Home » Berita » Pakai Platform Suzuki Ertiga, Maruti XL6 Termurah Dibanderol Rp195 Juta

Pakai Platform Suzuki Ertiga, Maruti XL6 Termurah Dibanderol Rp195 Juta

Peluncuran mobil XL6 yang menggunakan platform Suzuki Ertiga. (Foto: Indianautosblog)

Mumbai – Maruti Suzuki, selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Suzuki di India, baru saja meluncurkan mobil baru, Maruti XL6. Mobil keluarga ini begitu spesial, karena selain dibekali dengan desain eksterior dan sejumlah fitur baru, Maruti Suzuki membangunnnya menggunakan platform Ertiga. Lewat tampilannya sekarang ini tidak sedikit yang berspekulasi bahwa Maruti XL6 merupakan versi mewah dari Ertiga. Tapi ada juga yang menganggap bahwa ini adalah versi crossover dari Suzuki Ertiga.

Terlepas dari dugaan versi mewah maupun crossover dari Suzuki Ertiga, yang jelas XL6 punya desain lebih berani ketimbang saudaranya. Lihat saja bagian eksteriornya, tampak lebih berotot dan kokoh. Tentunya itu semua didukung oleh pemasangan sejumlah perangkat eksterior mulai dari bumper desian baru, skid plates, dan gril gaya baru. Kemudian ada juga lampu depan dan belakang yang sudah menggunakan LED, serta pelek berwana hitam.

Tak kalah menariknya dengan eksterior, bagian interior Maruti XL6 datang dengan nuansa serba hitam yang dipercantik oleh aksen perak di sejumlah titik. Perpaduan antara warna hitam dan perak menjadikannya terkesan lebih premium. XL6 memilik tiga baris jok yang mampu menampung hingga enam orang di kabin dengan konfigurasi 2-2-2. Jok pada bangku baris kedua mengadopsi gaya “captain seat”, sedangkan bangku di belakangnya bisa direbahkan.

Dasbor Maruti XL6 (Foto: Indianautosblog)

Penumpang yang hendak masuk maupun keluar dari bangku baris ketiga lebih mudah, karena Maruti Suzuki sudah menyematkan fitur sekali tekan maka jok dibaris kedua akan terlipat. Selain itu jok baris kedua bisa geser. Pada bagian dasbor tersemat head unit layar sentuh dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto.

“Maruti XL6 adalah bukti komitmen kami untuk menghadirkan teknologi terbaru kepada pelanggan kami. XL6 memberikan keseimbangan gaya, ruang, kenyamanan, kinerja, dan keamanan yang sempurna. Kami yakin bahwa mobil keluarga dengan kemampuan menampung enam penumpang ini akan cocok dengan pelanggan saat ini yang mencari kenyamanan dan gaya,” ungkap Kenichi Ayukawa, Managing Director dan CEO, Maruti Suzuki India seperti dikutip dari Indianautosblog.

Mesin dan Harga Jual Maruti XL6

Sumber tenaga XL6 berasal dari mesin bensin yang sudah memiliki standar BS-VI atau setara dengan Euro6. Mesin ini berkapasitas 1.5 liter dengan hasilan tenaga sebesar 102 hp dan torsi puncak 138 Nm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan. Mesin sudah dibekali teknologi Progressive Smart Hybrid milik perusahaan.

KabinMaruti XL6 (Foto: Indianautosblog)

Maruti XL6 tersedia dalam enam pilihan warna, yaitu Nexa Blue, Auburn Red, Premium Silver, Brave Khaki, Magma Grey, dan Arctic White. Sementara itu variannya ada empat mulai dari Zeta MT (transmisi manual) dibanderol INR 9,79.689 atau sekira Rp195 jutaan, Alpha MT harganya INR 10,36,189 atau Rp206 jutaan, Zeta AT (transmisi otomatis) INR 10,89,689 atau Rp217 jutaan, dan varian tertinggi XL6 yaitu Alpha AT dibanderol INR 11,46,189 atau Rp228 jutaan.

Bagian belakang Maruti XL6 (Foto: Indianautosblog)

Baca juga:

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga, Apa Saja Sih?

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Bayar denda pajak mobil
Previous post
Cara Kepolisian Optimalkan Road Safety Koneksikan Semua Sistem
Next post
Mengupas Kelebihan dan Kelemahan DFSK Glory 560, Pertimbangkan Sebelum Beli