BeritaSepeda motorSumber informasi

Produsen Senapan AK-47 Bikin Motor Listrik, Begini Wujudnya

Motor Listrik Kalashnikov (Foto: Visordown)

Moscow – Produsen alat-alat militer tidak melulu bikin senjata atau kendaraan tempur. Mereka pun sebenarnya bisa membuat kendaraan tangguh untuk kalangan sipil. Ini dilakukan oleh Kalashnikov, produsen senapan AK-47 tersebut baru saja memperkenalkan motor listrik pertamanya.

Perusahaan senjata asal Rusia ini menamai motor trail elektrik mereka sebagai UM-1 (Urban Moto) dan SM-1 (Super Moto). Dikutip dari Visordown, Kalashnikov memperkenalkan kedua model saat ajang International Military Technical Forum 2018 beberapa waktu lalu.

Sama seperti kendaraan asal Rusia lainnnya, desain motor listrik UM-1 dan SM-1 tidak menarik dan kaku. Namun, soal ketangguhan tidak perlu diragukan lagi karena kedua motor listrik ini dibuat untuk pasukan khusus Rusia dalam mengamankan ajang akbar Piala Dunia 2018.

Kalashnikov UM-1 (Foto: Visordown)

Bila Carmudian melihat bentuknya, pasti langsung terbayang sosok motor enduro yang digunakan pada balap ketahanan Paris Dakar. Bedanya, motor ini tidak bising dan dibekali berbagai fitur terkini sesuai kebutuhan biker. Meskipun dibangun oleh produsen AK-47, Kalashnikov tidak menambahkan senjata atau tempat menyimpan senjata di motor listriknya.

UM-1 kelihatannya agak mirip dengan motor petualang bikinan KTM dengan ban enduro, ground clearance tinggi, dan long travel suspension. Motor ini juga dilengkapi side box untuk penyimpanan barang dan visor tinggi.

Model lainnya yaitu SM-1 memakai teknologi serupa UM-1, namun dengan desain yang lebih radikal. Kalashnikov merancang SM-1 dengan konsep motor trail yang didukung suspensi upside down di depan, rangka teralis, dan baterai LiFePO4. Paling penting, posisi duduk pengendara cukup rendah sehingga bersahabat untuk pemakai.

Sekilas Performa Motor Listrik Kalashnikov

Kalashnikov mengklaim motor listriknya memiliki berat antara 165 dan 245 kilogram. Kemampuan baterainya sanggup untuk menempuh jarak hampir 150 kilometer dalam kondisi penuh. Ini menjadi keunggulan karena 1,5 kali lipat dibanding motor listrik untuk kalangan militer yang hanya sanggup menempuh jarak 100-an kilometer.

Motor Listrik Kalashnikov SM-1 (Foto: Visordown)

Tidak hanya soal kemampuan baterai yang tahan lama, motor listrik Kalashnikov juga sanggup dipacu hingga kecepatan 100 km/jam. Tentu sangat keren untuk ukuran motor adventure militer. Kalashnikov menunkuk anak perusahaannya yaitu IZH khusus memproduksi SM-1 dan UM-1.

Lantas, untuk apa kedua motor ini diciptakan? Reputasi Kalashnikov sebagai produsen senjata papan atas dunia pasti mendorong perusahaan ini unutk memasarkan UM-1 dan SM-1 lebih untuk keperluan militer. Kita nantinya bisa melihat motor listrik tersebut bakal wira-wiri di wilayah konflik yang ditangani oleh rusia seperti Spetsnaz di Suriah atau Chechnya.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts