Home » Mobil » Catat, Ini Empat Pilar Utama dalam Pengembangan Toyota All New Corolla Altis

Catat, Ini Empat Pilar Utama dalam Pengembangan Toyota All New Corolla Altis

All New Corolla Altis 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota resmi memasarkan All New Corolla Altis di pasar Indonesia. Sedan yang bermain di kelas menengah ini dibanderol dengan harga termurah Rp468,2 juta dan termahal Rp566,3 juta. Beda dari sebelumnya, Corolla Altis generasi ke-12 ini memiliki sejumlah penyegaran di sektor eksterior maupun interior.

Setidaknya ada empat pilar utama dalam pengembangan All New Corolla Altis sehingga makin menegaskan karakter mobil sedan ini. Keempat pilar tersebut adalah styling, driving performance, safety, dan elektrifikasi. Mengenai empat pilar utama, Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy menjelaskannya secara singkat.

1. Styling

Toyota All New Corolla Altis tampil dengan konsep modern dan prestise memiliki karakteristik tubuh lebar. Dijelaskan Anton siluet pada pengembangan desain tubuh All New Corolla Altis memberikan kesan yang impresif dan dinamis serta sporty. Makin bergaya dengan tambahan warna tubuh baru yaitu Calestite Gray Metallic.

“Warna ini dihadirkan untuk menambah pilihan bagi konsumen dalam membeli All New Corolla Altis,” papar Anton.

Interior Toyota All New Corolla Altis 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

Masuk ke bagian interior, kesan premium begitu terasa berkat terpasangnya sejumlah fitur-fitur canggih seperti layar speedometer berukuran 7 inci yang bisa diubah dari analog ke digital. Kemudian ada head up display yang memudahkan pengendara dalam melihat berbagai informasi termasuk kecepatan kendaraan. Lalu Electronic Parking Brake, dan Drive Mode yang bisa menjadi pilihan pengemudi ketika ingin merasakan berkendara yang lebih bertenaga lagi.

Nuansa interior All New Corolla Altis menurut Anton sangat clean dan modern. “Jadi tidak banyak lagi posisi-posisi item yang menggangu,” tutur dia.

2. Dynamic Driving Experience

Penggunaan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) pada All New Corolla Altis memberikan beberapa poin yang lebih, yaitu agility, stability, dan visibility. Agility terkait dengan kedinamisan berkendara.

“Pusat gravitasinya (center of gravity) All New Corolla Altis lebih rendah 20 milimeter sehingga berkontribusi terhadap performa. Kemudian radius putar terbaik di kelasnya yaitu 10,4 meter. Jadi mobil ini sangat mudah untuk berbelok,” terang Anton.

Stability, menurut Anton sedan baru ini lebih rigid dibanding model terdahulu. Sedangkan visibility memungkinan pengendara mengemudikan mobil dengan rasa nyaman karena posisi bangku sudah diatur sedemikian rupa.

3. Safety

Safety menjadi salah satu fokus utama Toyota dalam menciptakan All New Corolla Altis. Mobil yang dibawa utuh dari Thailand ini sudah dibekali dengan sejumlah fitur keselamatan standar seperti sabuk pengaman, airbag, Hill Start Assist (HSA), Drive Start Control (DSC) Rear Cross Traffic Al ert (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM).

Fitur keselamatan Toyota All New Corolla Altis (Foto: Toyota)

Selain fitur-fitur tadi, Toyota juga menyematkan fitur keselamatan tambahan Toyota Safety Sense (TSS) yang terdapat di varian tertinggi. Ada empat fitur keselamatan yang masuk dalam paket TSS, seperti Pre – Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), dan Automatic High Beam (AHB).

4. Elektrifikasi (hybrid)

Toyota All New Corolla Altis versi termahal sudah dibekali mesin 1.8 HEV CVT. Mesin ini sama seperti yang digunakan Toyota C-HR dan Prius Gen-4. Unit dengan kode 2ZR-FXE ini berkapasitas 1.798 cc 4 silinder DOHC dengan teknologi VVT-i. Mesin ini sanggup menghasilkan daya sebesar 93 hp pada 5.200 rpm dan torsi sebesar 14,47 Kgm pada 4.000 rpm. Motor listriknya mampu menghasilkan daya sebesar 70 hp dan torsi sebesar 16,62 Kgm.

Mesin Toyota All New Corolla Altis 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

Penggunaan teknologi hybrid pada All New Corolla Altis varian HEV (Hybrid Electric Vehicle) diklaim lebih hemat bahan bakar ketimbang hanya mengandalkan mesin konvensional.

“Pertama, efisiensi bahan bakar pasti lebih baik antara mobil hybrid dengan mobil dengan mesin konvensional. Dari perhitungan internal kami sekira 70 persen lebih baik, kemudian emisi lebih baik sekira 60 persen dibanding yang mesin bensin. Lalu lebih kedap suara dan lebih nyaman sekira 18 persen,” tutup Anton.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Koreksi Harga All New Corolla Altis Hybrid?

Previous post
Berbagai Keluhan Honda Brio, Sering Diabaikan Calon Pembeli
Next post
Konsumen Sudah Bisa Test Drive Toyota New Calya