Berita

Platform GSEV Mobil Listrik Wuling Mulai Unjuk Gigi

Mobil Listrik Wuling Hongguang Mini EV

Jakarta – Trend mobil listrik yang terjadi di pasar otomotif Indonesia, tampaknya juga direspon cukup serius oleh pabrikan mobil asal Tiongkok, Wuling. Setelah membuka Wuling Center di kawasan Selatan Jakarta, Wuling Motors mulai gencar menunjukan jajaran kendaraan listriknya.

Mereka menamai inovasi mobil listriknya dengan dengan platform GSEV (Global Small Electric Vehicle). Menurut Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko, ini merupakan langkah serius pabrikan tersebut untuk memenuhi kebutuhan kendaraan listrik di Indonesia.

“Hingga saat ini, kami belum mendapat informasi model mobil listrik mana yang akan hadir di Indonesia. Saat ini kami hanya ingin memperkenalkan konsep platform GSEV dari Wuling dulu,” kata Danang pada saat kunjungan sejumlah media ke Wuling Center, Kamis (28/10) di Jakarta.

Cecaran pertanyaan kapan hadirnya mobil listrik Wuling di pasar Indonesia, masih jadi tanda tanya. Danang masih menolak memberikan kapan kepastian mobil listrik Wuling akan resmi dijual di Tanah Air.

Namun, hadirnya mobil listrik Wuling yang bernama Hongguang Mini EV model Macaron di Wuling Center Jakarta, seakan menyiratkan suatu pernyataan. Bentuk pernyataan bahwa Wuling Motors siap memasuki persaingan pasar mobil listrik Indonesia.

Sekilas Tentang Mobil Listrik Wuling Hongguang Mini EV

Mobil Listrik Wuling Hongguang Mini EV macaron pink

Mobil Listrik Wuling Hongguang Mini EV sudah banyak dilirik oleh konsumen Indonesia.

Wuling Hongguang Mini EV dilengkapi dengan baterai 9,2 kWh yang mampu menempuh jarak 120 km atau baterai 13,8 kWh yang mampu menempuh jarak 170 km.

Hongguang Mini dapat menampung empat orang dan ditenagai oleh satu motor listrik yang menghasilkan 13 kW (17,4 hp) dan torsi 85 Nm. D dengan penggerak roda belakang.

Hongguang Mini EV memiliki kecepatan tertinggi 100 km/jam dan perkiraan jangkauan 170 km. Berdasarkan siklus mengemudi, perkiraan konsumsi energi Wuling Hongguang Mini EV adalah 8,1 kWh/100 km.

Pada tahun 2020, Hongguang Mini diluncurkan di China dan jadi mobil listrik termurah di sana. Fitur keselamatan standar dari Hongguang Mini termasuk rem anti-lock, sensor pemantauan tekanan ban, dan sensor parkir belakang.

Hongguang Mini juga memiliki fitur standar termasuk AC, power window, sistem stereo, 12 kompartemen penyimpanan, 741 liter ruang bagasi dengan kursi belakang dilipat, dan pedal gas dan rem menampilkan simbol positif dan negatif.

“EV (mobil listrik) secara maintenances lebih mudah. Tidak perlu ganti oli. Periode perawatan berkala juga akan lebih lama dari mobil biasa. Mudah-mudahan Indonesia juga dapat garansi 8 tahun atau 120 ribu Km seperti di China sana,” jelas Danang.

Hongguang Mini EV Dijual di GIIAS?

wuling center jakarta

Konsep GSEV pada mobil listrik Wuling di Indonesia.

Keistimewaan mobil listrik Hongguang Mini ini tidak hanya dirasakan oleh konsumen di China saja. Memang sejak 2020 silam, mobil ini sudah laku lebih dari 25 ribu unit mengalahkan penjualan Tesla 3.

“Sudah banyak konsumen yang bertanya-tanya di sini (Wuling Center) mengenai mobil ini (Hongguang Mini),” ungkap Danang.

Namun, sekali lagi Wuling Motors belum dapat memastikan kapan mobil listrik ini akan resmi dijual di Indonesia. Dan kepastian berapa harga mobil ini.

Banyak yang berharap, kepastian itu akan didapat pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2021 pertengahan November mendatang.

“Akan ada kejutan di GIIAS. Tunggu saja,” cetus Media Relations Wuling Motors Brian Gomgom.

Melihat inovasi yang berkualitas dari Wuling Motors seperti, yakni Wuling Indonesian Command (WIND), Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE), teknologi Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driving Assistant System (ADAS) yang memudahkan konsumen mengakses seluruh ragam fitur-fitur kendaraan.

Tentunya tidak menutup kemungkinan Hongguang Mini jadi model mobil listrik Wuling yang pertama dijual di Indonesia.

Tertarik dengan mobil Wuling lainnya? Klik tombol di bawah ini.

Lihat Mobil Wuling

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts