HomeModifikasiRagam Pilihan Sektor Modifikasi Honda Vario 150, Tinggal Pilih

Ragam Pilihan Sektor Modifikasi Honda Vario 150, Tinggal Pilih

Modifikasi Honda Vario 150
Honda Vario 150 Livery Repsol (Foto: BSH)

Jakarta – Kalau membahas modifikasi Honda Vario 150 memang enggak ada habisnya. Karena komponen modifikasi dari motor ini tersedia sangat banyak dan bervariasi. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam modifikasi Honda Vario 150. Misalnya melakukan ubahan di sektor bodi, elektrikal, mesin, atau bahkan aksesoris yang ada. 

Kenapa modifikasi Honda Vario 150 ini selalu menarik buat dibahas? Karena penggunanya juga banyak banget di Indonesia. Tak heran kalau motor ini selalu menarik buat dibahas. Kira-kira, modifikasi apa aja ya yang cocok buat dipasang di Honda Vario 150 ini?

Modifikasi Bodi Honda Vario 150

Kalau mau mempertahankan originalitas, salah satunya bisa memodifikasi bagian bodinya saja. Misalnya memasang cutting sticker, melakukan cat ulang, atau melapisi dengan stiker full bodi. 

Cara ini jadi cara yang paling mudah buat memodifikasi motor kesayangan. Kamu bisa mendatangi bengkel stiker terdekat untuk memasang stiker. Atau bisa juga mendatangi spesialis cutting stiker untuk dibuatkan livery keren sesuai konsep yang diusung. 

Modifikasi Honda Vario 150
Bautan stiker pada bodi Honda Vario. (Foto: Gridoto)

Selain itu, ada juga yang menambahkan windshield di bagian depan. Biasanya ada yang menjual windshield dan bodikit tambahan supaya Vario 150 tampangnya lebih gahar lagi. Tapi ada juga yang menambahkan bodi di bagian jok. 

Biasanya modifikasi ini punya tujuan buat ngebikin motor jadi tampilan ala single seater motor balap jadul. 

Modifikasi Kaki-kaki Honda Vario 150

Bagian kaki-kaki juga jadi modifikasi yang mudah dilakukan. Tapi kembali lagi pada konsep yang mau digunakan pada motor ini. 

Misalnya, memilih konsep motor matik dengan kaki-kaki gambot. Atau bisa juga melakukan modifikasi ala motor-motor drag dengan ban kecil. 

Semuanya dikembalikan lagi pada konsep awal modifikasi motor tersebut. Untuk memodifikasi bagian kaki-kaki, sebaiknya dilakukan dengan matang. 

Misalnya pemilih ukuran pelek dan ban. Lalu bisa juga memikirkan profil ban serta material pelek. Enggak lupa juga motif pelek yang mau dipilih juga jadi kunci supaya modifikasi bisa terlihat apik. 

Modifikasi Honda Vario 150
Honda Vario hasi modifikasi. (Foto: Gridoto)

Kalau sudah melakukan modifikasi, biasanya pemilik juga mengganti bagian knalpot. Karena knalpot ini juga jadi salah satu pendukung bagian kaki-kaki.

Buat urusan gas buang ini, kalian bisa memilih berbagai produk aftermarket yang banyak dijual di pasaran. Tapi kalau mau yang beda, kalian bisa mencari bengkel custom buat bikin knalpot sesuai selera kalian. 

Mau dibuat berisik, adem, ngebas, atau senyap kayak suara knalpot originalnya juga bisa banget nih. Semua bisa dipilih kalau kalian main ke bengkel custom motor. 

Salah satu yang tren adalah memakaikan knalpot Honda CBR 250 RR di Vario 150. Knalpot CBR 250 RR yang punya 2 lubang knalpot dianggap punya model sporty. 

Modifikasi Cakram

Sebenarnya masih di bagian kaki-kaki. Cakram juga jadi salah satu komponen yang bisa diganti buat mereka yang doyan kebut.  Ada yang mengganti piringan cakram menjadi lebih besar, ada juga yang mengganti kepala cakram atau kaliper supaya lebih gigit. 

Modifikasi cakram ini lumayan yang menguras harga cukup mahal. Tergantung merek yang dibeli dan model cakram yang diinginkan nih. Kalau sekadar gaya, biasanya banyak yang cuma mengganti cakramnya aja biar jadi lebih besar. 

Modifikasi Ala Touring

Karena punya performa yang lumayan oke, enggak heran kalau banyak orang yang memakai Honda Vario 150 buat jarak jauh. Makanya, modifikasi gaya touring juga jadi salah satu yang rekomendasi. 

Misalnya nih, menambahkan braket single box di bagian belakang. Atau ada juga nih yang berniat pasang pannier atau side box di sisi samping biar motor keliatan makin gambot.

Modifikasi Honda Vario 150
Modifikasi Honda Vario ala touring. (Foto: Aufaproject)

Kalau enggak mau pasang box, bisa juga nih pasang braket di bagian depan buat lampu kabut atau lampu tembak. Lampu ini bisa berguna banget buat jalan malam di tempat super gelap.

Terakhir biar tampilannya makin manis, windshield bisa diganti yang ukuran sedang. Gaya touring ini biasa dipilih buat mereka yang suka pergi jauh. 

Modifikasi Suspensi Honda Vario 150

Salah satu kekurangan motor ini adalah suspensinya yang sangat keras. Enggak heran juga sih kalau para pembeli Vario 150 ini langsung mengganti suspensi walaupun baru beli. 

Karena suspensi belakang Honda Vario 150 ini terkenal keras. Biasanya cara paling gampang buat suspensi biar makin empuk adalah memasang suspensi aftermarket. 

Modelnya pun macam-macam, pastinya harganya juga bervariasi. Biar makin nyaman menghantam lubang, suspensi belakang wajib diganti nih supaya enggak makin keras. 

Selain suspensi, kekurangan Honda Vario 150 adalag gredek pada mesin. Solusi pertama yaitu dengan membersihkan bagian CVT dari debu yang menempel di sekitar area tersebut. 

Bila masih bergetar juga, sebaiknya Carmudian perlu ‘berkreasi’ di bagian kopling sentrifugal. Salah satunya adalah mengganti kampas kopling dengan punyaan Yamaha N-Max.

Shockbreaker Honda Vario
Shockbreaker Honda Vario desainnya sama, hanya beda ukurannya.

Karena kampas kopling Yamaha N-Max ukurannya lebih panjang dan bisa langsung dipasang. Bidang kampasnya lebih panjang.

Maka cengkeraman ke mangkok koplingnya juga makin baik. Gesekan ini bisa diminimalisir dan gejala gredek yang jadi penyakit bawaan lahir Vario 150 bisa agak hilang. 

Untuk pemasangannya sendiri tinggal pasang saja dan per kampas kopling ganda bawaan Vario 125/150 masih bisa dipakai. 

Memang, harga kampas kopling NMax lumayan mahal, yaitu sekitar Rp350-373 ribu. Supaya pembuangan debu lebih cepat, maka bisa dilakukan modifikasi dengan memberi lubang pada bagian outer clucth (mangkok kopling).

Modifikasi Mesin Honda Vario 150

Buat yang doyan kebut sektor ini paling menarik buat dibahas. Modifikasi sektor mesin emang nggak pernah ada habisnya. Penyakit gredek di atas juga jadi salah satu bagian dari modifikasi mesin.

Itu yang paling mudah dan murah buat mengatasi gredek.  Buat nambahin performa, ada juga nih komponen yang wajib dilihat. Misalnya dengan melakukan bore up pada mesin. 

Ada sebagian orang yang melakukan upgrade Vario 150 menjadi 180 cc. Mereka mengganti blok mesin dan piston lansiran BRT. 

Setelah itu, kepala silinder sedikit dipapas atau bahasa kerennya diporting polish. Tujuannya biar bahan bakar dan udara bisa cepat masuk dan lancar. Otomatis pembakaran jadi lebih sempurna. 

Bagian CVT Vario 150 sering bergetar

Durasi cam juga dibuat naik 2 derajat, enggak heran kompresi jadi makin tinggi. Setelah itu, throttle bodi juga diganti dengan ukuran yang lebih besar. 

Sektor lain yang bisa digali lagi adalah ECU racing dan jeroan CVT yang diganti dengan ukuran 11 gram. Kampas ganda juga bisa diganti dengan peranti aftermarket. 

Biasanya modifikasi di sektor mesin ini punya kisaran Rp5 jutaan. Hasilnya, Honda Vario 150 ini bisa melesat jauh dibanding motor 150 cc lainnya. 

Kalau sudah modifikasi bagian mesin, jangan lupa modifikasi juga bagian cakram dari Honda 150. Karena tenaga mesin makin besar, maka urusan pengereman nggak boleh dikompromi lagi. Biar makin aman dan nyaman juga di jalan kalau suatu saat ngerem mendadak nih. 

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

 

Ganti Pelumas di bengkel
Previous post
Rangsangan Menarik untuk Pemilik Kendaraan Matik dari Federal Oil
Program unggulan IIMS Motobike
Next post
Dibuka Besok, Ini Program Unggulan IIMS Motobike Hybrid Show