Berita

Ragam Knalpot Racing Motor dan Mobil, Ini Pilihan Mereknya

Sekarang makin banyak ragam knalpot racing motor dan mobil yang bisa ditemui di pasaran.

Sebagian datang dari merek internasional yang namanya sudah dikenal luas. Tapi di samping itu, ada juga pilihan dari merek lokal yang cukup menarik untuk dilirik.

Knalpot Racing Motor dan Mobil

(Foto: Unsplash)

Modifikasi kendaraan bukan sebatas penampilan, melainkan juga meliputi aspek performa.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat kendaraan makin bertenaga, salah satunya mengganti knalpot Original Equipment Manufacturer (OEM) dengan knalpot aftermarket atau knalpot racing.

Idealnya penggantian knalpot memang bertujuan untuk mengejar performa atau tenaga mesin menjadi lebih baik, tapi tentunya tak semua pemilik kendaraan berpikir demikian.

Di sisi lain, ada juga kalangan yang melakukannya sebatas untuk mengejar suara mobil atau motornya agar menjadi lebih gahar.

Knalpot Anti Gasruk Ford

Ragam Knalpot Racing Motor dan Mobil

Saat ini memilih knalpot racing baik untuk motor atau mobil terasa makin mudah seiring menjamurnya toko-toko online.

Tapi sebelum membelinya ada beberapa hal yang patut diketahui, terlebih bagi mereka yang awam. Hal yang paling mendasar ialah bagian-bagian dari knalpot itu sendiri.

Pada dasarnya knalpot dapat diartikan sebagai saluran pembuangan gas sisa-sisa pembakaran. Memiliki bentuk semacam pipa yang memanjang, knalpot terdiri dari beberapa bagian.

Setidaknya ada lima bagian pada knalpot mobil, terdiri dari exhaust manifold, down pipe, catalytic converter, resonator, dan muffler.

Pada knalpot motor bagian-bagiannya relatif lebih sederhana karena secara garis besar hanya terdiri dari header dan silencer.

Header atau yang juga sering disebut leher knalpot berupa pipa yang terhubung langsung ke mesin. Semantara itu silincer adalah tabung yang berada di bagian belakang knalpot.

Nah, modifikasi pada knalpot bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mobil harian bisa saja menggunakan knalpot racing.

Jika hanya mengejar suara gahar maka dapat bermain pada bagian resonator atau muffler.

Namun kalau ingin mengejar performa yang lebih serius biasanya juga dituntut melakukan perubahan pada header atau downpipe.

Mobil Mewah Lubang Knalpot Palsu

Merek Knalpot Racing Mobil

Knalpot-Racing-Mobil

(Foto: Unsplash)

Di Indonesia ada banyak merek knalpot mobil aftermarket yang dapat menjadi pilihan modifikasi. Mayoritas memang berasal dari luar negeri, tapi ada juga yang merupakan produk asli Indonesia.

1. HKS

Brand asal Jepang ini sangat populer di Indonesia. Tipe knalpot HKS pada umumnya terbagi dalam dua jenis, yakni Hi-Power dan Silent.

2. Greddy

Opsi merek selanjutnya adalah Greddy yang dikenal luas sebagai knalpot racing Mitsubishi. Walau begitu merek asal Jepang ini juga membuat turut membuat knalpot untuk merek-merek mobil lain.

3. Mugen

Nama Mugen pasti sudah sangat dikenal oleh mereka yang doyan melakukan modifikasi mobil. Mugen banyak menyediakan knalpot untuk mobil-mobil Honda dengan statusnya sebagai tuner resmi.

5. Spoon

Merek knalpot racing yang ada saat ini kebanyakan berasal dari Jepang. Selain merek-merek di atas, Spoon juga termasuk ke dalamnya. Knalpot racing Spoon memiliki ciri khas suara yang sangar bahkan cenderung terlalu keras.

6. J’s Racing

Knalpot J’s Racing terkenal dengan performanya yang baik karena dapat meningkatkan tenaga secara signifikan. Oleh karena itu wajar jika knalpot ini menjadi banyak incaran para penggemar modifikasi. Produknya yang menggunakan bahan titanium banyak diburu karena ringan.

7. Kansai

Beralih ke merek lokal, salah satu pilihannya adalah knalpot racing merek Kansai. Diproduksi oleh Standar Adi Knalpot, merek Kansai sudah cukup dikenal secara luas.

8. Jitsugen

Jitsugen juga menjadi opsi merek bagi mereka yang ingin menggunakan merek lokal. Knalpot racing yang satu ini diproduksi oleh Ruang Kencana Knalpot (RKK). Produknya bisa ditemukan untuk mobil-mobil yang populer, semisal Honda Jazz atau Toyota Rush.

9. ORD Exhaust

Rekomendasi knalpot racing lokal berikutnya adalah ORD Exhaust yang mengklaim mereknya sebagai proven racing exhaust karena dipakai banyak pebalap dalam berbagai kejuaraan.

Jenis produk yang ditawarkannya cukup variatif. Untuk mobil harian, ORD Exhaust menawarkan nilai jual berupa suara yang bulat, padat, sekaligus diklaim mampu membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

Merek Knalpot Racing Motor

Knalpot Motor

(Foto: Unsplash)

Tak jauh berbeda dengan dunia roda empat, pilihan knalpot racing motor juga sangat banyak. Berikut ini beberapa merek yang banyak beredar atau sedang sedang naik daun dalam beberapa waktu belakangan.

Tapi lain cerita dengan pasar knalpot racing mobil yang didominasi merek luar negeri, knalpot racing motor justru lebih banyak pilihan dari merek lokal.

1. R9

Knalpot racing R9 merupakan produk dari PT Anantha Berkat Jaya. Merek ini sudah memulai kiprahnya sejak tahun 1996. Saat ini knalpot racing R9 tersedia untuk motor-motor merek Jepang, seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki.

2. CLD

Knalpot motor lokal berikutnya adalah CLD yang tak lain merupakan singkatan dari Champion Leader Development. Berpusat di Ciledug, produsen knalpot ini memiliki lini produk cukup banyak, meliputi knalpot untuk motor sport hingga matik. CLD mulai meramaikan pasar knalpot motor sejak tahun 2008.

3. WRX

Merek knalpot motor WRX mulai hadir tahun 2001. Merek yang satu ini dapat dikatakan sangat populer di jejaring media sosial Facebook. WRX sendiri merupakan merek knalpot asal Jakarta Barat, namun memiliki tempat produksi di daerah Cikupa, Tangerang.

4. AHRS

AHRS merupakan salah satu pemain lama dalam dunia knalpot racing motor. AHRS sudah hadir sejak awal tahun 2000-an. Mengadopsi teknologi balap, AHRS banyak menyediakan knalpot racing untuk motor harian. Produk-produknya juga sangat populer di kalangan penggemar motocross.

5. NOBI

Merek knalpot NOBI sebenarnya masih satu keluarga dengan R9, namun segmen yang disasarnya berbeda. NOBI lebih condong untuk segmen menengah ke bawah. Oleh karena itu harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan desainnya unik-unik.

6. Arrow

Pasar knalpot Tanah Air juga diramaikan produk-produk asing, salah satunya adalah Arrow yang merupakan merek asal Italia. Hadir sebagai barang ekspor, harganya tentu tak bisa dikatakan murah. Jenis produknya pun menyasar motor-motor yang premium juga.

7. Yoshimura

Di antara merek asing lainnya, nama Yoshimura terdengar jauh lebih dulu. Knalpot buatan Jepang ini sangat populer pada awal tahun 2002. Tapi sayangnya kini banyak beredar produk tiruannya sehingga konsumen mesti jeli dalam memilih.

8. Akrapovic

Akrapovic bisa dibilang sebagai merek knalpot impor yang paling terkenal saat ini. Produk asal Slovenia ini memiliki harga yang sangat tinggi. Walau begitu nama besar dan kualitasnya punya level sendiri.

Produk Akrapovic bisa ditemui untuk motor-motor sport kelas 250 cc ke atas. Di samping itu Akrapovic juga menyediakan knalpot untuk matik bongsor, seperti Yamaha Nmax atau Honda PCX.

Di luar merek-merek yang sudah disebutkan di atas mungkin saja ada merek knalpot racing motor dan mobil yang belum disebut. Tapi setidaknya informasi di atas dapat menjadi insipirasi bagi mereka yang lagi mencari knalpot racing untuk kendaraannya.

Efek Knalpot Racing di Motor Standar

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/