BeritaMobil

Rahasia Mitsubishi Bikin New Xpander Dapat Insentif Pajak Emisi Karbon

Jakarta – Beberapa waktu lalu Pemerintah RI memberlakukan peraturan baru untuk pajak yang berdasarkan emisi kendaraan. Atas kebijakan tersebut, berbagai mobil yang dijual di Indonesia pun mengalami kenaikan harga jual.

Aturan tersebut menyebutkan jika besaran pajak yang dikenakan tergantung dari emisi yang dihasilkan. Hal tersebut tertuang dalam Pasal 4 Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 yang direvisi pada PP Nomor 74 Tahun 2001.

Dalam peraturan tersebut disebutkan jika kendaraan bermotor dengan kapasitas mesin di bawah 3.000 cc dan kapasitas kurang dari 10 orang akan mendapatkan PPnBM 15%.

pajak xpander

Itu pun dengan catatan kendaraan tersebut harus memiliki klaim konsumsi BBM di angka 1:15,5 km/liter. Atau emisi karbon yang dihasilkan mencapai angka 150 gram per kilometer yang ditempuhnya.

Jika kendaraan tersebut memiliki konsumsi BBM dari batas tersebut, maka pajaknya akan menjadi lebih besar hingga 20%. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pun memiliki strategi guna membuat Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross punya pajak emisi rendah.

Komponen Efisiensi Bahan Bakar

Menurut Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division PT MMKSI salah satu caranya adalah dengan menambahkan komponen bernama Exhaust Gas Recirculatuion (EGR).

Komponen satu ini mampu memberikan efisiensi bahan bakar yang maksimal dengan emisi rendah. Guntur berpendapat dengan digunakannya EGR akan mampu menekan pajak emisi yang dihasilkan oleh New Xpander dan New Xpander Cross.

pajak xpander

Mitsubishi Xpander Rakitan Malaysia (Foto: Mitsubishi)

“Kami berkeyakinan bahwa Xpander dan Xpander Cross dapat memberikan hasil yang optimum. Kami sedang menunggu antrean dari Kementerian Perhubungan karena antrean panjang untuk uji emisi,” ujarnya kepada Carmudi beberapa waktu lalu.

Selain EGR, pihak MMKSI mengklaim konsumsi BBM Xpander dan Xpander Cross juga lebih baik berkat penggunaan transmisi CVT baru. Selain untuk efisiensi BBM, transmisi tersebut juga diklaim mampu menambah kenyamanan berkendara.

New Xpander kini menggunakan pelek baru berukuran 17 inci, dan Ground clearance-nya menjadi 220 mm setara dengan Xpander Cross.

Selain itu, mobil andalan Mitsubishi ini juga tampil dengan desain bumper depan dan belakang baru, ada pula rear antena, kamera belakang, dan sensor parkir.

Intip pilihan harga terbaik Mitsubishi Xpander di diler terpercaya ini.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Tutus Subronto

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts