Home » Mobil » Pilihan Mobil Wagon Bekas, Investasi di Masa Depan

Pilihan Mobil Wagon Bekas, Investasi di Masa Depan

Mobil wagon menjadi incaran para kolektor
Mobil wagon menjadi incaran para kolektor

Jakarta – Pernah mendengar mobil dengan sebutan station wagon? Jika iya, rasanya kamu merupakan salah satu pecinta otomotif. Namun bagi kamu yang belum pernah mendengar,  wajib tahu ini. Mobil station wagon menjadi salah satu mobil paling di incar di Indonesia karena berbasis sedan yang dimensinya dipanjangkan.

Mobil berjenis ini diproduksi agar mampu memuat ruang bagasi yang cukup luas. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan akses penumpang untuk mengambil barang. Di Eropa, Amerika Serikat, Asia, hingga Australia mobil jenis ini bisa dibilang punya kasta yang sama dengan sedan pada umumnya. Tetapi, di Indonesia mobil berjenis station wagon punya kasta yang jauh di atas sedan.

BMW wagon

Para pecinta otomotif di Indonesia menilai jika station wagon ini memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini disebabkan oleh sedikitnya jumlah mobil wagon yang ada di Indonesia. Mengapa jumlahnya sedikit? Mobil station wagon sebenarnya diperuntukkan untuk melakukan perjalanan jauh atau touring.

Sedangkan di Indonesia untuk melakukan perjalanan jauh bisa dilakukan dengan menggunakan mobil apapun. Mobil berjenis ini sendiri sebenarnya mempunyai nama “touring” jika di luar negeri, karena memang mobil ini punya peruntukkan untuk touring.

Ciri-ciri Mobil Station Wagon

Mobil estate atau wagon ini sebenarnya punya beberapa ciri yang benar-benar khas. Bagi orang awam, mobil ini terlihat sama saja dengan mobil lainnya. Namun bagi pecinta wagon, ini adalah mobil yang sangat spesial! Ibaratnya bagai menemukan jarum di tumpukan jerami.

Jumlahnya bisa dihitung, bahkan di Jakarta sendiri yang merupakan kota besar cukup langka menemukan wagon ini berkeliaran. Mobil jenis wagon ini punya beberapa ciri yang dapat diidentifikasi.

Mercy tiger station wagon, salah satu mobil langka di Indonesia
Mercy tiger station wagon, salah satu mobil langka di Indonesia

Mulai dari dimensi yang lebih panjang, jaring yang terdapat di antara baris dua dan bagasi, hingga desain pilar D yang eksotis. Pilar bagian D ini dinilai sangat eksotis bagi sebagian orang. Wagon memiliki overhang belakang yang lebih panjang sehingga ruang bagasi lebih panjang dan luas. Mobil ini juga memiliki jendela samping yang cukup besar antara pilar C dan pilar D. Sedangkan mobil hatchback tidak memiliki jendela samping atau hanya jendela kecil sebagai ornamen.

Merek yang Memproduksi Mobil Station Wagon

Setiap pabrikan otomotif sebenarnya pernah merilis wagon. Hanya saja, mobil jenis ini terkadang memiliki marketnya sendiri. Beberapa puluh tahun ke belakang, Indonesia dinilai bukanlah market yang sesuai untuk wagon. Jika pun ada yang menjualnya di masa lalu, itu pasti merupakan dealer importir umum yang mendatangkannya secara langsung. Seperti merek Honda, Toyota, Datsun, Chevrolet, BMW, Mercedes-Benz, Audi, Volkswagen, Volvo, Opel dan beberapa merek lainnya.

Honda Accord wagon, photo: Qubicle
Honda Accord wagon, photo: Qubicle

Mobil station wagon sendiri punya market yang sangat besar di Amerika Serikat di era lampau. Jarak yang sangat jauh antar kota membuat masyarakat Amerika Serikat membutuhkan mobil yang cukup nyaman. Wagon ini dinilai menjadi salah satu mobil yang cukup nyaman untuk diajak perjalanan jauh. Maka dari itu, pasar mobil station wagon sangat besar di era 1950-1980-an di Amerika Serikat.

Harga Mobil Cukup Fantastis

Di Indonesia, wagon punya banderol harga yang sangat fantastis. Bahkan untuk beberapa mobil harganya dapat melebihi harga mobil baru yang ada sekarang. Saking fantastisnya, para pecinta otomotif pun berlomba-lomba untuk mendapatkan mobil yang satu ini.

Ada beberapa faktor yang membuat harga wagon di Indonesia cukup terkerek. Salah satunya adalah jumlah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jumlah kendaraan wagon di Indonesia cukup sedikit.

Honda Civic Shuttle, wagon langka di Indonesia
Honda Civic Shuttle, wagon langka di Indonesia

Bahkan para produsen otomotif yang resmi pun hanya sedikit memasukkan mobil jenis ini. Kembali lagi, masyarakat Indonesia kurang menyukai mobil ini. Hanya sebagian kecil saja yang benar-benar menyukai wagon. Untuk harganya sendiri, wagon punya harga yang “gelap” (tidak pasti). Harga prediksi saat ini adalah Rp 150 juta hingga miliaran rupiah tergantung model dan merek. Harga ini dinilai menjadi harga yang wajar bagi sebagian orang.

Beberapa Pilihan Wagon Bekas

Lalu, mobil berbodi panjang apa saja yang kira-kira ada di Indonesia? Sebenarnya ada cukup banyak wagon yang bertebaran di Indonesia. Beberapa merek mobil yang cukup menjadi incaran ada BMW, Mercedes-Benz, Toyota, Honda, Chevrolet, Audi dan Volvo. Lalu, berapa harga wagon termurah yang ada di Indonesia? Harga tidak bisa menjadi patokan untuk wagon.

Karena ini adalah mobil yang dianggap sebagai mobil hobby, sudah pasti harganya ajaib. Sebagai gambaran, salah satu wagon yang terpantau cukup terjangkau ada Timor station wagon, Volvo, dan beberapa varian dari Toyota. Toyota Corona estate atau station wagon terpantau memiliki banderol harga di kisaran Rp 150 jutaan. Beberapa pecinta mobil di Indonesia pun kedapatan memiliki mobil Honda wagon. Salah satu yang cukup langka adalah Honda Accord Maestro.

Mercedes-Benz S202, wagon yang cukup banyak di Indonesia
Mercedes-Benz S202, wagon yang cukup banyak di Indonesia

Ada juga yang memiliki barang ajaib lainnya, yakni Honda Accord Euro R. Masih ada juga Honda Civic Shuttle yang tak kalah langka dibanding jumlahnya di Indonesia. Lain lagi halnya dengan Volvo yang juga punya beberapa model mobil wagon. Mobil asal Swedia ini pernah menjadi mobil yang cukup dipandang saat era 1980-1990-an. Mobil ini pernah juga dijadikan sebagai mobil kendaraan bagi para delegasi dunia di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang digelar di Indonesia.

Harga Wagon di Indonesia

Untuk merek Volvo, di Indonesia terpantau ada beberapa jenis mobil wagon. Mulai dari 145 wagon, 240 wagon, 740 wagon, 940 wagon, 960 wagon dan beberapa model lainnya. Berdasarkan pantauan Carmudi, mobil station wagon dari merek Volvo ini punya banderol harga mulai dari Rp 110 juta hingga Rp 200 jutaan tergantung tipe dan kondisi mobil. Volvo wagon dianggap memiliki harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan merek Eropa lainnya.

Bagaimana dengan BMW dan Mercedes-Benz? Kedua merek ini menjadi merek yang paling diincar oleh para kolektor. Wagon dari BMW dan Mercedes-Benz dianggap sebagai cawan suci bagi sebagian orang. Bentuk indah, fitur lengkap, bodi aduhai menjadikan mobil ini sebagai barang yang layak “dipuja-puja”. Namun, untuk mendapatkan mobil ini ada usaha yang harus dikeluarkan. Pasalnya, para pemilik wagon untuk kedua merek ini cukup sedikit yang ingin menjual.

Volvo wagon seri 8
Volvo wagon seri 8

Jika pun ada yang dijual, tentu unitnya akan langsung ludes terjual kepada kolektor yang haus akan mobil estate atau wagon. Kita ambil contoh saja BMW. Salah satu wagon BMW yang cukup menjadi incaran adalah BMW E30. BMW E30 wagon ini pernah menjadi barang ajaib di ajang Bimmerjunction beberapa waktu lalu. Mobil station wagon ini pernah menjadi omongan lantaran punya banderol di atas Rp 1 miliar. Beberapa BMW wagon lain seperti seri 3, seri 5, dan seri 7 wagon punya harga yang gelap.

Kasus ini hampir sama dengan Mercedes-Benz. Mobil wagon mercy ini juga punya banderol yang cukup mahal. Misalnya tipe C Class wagon, punya banderol di atas Rp 250 jutaan. Untuk wagon tipe E Class lansiran 1990-an atau kerap disapa boxer, punya banderol harga yang tak kalah fantastis. Mobil estate atau station wagon seri E ini punya banderol di atas Rp 300 jutaan. Ada juga Audi wagon yang biasanya dijual di kisaran lebih dari Rp 200 jutaan.

Volvo 145 wagon, spesiesnya cukup sedikit di Indonesia
Volvo 145 wagon, spesiesnya cukup sedikit di Indonesia

Ada Mobil Station Wagon Murah

Semua wagon yang ada di Indonesia tak melulu punya banderol fantastis. Sebut saja Mazda Vantrend yang juga merupakan station wagon. Mobil ini punya harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan deretan mobil estate lainnya. Ingin mobil yang jauh lebih aneh lagi, Chevrolet Bel Air wagon atau Nomad juga merupakan salah satu mobil yang ada di Indonesia. Mobil ini punya harga yang benar-benar tidak diketahui secara bebas. Alias suka-suka yang menjual.

Selain Chevrolet, beberapa merek wagon yang punya harga tidak diketahui secara bebas cukup banyak. Ada Holden, Volkswagen, Renault, Honda, Ford lansiran tahun lawas, hingga beberapa merek Eropa lain macam Fiat. Ah, sudahlah bagi sebagian orang mobil station wagon hanyalah mimpi belaka yang harganya selalu naik setiap tahunnya. Kalau saya sih suka dengan uniknya mobil station wagon, bagaimana dengan Anda?

Mercy W124 wagon atau disebut TE

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Daya Adicipta Motora
Previous post
Jawa Barat Sabet Juara Kontes Layanan Honda Nasional 2019
Next post
10 Lagu Mood Booster saat Berada di Mobil

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *