Site icon Carmudi Indonesia

Pindah Kota, Giliran Bandung Jadi Sasaran Tembak “Demam Xpander”

Osamu Iwaba, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI bersama Imam Choeru Cahya : Head of Sales & Marketing Group PT MMKSI dan pemilik diler resmi Mitsubishi di kota Bandung foto bersama di depan Mitsubishi Xpander yang dipajang di Mitsubishi Special Exhibition Bandung (Carmudi Indonesia/Zie)

Bandung – Mitsubishi makin ‘ugal-ugalan’ dengan Low MPV (Multi Purpose Vehicle) pertamanya di dunia, Xpander. Setelah hadir di berbagai kota besar Indonesia usai world premiere di GIIAS 2017, kali ini giliran kota ‘Kembang’ jadi sasaran tembak sebaran “Demam Xpander” dengan menggelar Mitsubishi Special Exhibition.

Bertempat di Trans Studio Mall, Mitsubishi Xpander kembali tebar pesona dan memikat perhatian pengunjung mall.

Meski termasuk kota kecil, Bandung yang terkenal dengan berbagai kuliner lezat ini adalah pasar potensial untuk penjualan kendaraan model MPV atau mobil keluarga.

Mitsubishi Xpander tebar pesona di Trans Studio Mall Bandung, 6-10 September 2017 (Carmudi Indonesia/Zie)

“Rata-rata penjualan low MPV di Jawa Barat mencapai angka 1.700 unit per bulannya. Kita kejar di angka 20 persen, jadi kurang lebih targetnya sekitar 350 unit per bulan,” terang Tommy Adianto, Head of West Java Area Section PT MMKSI di acara press conference Mitsubishi Special Exhibition Bandung, Rabu (6/9) di Trans Studio Mall, Jawa Barat.

Ini juga alasan mengapa PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memilih Bandung menjadi salah satu dari 9 kota tempat dilangsungkannya pameran yang menampilkan Mitsubishi Xpander.

Kesembilan kota yang disambangi Mitsubishi masing-masing adalah Semarang, Surabaya, Jakarta, Palembang, Bandung, dan Pekanbaru. Menyusul tiga kota lainnya nanti Medan, Balikpapan dan Makassar.

Bandung Beri Kontribusi 60% Penjualan Mitsubishi Xpander di Jawa Barat

Penjualan Mitsubishi Xpander di kota Bandung mencapai 60 persen total 1.700 unit untuk Jawa Barat (Carmudi Indonesia/Zie)

Sejak resmi diluncurkan di GIIAS 2017, sampai tanggal 25 Agustus 2017 kemarin, Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Mitsubishi Xpander mencapai angka cukup fantastis, 11.521 unit. Angka ini dipastikan terus bertambah seiring berbagai pameran yang berlangsung di berbagai kota.

Dari jumlah total tersebut, wilayah Jawa Barat menyumbang 1.300 SPK. Bandung sendiri menyumbang 850 unit dari total penjualan di Jawa Barat.

“Artinya Bandung berkontribusi sekitar 60 persen penjualan Mitsubishi Xpander di Jawa Barat,” tambah Tommy.

Tommy juga menjelaskan bahwa target penjualan untuk wilayah Jawa Barat masih sama seperti komitmen awal, hanya sebesar 20 persen total penjualan Low MPV.

“Market share terbesar untuk Low MPV di Jawa Barat memang masih dipegang Avanza, sekitar 52 persen. Disusul Mobilio sebanyak 25 persen. Nah, kita bidik untuk Xpander sekitar 20 persen,” pungkasnya.

Pameran Mitsubishi Motors Special Exhibition ini terselenggara atas kerjasama MMKSI dengan diler resmi Mitsubishi di Bandung, yaitu Wicaksana Berlian Motor, Srikandi Diamond Motors, Suryaputra Sarana, dan PT Mahligai Puteri Berlian. Pameran ini berlangsung 6 – 10 September 2017. (Zie)