BeritaMobilSumber informasi

Porsche Panamera Sport Turismo, Mobil Sport Serbaguna di Indonesia

Porsche Panamera Sport Turismo, Mobil Sport yang Nyaman Untuk Keluarga (Foto: Carmudi)

Jakarta – Membahas mobil sport, umumnya pasti hanya berkonfigurasi dua kursi atau 2+2. Sangat jarang model yang menyediakan model empat penumpang dengan spesifikasi yang gahar. Porsche salah satunya, merek asal Stuttgart ini memperkenalkan Porsche Panamera 4S Sport Tourismo.

Varian baru dalam keluarga Panamera ini debut dunia perdana di Geneva Motor Show. Desain dan konsep mobil ini diciptakan sebagai sportscar serba guna. Sport Turismo dengan tenaga 404 kW/550 hp, memiliki lebih banyak kelebihan dibanding model lain di kelasnya.

”Bagi Porsche, Panamera Sport Turismo merupakan sebuah langkah maju ke segmen baru. Meskipun demikian, Panamera Sport Turismo tetap mempertahankan nilai-nilai dan atribut yang menjadi karakter sebuah Porsche”, kata Direktur Style Porsche. Michael Mauer, Jumat (2/10).

Senada dengan Mauer, Ricko Boen Sales and Marketing Trainer Porsche Indonesia bahkan menyebut bila Panamera Sport Turismo bisa menjadi sportscar keluarga. Maksudnya, mobil ini bisa digunakan untuk kebutuhan kendaraan sehari-hari tanpa mengurangi fungsi utamanya sebagai mobil performa tinggi.

“Ini bisa dipakai ramai-ramai sekeluarga. Kalau dengar sportscar yang bisa dibawa antar anak dan istri, habis itu ikut morning run, ini sportscar yang bisa lakuin itu semua,” ujar Ricko saat peluncuran.

Sport Turismo memanfaatkan semua inovasi yang diperkenalkan dalam keluarga Panamera. Inovasi ini meliputi Porsche Advanced Cockpit digital.

Kemudian ada sistem kendali Porsche lnnoDrive meliputi adaptive cruise control, sistem chassis seperti sistem kemudi poros belakang yaitu Porsche Dynamic Chassis Control (PDCC Sport) dan sistem electronic roll stabilisation.

Untuk mendukung aspek performa, Porsche Panamera Sport Turismo dilengkapi dengan Porsche Traction Management (PTM). Itu merupakan sebuah sistem aktif all wheel drive dengan kopling multi plat yang dikontrol secara elektronik secara standar.

Begitu istimewanya, Indonesia kebagian jatah full options. Artinya, Porsche Indonesia memasukkan Panamera Sport Turismo dengan fitur dan aksesoris paling lengkap.

Bahkan menurut Ricko, Panamera Sport Turismo yang diperkenalkan ini harganya mendekati Panamera Executive sebagai tipe teratas keluarga Panamera.

Kursi belakang nyaman untuk dua orang dengan pengaturan elektrik (Foto: Carmudi)

“Ini fully options. Masuk Indonesia baru sekarang, karena kita dapat speknya yang bagus ini. Contohnya sound system pakai Burnmeister,” tuturnya.

Menyinggung soal harga, Ricko berujar bila Panamera Sport Turismo custom by order. Namun sebagai patokan harga dasar bisa memakai model Panamera 4S di angka Rp 3,5 miliar off the road. Dengan demikian, Porsche Panamera Sport Turismo bakal lebih mahal.

“Harga custom by order. Kuota Panamera Sport Turismo hanya lima, tahun ini sudah masuk satu dan sisany tahun depan,” jelas Ricko.

Fitur Performa Porsche Panamera Sport Turismo

Sejatinya mobil lima pintu ini adalah sportscar, sehingga bakal memiliki segala macam fitur pendukung yang menunjang performa di kecepatan tinggi.

The new Panamera Sport Turismo telah tersedia di Indonesia yang terdiri dari dua varian, yaitu Panamera 4 Sport Turismo (243 kW/330 hp) dan Panamera 4S Sport Turismo (324 kW/440 hp).

Spoiler belakang Panamera Sport Turismo bisa bergerak otomatis mengikuti kecepatan mobil (Foto: Carmudi)

Keduanya memiliki Porsche Active Aerodynamics [PAA]. Roof spoiler adaptif ini bisa menyesuaikan sudutnya yang mengurangi drag dan mengoptimalkan konsumsi bahan bakar.

Di atas 170 km/jam, roof spoiler secara otomatis bergerak ke posisi performa dengan sudut plus satu derajat. Tujuannya, menaikkan stabilitas mengemudi dan sisi dinamis. Saat di Sport and Sport Pius driving mode.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts