil diantaranya ia bisa menempuh jarak yang lebih jauh dengan lebih cepat karena bisa melewati jalan tol dan bawa banyak barang.

Bila kita masih punya sedikit modal, tidak ada salahnya membeli mobil lagi dengan harga murah untuk usaha. Apa saja kira-kira pertimbangan memilih mobil tersebut, yuk kita ulas lebih jauh.

Tentukan Jenis Usaha Terlebih Dahulu

tiga mobil kompak
Daihatsu Tempo, salah satu dari tiga mobil kompak konsep yang dirancang sebagai food truck

Kalian yang ingin memiliki pendapatan tambahan dari mobil perlu menentukan jenis usaha yang akan dilakoni. Misalnya saja, ingin usaha transportasi, usaha kuliner, atau usaha jualan barang-barang di kaki lima.

Jenis usaha akan sangat berpengaruh untuk jenis mobil murah yang akan dibeli. Misalkan mobil itu akan digunakan untuk jualan tahu bulat, bisa membeli pick up.

Lain lagi bila ingin usaha katering, kalian butuh mobil untuk mengantar makanan dalam jumlah besar. Kamu membutuhkan jenis mobil dengan daya angkut cukup besar dan cukup higienis, misalnya jenis MPV atau microbus.

Microbus ini juga cocok bagi kalian yang ingin merintis jasa transportasi. Misalnya saja, untuk antar rombongan pengantin, atau untuk mobil jemputan.

Setelah usaha mulai maju, bisa menambah unit minibus yang bisa disewakan untuk angkut rombongan wisata. Untuk kegiatan Ziarah Wali misalnya di bulan-bulan tertentu.

Memperhitungkan Modal Beli Mobil Untuk Usaha

Kalian yang ingin membeli mobil untuk usaha perlu dan wajib sesuaikan anggaran. Hitunglah perkiraan keuntungan riil-immateril yang didapat dengan memiliki mobil.

Kemudian, bandingkan dengan biaya operasional dan perawatan yang dikeluarkan. Jangan sampai kalian habiskan semua yang yang ada demi memiliki sebuah mobil.

Biaya perawatan mobil pastinya tidak semurah perawatan sepeda motor. Siapkan anggaran setiap bulan untuk biaya perawatan mobil. Jangan terkejut setelah membeli mobil ternyata banyak biaya yang dikeluarkan untuk merawatnya.

Jika biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan keuntungan yang didapat, mungkin mobil bekas adalah solusinya. Setelah usaha berkembang pesat, maka pemasukan dari mobil bekas ini bisa untuk mencicil mobil baru.

Gabung Usaha Bersama Beberapa Teman

Cara ini bisa untuk menekan biaya sekaligus menambah ilmu entrepreneur. Modalnya bisa patungan, kemudian bagi hasil keuntungan.

Bila perlu, bangun relasi dengan pengusaha transportasi yang sudah cukup maju dan dikenal. Untuk bisnis transportasi, cara ini cukup membantu dalam pengembangan bisnis kalian.

Sekarang ini mulai banyak pengusaha muda yang nebeng dengan perusahaan yang sudah berkembang. Misalnya begini, kalian punya sebuah Elf dan supaya sewa makin ramai maka menawarkan diri gabung ke rekan atau relasi perusahaan transportasi yang lebih besar.

Biasanya di musim-musim ramai, perusahaan transportasi kehabisan unit karena banyaknya penyewa. Kesempatan ini bisa kalian gunakan untuk menawarkan mobil yang dimiliki sebagai armada tambahan.

Jenis Mobil Murah Untuk Usaha, MPV hingga Minibus Cocok Dipilih

Usaha makanan dan jajanan bisa pakai MPV (Foto/Mandiri Usaha)

Sekarang ini mobil dari jenis MPV masih mendominasi kepemilikan di masyarakat. Dengan kapasitas atau daya angkut cukup besar, MPV ini serba bisa kalian gunakan sebagai angkutan barang atau penumpang.

Seperti dijelaskan di atas, MPV ini juga cocok sebagai mobil untuk antar makanan. Jadi, kalian yang ingin membuka usaha katering atau produk seni kekinian pun bisa memakai mobil jenis ini.

Pilihannya beragam dan mudah perawatannya, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan lain sebagainya. Bahkan, mobil versi murah seperti Datsun Go+ Panca juga bisa untuk angkut makanan atau barang dagangan.

MPV juga bisa kalian gunakan sebagai mobil travel ke luar kota. Misalnya saja ada tetangga atau teman yang ingin pulang kampung tapi kereta api tidak beroperasi, maka kalian bisa menawarkan jasa pengantaran. Untuk promosinya, kamu bisa taruh plang di depan rumah maupun gunakan iklan di sosmed.

Mobil Untuk Usaha Jualan Makanan Kaki Lima

Jualan pecel ala kaki lima (Foto: YouTube)

Jangan patah semangat karena kondisi PSBB seperti sekarang ini. Sebab, masih ada sebagian masyarakat yang ingin keluar rumah hanya untuk sekedar jajan karena bosan di rumah.

Jualan oleh-oleh keliling dengan mobil MPV jamak dilakukan. oleh-oleh keliling. Contoh, kamu bisa ambil Keripik Mak Icih atau Bolu Sangkuriang dari suppliernya. Kalian bisa mencoba gelar lapak di kawasan strategis di kawasan perumahan atau pinggir jalan yang ramai.

Lapak ini cukup dengan membuka pintu bagasi belakang sebagai atap dan menggelar meja berikut spanduk untuk jajanan yang akan dijual. Kemudian, kamu tinggal berhenti di pinggir jalan dan buka bagasi mobil kamu.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

 

Booth Sepeda Motor Honda
Previous post
AISI Juga 'Ngarep' Pajak Pembelian Sepeda Motor Baru 0%
Next post
Nissan Livina Jadi Mobil Terlaris pada Agustus 2020, Ini Fakta Uniknya