Home » Berita » Catat, Ini Alasan Presiden Jokowi Mau Meresmikan Pabrik Mobil Esemka

Catat, Ini Alasan Presiden Jokowi Mau Meresmikan Pabrik Mobil Esemka

Presiden Jokowi melihat mobil Esemka Bima (Foto: BPMI Setpres)

Jakarta – Setelah cukup lama menjadi perbincangan, akhirnya pabrik PT. Solo Manufaktur Kreasi (SMK) untuk memproduksi mobil Esemka diresmikan. Peresmian pabrik dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dan Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto. Pabrik PT SMK ini berada di Kabupaten Boyolali, Jawa Tegah.

“Mobil Esemka ini adalah brand dan principal-nya Indonesia. Ini adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih sepuluh tahun yang lalu oleh para teknisi dan oleh anak-anak SMK,” ujar Presiden Jokowi.

Kehadiran Presiden Jokowi di acara peresmian pabrik produksi mobil Esemka merupakan bentuk dukungan terhadap merek lokal dan pengembangan industri otomotif di Indonesia.

“Banyak yang bertanya kenapa saya mau meresmikan pabrik Esemka ini. Ya karena saya ingin mendukung pengembangan industri otomotif nasional. Mendukung merek lokal, mendukung merek nasional. Itu saja jawabannya,” tuturnya.

Menurut Jokowi berdirinya pabrik baru produksi mobil Esemka akan mendatangkan efek berganda bagi industri-industri lain termasuk industri kecil dan menengah. Saat ini SMK telah menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan-perusahaan lokal untuk pengadaan suku cadang kendaraan yang diproduksinya.

Selain itu, beroperasinya pabrik tersebut turut menggerakkan ekonomi Kabupaten Boyolali dan sekitarnya.

“Pabrik mobil Esemka akan memiliki efek yang berantai di belakangnya. Baik (bagi) pemasok, baik industri-industri menengah, baik industri-industri kecil, sampai industri rumah tangga yang berperan dalam rantai pasokan yang panjang sehingga membuka lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Tidak hanya meresmikan pabrik produksi mobil Esemka, Jokowi beserta Menhub dan Menperin berkesempatan berkeliling pabrik melihat langsung proses perakitan mobil. Presiden Jokowi juga sempat menjajal mobil pikap, Esemka Bima.

Esemka Bima merupakan sebuah kendaraan truk ringan dengan bak terbuka yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan niaga masyarakat Indonesia.

Penyerapan Komponen Otomotif Buatan Dalam Negeri

Kehadiran pabrik produksi mobil Esemka diharapkan dapat meningkatkan penyerapan penggunaan komponen otomotif buatan dalam negeri. Dengan begitu kemandirian industri nasional, terutama sektor otomotif akan terwujud.

“Saat ini, PT SMK telah bekerjasama dengan lebih dari 30 industri penyedia komponen otomotif lokal dan sudah melakukan persiapan untuk produksi massal,” kata Menperin Airlangga Hartarto di sela mendampingi Presiden Joko Widodo di Solo, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Menperin Airlangga menyampaikan, pemerintah memberikan dukungan penuh dalam upaya pengembangan industri otomotif di Tanah Air. Sebab, industri otomotif merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang diprioritaskan agar mampu berdaya saing global berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0.

Presiden Jokowi juga sempat menjajal mobil pikap, Esemka Bima. (Foto: BPMI Setpres)

“Kami juga dorong peran dari industri komponennya, sehingga terbentuk rantai pasok terintegrasi,” jelasnya.

PT SMK sudah berkomitmen untuk mengoptimalkan penggunaan komponen lokal. Ini ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) bersama Perkumpulan Industri Kecil Menengah Komponen Otomotif (PIKKO) pada Agustus 2019 lalu di Jakarta.

Untuk diketahui pabrik SMK memiliki luas bangunan sekira 12.500 ribu meter persegi dan berdiri di atas lahan 115 ribu meter persegi. Pabrik ini yang sudah beroperasi ini memproduksi mobil pikap Esemka Bima.

Kekurangan penjualan Isuzu Panther
Previous post
Mengintip Harga Pasaran Isuzu Panther Bekas, "Nyaris Tak Terdengar"
Next post
Harga Kawasaki KLX 250 Susah 'Digoyang', Murah Juga Tangguh

1 Comment

  1. […] post Catat, Ini Alasan Presiden Jokowi Mau Meresmikan Pabrik Mobil Esemka appeared first on Carmudi […]

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *