Berita

Presiden Jokowi: Industri Otomotif Sudah Bangkit Kembali

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa industri otomotif dalam negeri mulai menunjukkan tanda-tanda bangkit. Ini telihat dari meningkatnya jumlah pemesanan mobil baru pasca penerbitan relaksasi pajak atau diskon PPnBM pada awal Maret lalu.

“Kebijakan relaksasi pajak yang telah diterbitkan pemerintah untuk mendongkrak penjualan dan daya beli produk otomotif. Serta untuk mendorong makin banyak permintaan, agar bisa menggerakkan Industri otomotif Indonesia,” ungkap Presiden Jokowi, dalam acara peresmian pembukaan IIMS Hybrid 2021 secara virtual di Istana Negara, Jakarta Kamis (15/4/2021).

Industri Otomotif bangkit

Presiden Jokowi menyampaikan industri otomotif mulai bangkit (Foto: BPMI Setpres)

Relaksasi PPnBM untuk mobil baru, kata Jokowi juga berimbas pada peningkatan purchase order.

“Saya mendapatkan laporan dari Menperin, ada kenaikan untuk purchasing order sekira 190 persen. Artinya harus inden, artinya ini yang memproduksi kewalahan. Artinya lagi industri otomotif sudah bangkit kembali,” sambung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut Presiden Jokowi, momentum kebangkitan industri otomotif Indonesia ini harus tetap dijaga, agar jangan sampai terganggu lagi karena pandemi Covid-19.

“Banyak negara lain sudah turun angka penyebaran Covid-19. Tetapi, karena enggak bisa menjaga kewaspadaannya, enggak hati-hati kemudian meloncat naik lagi. Jadi ini harus kita jaga,” tutur Jokowi.

Industri otomotif bangkit

Presiden Jokowi lepas unit ekspor pertama Isuzu Traga. (Foto: kabarsbi)

Presiden Jokowi Ingin Hadir ke IIMS Hybrid 2021

Pada kesempatan yang sama, Jokowi menyampaikan ingin sekali membuka pameran IIMS Hybrid 2021 secara langsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat untuk mendukung kebangkitan industri otomotif Indonesia. Namun, hal itu urung dilakukan karena pandemi Covid-19.

“Saya ingin hadir langsung di acara IIMS Hybrid 2021, karena saya ingin industri otomotif Indonesia segera bangkit setelah diterpa pandemi Covid 19. Keinginan saya juga memperkerjakan lebih banyak lagi tenaga kerja dan juga ikut menggerakkan industri UMKM dan bisa menaikkan ekspor ke negara-negaara lain di pasar global,” katanya.

Pameran IIMS Hybrid 2021

Booth Mitsubishi di IIMS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

Industri otomotif, lanjut Jokowi merupakan salah satu penggerak perekonomian Indonesia yang harus segera dipercepat, karena industri ini melibatkan banyak pelaku usaha.

“Mulai hulu sampai hilir yang harus ditingkatkan, keterlibatan industri UMKM dan rantai pasok juga harus terus ditingkatkan. Nilai tambah untuk ekonomi dalam negeri juga harus menjadi prioritas. Tentu saja yang paling penting penyerapan tenaga lokal dan peningkatan sentra masyarakat. Golnya adalah di sini,” terang dia.

Seperti diketahui, IIMS Hybrid 2021 digelar mulai 15 sampai 25 April 2021 yang dapat disaksikan secara langsung (offline) dan online melalui platform yang sudah disediakan oleh pihak penyelenggara.

Big Bike

PT Astra Honda Motor (AHM) di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. (Foto/Carmudi Indonesia)

IIMS Hybrid 2021 diikuti oleh 10 merek kendaraan roda empat, seperti BMW, DFSK, Honda, MG, Mini, Mitsubishi, Prestige, Renault, Toyota dan Wuling.

Dari kendaraan roda dua sebanyak 9 merek, yaitu Honda, Benelli, Italjet, Kawasaki, NIU, Royal Alloy, Royal Enfield, Selis, dan Velocifero.

 

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts