Berita Mobil Sumber informasi

Porsche ‘Suntik Mati’ Mesin Diesel demi Mobil Listrik

Porsche Tycan (Foto: Paultan)

Stuttgart – Pabrikan mobil sport mewah asal Jerman, Porsche memutuskan untuk menghentikan produksi maupun menawarkan mobil bermesin diesel. Keputusan tersebut di ambil karena perusahaan ingin fokus pada mobil berteknologi hybird dan listrik pada 2022 mendatang.

Perusahaan akan mengeluarkan dana investasi lebih 6 miliar euro untuk mewujudkan rencana jangka panjang tersebut.

“Porsche tidak mengutamakan diesel. Ini akan tetap menjadi salah satu sumber pendorong yang penting. Kami, sebagai produsen mobil sport, telah sampai pada kesimpulan bahwa kami ingin masa depan kami menjadi bebas dari bahan bakar solar,” ujar CEO Porsche Oliver Blume seperti dikutip dari Paultan.

Kami konsisten menyelaraskan misi perusahaan ke arah mobilitas masa depan, tambahnya. Blume juga mengatakan pelanggan Porsche yang sudah memiliki mobil diesel jangan khawatir sebab perusahaan akan tetap memberikan pelayanan purna jual.

Rencana baru Porsche tersebut juga di dorong oleh semakin meningkatnya penjualan mobil bertenaga hybrid, sedangkan permintaan terhadap kendaraan diesel mengalami penurunan. Pada 2017 dari semua produk Porsche yang dijual hanya sekitar 12 persen disumbang dari model diesel.

Tidak diketahui pasti apakah karena adanya skandal manipulasi emisi gas buang atau dieselgate menjadi faktor utama penyebab pergeseran penjualan mobil diesel milik Porsche. Sebagaimana diketahui Volkswagen menjadi menjadi tersangka utama skandal dieselgate.

“Saat ini, permintaan untuk model diesel menurun, sementara minat pada model hybrid dan bensin meningkat secara signifikan,” terang Blume.

Mobil Listrik Pertama Porsche Bernama Taycan

Sebagai wujud keseriusan perusahaan untuk mendatangkan mobil ramah lingkungan, Porshe berencana meluncurkan mobil sport listrik murni pertamanya, bernama Taycan. Mobil yang akan meluncur pada 2019 mendatang itu dibekali dua motor listrik dengan kemampuan mengeluarkan daya sekuat 600 ps. Tenaga yang dikeluarkan cukup untuk membuat mobil berakselerasi dari posisi diam sampai 100 kilometer per jam hanya 3,5 detik saja.

Porsche Taycan mampu berjalan sejauh 500 kilometer dengan sekali pengisian. Mobil tanpa emisi ini juga telah dibekali sistem pengisian ulang baterai tercepat. Perusahaan mengklaim hanya dengan mengisi baterai selama empat menit dari posisi betarai kosong sudah mampu membuat mobil dapat berjalan hingga 100 km.

Menariknya baterai Taycan bisa mencapai kapasitas 80 persen dalam 15 menit. Porsche Taycan dibangun menggunakan arsitektur J1 terbaru, berbeda dari platform C-BEV yang digunakan Audi e-tron baru.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/