Berita Sepeda motor Sumber informasi

Produsen Sudah Bikin Motor Listrik, Pemerintah Lambat Terbitkan Regulasi

Motor Listrik Gesits

Gesits, motor listrik pertama buatan Indonesia (Foto : Carmudi Indonesia/Enda)

Jakarta – Regulasi mobil listrik yang melibatkan tiga kementerian itu sampai sekarang belum juga di terbitkan. Tiga kementrian diantaranya Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) . Beredar desas desus pemerintah juga tengah menyiapkan regulasi untuk sepeda motor listrik.

“Saya kira sekarang sedang berjalan. Pemerintah juga mengkaji itu dengan baik,” ujar Johannes Loman, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Moto lndonesia (AISI), di Jakarta.

Sampai sekarang belum ada titik terang kapan regulasi sepeda motor listrik diterbitkan. Menurut Loman sampai sekarang biaya produksi sepeda motor listrik masih sangat mahal, jadi wajar bila belum ada kejelasan.

Baca juga: Sempat Tertunda, Vespa Elettrica Akhirnya Masuk Dapur Produksi

“Kita welcome saja kalau lebih cepat, cuma kita perlu mengerti bahwa motor listrik itu yang utama dihadapi adalah cost-nya yang tinggi. Karena harga baterainya itu masih tinggi. Jadi saya kira suatu saat jika harga baterainya itu mendekati harga dari pemakaian dari BBM (Bahan Bakar Minyak), itu (sepeda motor listrik) akan bergerak,” terang Loman.

Dirinya pun tidak bisa menentukan target kapan peraturan tersebut terbit dan rampung, namun bila teknologi baterai sudah bisa dikuasai dan baterai bisa diproduksi di Indonesia maka bukan tidak mungkin sepeda motor listrik akan berjalan.

“Kalau teknologinya ditemukan dan harga kompetitif nah itu (sepeda motor listrik) akan jalan. Menurut saya menunggu teknologi baru jalan, karena saya lihat baik itu mobil maupun sepeda motor listrik itu cost-nya masih tinggi karena memang kalau saya baca di beberapa pengamat dan konsultan harga baterai itu per kilowattnya 160-170 US dolar, ada juga yang bilang 200 US dolar,” tutur Loman.

Sepeda Motor Listrik di IMOS 2018

Indonesia Motorcycle Show (IMOS) tahun ini mengusung tema ”Indonesia Future Technology”. Artinya akan ada banyak teknologi terbaru yang akan diperlihatkan di pameran sepeda motor terbesar di Indonesia itu.

Salah satu teknologi yang dipamerkan adalah sepeda motor bertenaga listrik. Meski akan unjuk gigi di IMOS, namun Loman menolak untuk membeberkan berapa total motor listrik yang dipamerkan berikut dengan mereknya.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Soal Pameran Sepeda Motor Terbesar di Indonesia 2018

“Nanti tunggu di sana (IMOS), teman dari anggota AISI yang akan umumkannya langsung. Saya belum bisa komentar nanti saja lihat di sana, kalau dikasih tahu sekarang enggak surprise. Karena saya harus menjaga teman AISI jangan dulu diumumkan,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts