Berita

Produksi Unit Terakhir Land Rover Defender: Akhir dari Sebuah Ikon

Unit terakhir Land Rover Defender akhirnya meluncur dari pabrik di Solihull, Inggris, yang mengakhiri siklus produksi panjangnya selama 68 tahun.

Salah satu mobil paling ikonik di muka bumi ini dikembangkan dari model Land Rover Series, sering disebut sebagai Defender generasi pertama, yang meluncur pada 1948.

Land Rover Defender dihadirkan untuk kali pertamanya pada 1983 silam sebagai model Land Rover Ninety (90) dan Land Rover One Ten (110). Keduanya hadir untuk menggantikan peran dari Land Rover Series.

Sejak 1948 hingga unit terakhirnya, terhitung sudah dua juta unit Land Rover Defender yang meluncur dari jalur produksi di Solihull, demikian yang dilansir The Northern Echo.

Land Rover Defender dikenal sebagai kendaraan yang banyak digunakan armada militer. Ini adalah salah satu mobil yang modelnya nyaris tak pernah berubah drastis sejak pertama kali meluncur hingga kini.
Pembedanya hanya pada beberapa titik untuk mengikuti teknologi terkini dengan ciri khas desain yang sama sekali tidak berubah.

2475850300000578-2899334-image-a-39_1420575985620

Produksi Distop Karena Tidak Bisa Menembus Regulasi Modern

Mobil ini tidak bisa menembus pasar di AS karena tidak memenuhi regulasi keamanan dan standar emisi. Inilah yang juga menjadi alasan mengapa produksinya dihentikan karena regulasi serupa di kawasan lainnya menuntut standar yang sama.

Desas-desus menyebutkan bahwa Jaguar Land Rover (JLR) kini tengah menyiapkan suksesornya yang diprediksi bakal meluncur pada 2018.

Ini adalah tentang bagaimana memadukan warisan, karakter dan ciri dari Land Rover Defender lawas dengan teknologi dan desain modern.

Tentu akan menjadi sebuah tantangan masif bagi JLR bagaimana membuat suksesor yang masih dapat menarik hati para fanatik dari Land Rover Defender lawas.

See you again, legend!

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: [email protected]
Follow Me:

Related Posts