Home » Berita » PLN Beri Kemudahan Pemasangan Home Charging Bagi Konsumen Mitsubishi Outlander PHEV

PLN Beri Kemudahan Pemasangan Home Charging Bagi Konsumen Mitsubishi Outlander PHEV

PLN Beri Kemudahan Pemasangan Home Charging Bagi Konsumen Mitsubishi Outlander PHEV (Foto: Mitsubishi)

Jakarta – Komitmen dalam mendukung perkembangan mobil listrik, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mulai nyata terlihat. Sebelumnya Mitsubishi Motor Corporation (MMC) melalui MMKSI menyerahkan 10 kendaraan listrik secara gratis kepada pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kementerian Perindustrian untuk diuji coba. Tak berhenti sampai di situ, baru-baru ini MMKSI kembali melanjutkan sinergi positif dengan pemerintah pusat lewat penandatanganan nota kesepahaman.

Nota kesepahaman ini berisi tentang kerja sama dalam rangka mempermudah pemilik mobil Mitsubishi Outlander Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dalam melakukan pemasangan home charging. Prosesi penandatanganan nota kesepahaman dilakukan pada Rabu (16/102019) kemarin di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia. Turut hadir dan melakukan penandatanganan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT PLN, Sripeni Inten Cahyani, dan Naoya Nakamura selaku President Director PT MMKSI. Penandatanganan disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

“Untuk mewujudkan mobilitas yang lebih maju dan ramah lingkungan, kami terus berupaya mendukung pengembangan mobil listrik dan infrastrukturnya di Indonesia. Sejalan dengan langkah pemerintah Indonesia dalam percepatan program mobil listrik berbasis baterai, kali ini kami bekerjasama dengan pemerintah melalui PT PLN dalam penyediaan fasilitas pengisian daya mobil listrik di rumah konsumen. Kerjasama ini, akan memberikan kemudahan kepada konsumen Outlander PHEV kami dalam pemasangan fasilitas home charging,” ungkap Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI dalam keterangan resminya.

Lewat kerja sama ini pula setiap konsumen yang ingin melakukan pemasangan home charging Mitsubishi Outlander PHEV akan disediakan paket layanan untuk kecukupan daya sambungan listrik pelanggan dan fasilitas power connecting port (AC) sebagai bentuk dukungan dari PT PLN.

Mitsubishi Outlander PHEV (Foto: Santo/Carmudi)

Kerja sama PT MMKSI dengan pemerintah dalam penyediaan infrasturuktur pengisian daya mobil listrik ini sejalan dengan komitmen dalam memberikan kontribusi untuk lingkungan yang lebih baik.

Energi Terbarukan

MMKSI awal Oktober 2019 bekerjasama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ) dan Kyudenko.co dalam mengembangkan energi terbarukan. Menandai kerjasama ini, ketiga pihak meresmikan fasilitas energi panel surya di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Bilacenge, Sumba Barat Daya.

Energi panel surya ini dapat menghasilkan listrik yang bisa digunakan untuk mengisi baterai mobil listrik. Proyek studi bersama ini menggunakan Mitsubishi i-MiEV sebagai kendaraan listrik yang diuji. Selain itu juga menggunakan perangkat pengisian daya cepat tipe chademo yang dipasangkan di kantor PLN Tambolaka.

Naoya Nakamura menuturkan tujuan studi ini untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan tenaga surya sebagai sumber daya mobil listrik ketika dioperasikan pada musim panas dan hujan.

“Karena solar panel musim panas oke, nah pas musim hujan bagaimana? Apa bisa dalam dua kondisi tersebut?” imbuh Nakamura.

Kata Nakamura penggunaan solar panel sangat baik karena tenaga listrik yang diperoleh memanfaatkan sinar matahari. Pengujian daya mobil listrik memanfaatkan tenaga surya diharapkan bisa mempercepat pengembangan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik di Indonesia. Menurutnya bila sudah sukses bisa me-challenge untuk kerja sama dengan pihak lain.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Mobil Listrik Mitsubishi Uji Coba Isi Daya di PLTS Sumba

Previous post
Konsumsi BBM Mahindra Scorpio Pikup Setara LCGC
Next post
Bersama Yaris, Honda Jazz Generasi Terbaru Juga Meluncur Akhir Bulan Ini