BeritaMobilProdukSumber informasi

Strategi Daihatsu Bikin Sigra Tambah Laris

Penulis: Dony Lesmana

Jakarta – Di quartal 3 rupanya Daihatsu Sigra menjadi salah satu primadona atau mobil terlaris selama 9 bulanan (Januari – September) 2017. Daihatsu berhasil bukukan penjualan wholesales dengan raihan sebesar 140.233 unit. Sementara pada raihan sisi retailsales sebesar 134.230 unit, dengan torehan market share sebesar 17,4%.

Pada sisi wholesales, Sigra menjadi primadona dengan raihan 32.171 unit atau 23%, ini paling tinggi diantara line up yang ada di Daihatsu. Sama halnya dengan retailsales, Sigra menjadi favorit pertama di hati masyarakat dengan raihan 34.264 unit atau 26%.

“Kami bersyukur di tengah pasar otomotif yang cenderung stagnan ini, Daihatsu berhasil meraih market share sebesar 17,4%. Ini menjadi bukti bahwa Daihatsu, khususnya Sigra menjadi favorit di hati masyarakat,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Mobil yang diproduksi di pabrik Karawang, Jawa Barat, memang dalam hal desain lebih menarik dibanding saudaranya Calya jika melihat tampilan “mukanya”. Daihatsu Sigra memiliki tampilan muka lebih tajam karena desain rumah foglamp berbentuk trapesium pipih menyatu.

Sementara Calya masih menyisakan ciri Toyota Agya, yaitu rumah lampu kabut berbentuk segitiga dan gril besar trapesium. Gril pun tampak lebih atraktif dengan bentuk heksagonal.

Keunggulan Daihatsu Sigra

Meskipun brand Daihatsu di “bawah” Toyota, namun potensi pasar tidak bisa dielakkan. Berbagai kelengkapan dan kelebihan mobil ini menjadi andalan dalam berkompetisi dalam hal memikat pasar mobil murah.

Sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC) kursi pengemudi dan penumpang depan tetap dengan model head rest. Belum dilengkapi pengaturan ketinggian. Ditengah-tengah terdapat center arm rest yang dapat dilipat dan terselip jok kecil yang tampaknya dapat diduduki oleh anak kecil.

Sedangkan kursi baris kedua tampak nyaman dengan busa tebal dapat digeser maju-mundur untuk memperluas legroom dan dapat direbahkan untuk kenyamanan penumpang. Untuk melipatnya cukup praktis dengan metode 1-touch tumble.

Nah untuk baris ketiga merupakan bagian paling penting karena ini nilai plus bila dibandingkan kompetitornya, meskipun sebenarnya ini bukanlah mobil dengan formasi 5+2 sebenarnya. Sebagai informasi mobil ini mempunyai dimensi lebih panjang 75 mm, lebih lebar 20 mm dan lebih tinggi 110 mm dibanding Datsun Go+ Panca.

Fitur Berlebih

Nah ini, bila pada baris kedua kursinya bisa maju mundur dapat disesuaikan dengan kebutuhan, jadi di baris ketiga tak sempit-sempit amat.

Daihatsu Sigra Tipe D dan M adalah varian paling bawah keduanya menggunakan mesin 1KR-VE 3-silinder 1.0L DOHC dengan teknologi VVT-i yang bertenaga 67 PS dan torsi 87 Nm dengan transmisi manual 5-kecepatan.

Bicara fitur tipe D paling bawah hanya diisi fitur-fitur seperlunya saja tanpa fitur keamanan apapun. Sedangkan tipe M ada tambahan seperti alarm dan immobilizer, pelek kaleng 14-inci, head unit, power socket dan lainnya.

Tipe X (deluxe) memakai mesin 3NR-VE 4-silinder 1.2L DOHC dengan teknologi Dual VVT-i dengan transmisi manual 5-kecepatan dan otomatis 4-kecepatan. Interiornya sudah dilengkapi head unit 2DIN lengkap dengan CD, MP3, AUX, USB dan Bluetooth. Juga sudah ada fitur keselamatan Dual SRS Air Bag dan khusus transmisi otomatis mendapatkan sistem ABS.

Sementara Sigra tipe R yang merupakan varian tertinggi dan terlengkap dengan kelebihan diluar ekspektasi sebuah LCGC. Dengan banderol Rp 132,2 juta hingga Rp 149,6 juta untuk tipe R dan R Deluxe, dilengkapi dengan fitur lengkap.

Diantaranya berupa electric mirror, wiper belakang, head rest di seluruh baris kursi, dual air bag. Dan rem ABS, sensor parkir belakang dan bahkan di tipe teratas R Deluxe. Bahkan tersedia sensor parkir depan seperti di sedan-sedan premium dan tampilan lebih mewah dengan banyak aksen krom.

Pantas kalau mobil ini menjadi pesaing berat Datsun Go+ Panca yang dibanderol dengan kisaran Rp120 jutaan. Keunggulan Sigra jelas mengambil segala kekurangan Datsun semagai senjata yang mematikan.

Harga Daihatsu Sigra

TypeHarga
SIGRA 1.0 D MTRp 108.900.000
SIGRA 1.0 M MTRp 117.800.000
SIGRA 1.2 X MTRp 127.150.000
SIGRA 1.2 X MT DLXRp 132.650.000
SIGRA 1.2 X ATRp 139.950.000
SIGRA 1.2 X AT DLXRp 145.450.000
SIGRA 1.2 R MTRp 133.050.000
SIGRA 1.2 R MT DLXRp 136.850.000
SIGRA 1.2 R ATRp 145.850.000
SIGRA 1.2 R AT DLXRp 149.650.000

(Harga up date per Oktober 2017, Sumber diler Daihatsu)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts