Berita

Produksi Honda Brio Masih Terkendala Krisis Chip Semi Konduktor

GIIAS, Tangerang —Honda Brio hingga saat ini masih menjadi tulang punggung penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) di Tanah Air. Sayangnya produksi Honda Brio hingga memasuki bulan November 2021 ini masih terkendala krisis chip semi konduktor.

Hal tersebut dikatakan oleh Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM. Menurutnya produksi Honda Brio belum pulih 100%, sehingga masih mengalami sedikit kendala.

“Honda Brio itu tahun lalu adalah model terlaris kami di Indonesia. Sayangnya hingga saat ini produksinya masih terkendala akibat krisis chip semi konduktor,” buka Yusak Billy saat ditemui di booth Honda GIIAS, Kamis (18/11/2021) kemarin.

Baca Juga: Honda Beberkan Jumlah SPK Sepekan di GIIAS 2021, Ini Model Terlarisnya

produksi honda brio

Penjualan mobil Honda pada Mei 2021 turun ketimbang April (Foto: Carmudi)

Dijelaskannya lebih lanjut, kendati saat ini line produksi Honda Brio masih terkendala pasokan chip semi konduktor namun menurut Billy kapasitas produksinya perlahan mulai membaik.

“Bulan Oktober 2021 lalu kami sudah mulai membaik produksinya, sudah naik hingga 80% soal kapasitas produksi namun belum stabil 100%. Tetapi hingga saat ini kami terus memonitor dan memproduksi secepatnya,” ujarnya.

Walaupun masih terkendala krisis chip semi konduktor, HPM mengaku optimis jika hal tersebut tidak berpengaruh pada penjualan.

Sebagai gambaran, pada bulan September 2021 penjualan Honda sempat mengalami penurunan hingga 54,2% dibanding bulan Agustus 2021 yang mencatatkan penjualan 7.341 unit, sedangkan September angkanya 3.362 unit.

Baca Juga: Fakta Tentang Honda SUV RS Concept yang Perlu Diketahui

produksi honda brio

Honda Brio Satya bukukan penjualan tertinggi selama IIMS Hybrid 2021 (Foto: Carmudi)

Kontribusi penjualan tersebut didominasi oleh Honda City Hatchback RS yang terjual 1.053 unit dan Brio sebanyak 1.027 unit pada September. Lalu Honda Brio Satya sukses terjual 811 unit, dan disusul Brio RS sebanyak 216 unit.

Pada bulan Oktober, Honda mencatatkan kenaikan hingga 82% jika dibandingkan bulan September 2021. Angka penjualan di Oktober lalu mencapai 6.104 unit.

Honda Brio menjadi model terlaris dan tulang punggung dengan penjualan 1.199 unit untuk Brio Satya dan 972 unit untuk Brio RS. Secara total, Honda Brio sukses mencatatkan penjualan sebanyak 2.172 unit pada bulan lalu.

Lihat lebih detail spesifikasi mesin, fitur, harga, hingga simulasi kredit mobil-mobil Honda di tautan ini.

Lihat Mobil Honda

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts