Berita

Punya Tampang Sporty, Ini Keunggulan Lain Toyota Land Cruiser GR Sport

Jakarta – Setelah menjalani world premiere Juni kemarin, akhirnya Toyota Land Cruiser 300 hadir untuk pasar domestik Jepang. Konsumen dihadapkan pada sejumlah varian termasuk Land Cruiser GR Sport sebagai opsi paling tingginya.

Toyota Land Cruiser GR Sport

Toyota Land Cruiser GR Sport (Foto: Toyota)

Varian GR Sport bisa ditemui dengan pilihan mesin bensin 3.500 cc ataupun diesel 3.300 cc. Versi mesin bensin mobil ini dijual dengan harga 7.700.000 yen atau sekitar Rp1,013 miliar. Sedangkan versi dieselnya ditawarkan 8.000.000 yen atau setara Rp1,053 miliar.

Banderol sebesar itu menjadikan Land Cruiser GR Sport sebagai varian paling mahal. Hal tersebut tercermin lewat penampilan eksterior. Ada tiga belas komponen bodi yang berbeda dibanding varian-varian di bawahnya.

Tapi yang paling jelas terlihat adalah gril depan, bumper, dan pelek 18 incinya. Lantas bila menengok ke interior, konsumen juga akan disapa sentuhan spesial berupa penggunaan pelapis jok dengan kombinasi warna merah dan hitam ditambah emblem HR Sport di sandaran kepala.

Toyota Land Cruiser GR Sport Interior

Interior Toyota Land Cruiser GR Sport (Foto: Toyota)

Bukan hanya kosmetiknya, Land Cruiser GR Sport juga memiliki fitur khusus yang tak dimiliki varian lain, yakni Electronic-Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS).

Menurut keterangan resmi Toyota Motor Corporation (Jepang), Senin (2/28/2021), fungsi fitur ini adalah mengatur secara otomatis stabilizer suspensi depan dan belakang yang bergerak independen mengacu pada kondisi permukaan jalan yang dilalui.

Hasilnya diharapkan mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih stabil di lingkungan urban ataupun off road.

Dikembangkan Bersama Pebalap Dakar

Khusus pengembangan varian Land Cruiser GR Sport, Toyota meminta masukan dari para pebalap mereka yang pernah berkiprah di reli Dakar.

Eksterior Toyota Land Cruiser GR Sport

Eksterior Toyota Land Cruiser GR Sport (Foto: Toyota)

Kehadiran fitur E-KDSS khusus pada varian ini adalah salah satu respons pabrikan terhadap masukan yang diterima. Khususnya sebagai upaya membuat mobil memiliki kemampuan lebih baik “mencengkram” permukaan jalan dan mengurangi getaran.

Selain itu, Toyota Land Cruiser GR Sport juga memiliki semua fitur-fitur unggulan yang ada di varian lainnya. Mulai dari suspensi baru, power steering hidrolik, electronic brake control, heated seat, hingga tombol engine start stop yang menggunakan sidik jari.

Secara keseluruhan Land Cruiser terbaru masih hadir sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) ladder frame. Pabrikan menggunakan platform GA-F untuk model yang satu ini.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts