Mobil

Ramai Soal Merek Chery, Intip Lagi Harga Mobil China di Indonesia

Beberapa minggu belakangan ramai pemberitaan soal mobil China merek Chery akan kembali ke Indonesia. Jika demikian, itu artinya Chery akan bergabung dengan rekan senegaranya, yaitu Wuling Motors dan DFSK yang sudah eksis di pasar otomotif Indonesia sejak 3 tahun lalu.

Mobil merek China Chery sudah tidak asing lagi di telinga sebagaian masyarakat. Bagaimana tidak, merek tersebut sempat meramaikan pasar otomotif dalam negeri selama 10 tahun, sejak 2006 sampai 2016.

Mobil China Chery

Mobil China Chery kembali ke Indonesia (Foto: Chery Motors Indonesia/ Instagram)

Persaingan di industri otomotif Tanah Air yang begitu ketat, ditambah banyak konsumen yang meragukan kualitas produk Chery, membuatnya terpaksa hengkang.

Berawal dari kisah kelam Chery di Indonesia, terbentuk stigma negatif oleh masyarakat terhadap mobil China, tidak sedikit yang meragukan kualitas dan layananpurna jualnya.

Sering berjalannya waktu, masuklah Wuling Motors dan DFSK yang coba mematahkan stigma negatif dari mobil China.

Siapa sangka, kedua merek tersebut berlomba-lomba memikat konsumen dengan mendatangkan produk-produk berkualitas dan teknologi terbaru dengan harga lebih terjangkau dari mobil merek Jepang.

Tak tanggung-tanggung, baik Wuling Motors dan DFSK sama-sama membangun pabrik mobil di dua lokasi berbeda, sebagai bukti sekaligus komitmen mereka mengembangkan bisnis otomotif di dalam negeri.

Hasil produksi dari pabrik yang mereka miliki tidak hanya diperuntukkan bagi pasar domestik saja, tapi juga ekspor.

Mobil China Chery

Mobil China Chery (Foto: Chery Motors Indonesia/ Instagram)

Keduanya juga gencar melakukan promosi produk dan melebarkan jaringan penjualan dan purnajual di sejumlah wilayah di Indonesia.

Mobil Pertama Wuling Motors

Pada 11 Juli 2017 pabrik Wuling Motors resmi beroperasi dan menjadikan tanggal tersebut sebagai peringatan hari jadinya di Indonesia. Menandai kehadirannya, Wuling Motors meluncurkan mobil pertamanya, yaitu Confero pada Agsutus 2017. Setelah itu, disusul Cortez, Formo dan Almaz.

Sampai saat ini, Wuling Motors masih fokus memasarkan keempat model tersebut. Bukan tidak mungkin di waktu yang akan datang bermunculan mobil-mobil baru dari segmen yang berbeda-beda.

wuling new confero s

Wuling Confero S (Foto: Carmudi)

Berikut ini rentang harga mobil China Wuling Motors dari berbagai model:

  • Wuling Almaz RS Rp345,8 – Rp364,8 juta (sudah termasuk subsidi Mei 2021)
  • Wuling Almaz Rp269,8 – Rp345,8 juta
  • Wuling Cortez CT Rp213,8 – Rp294,8 juta
  • Wuling Confero S Rp154,8 – Rp191,3 juta
  • Wuling Formo Rp143,8 – Rp144,8 juta. (OTR Jakarta)
Mobil Wuling

Wuling Almaz RS (Foto: Wuling)

DFSK Menghadirkan Kendaraan Komersial

Perjalanan DFSK di Indonesia dimulai sejak peresmian pabrik di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten pada 28 November 2017. Pabrik ini memiliki fasilitas lengkap untuk mendukung proses produksi kendaraan yang canggih dengan memanfaatkan teknologi robotik dari proses pencetakan, pengelasan, pengecatan, perakitan, hingga kontrol kualitas kendaraan.

Merek otomotif kenamaan asal China ini menghadirkan sejumlah kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik konsumen di Indonesia. Di mulai dari DFSK Super Cab sebagai kendaraan komersial ringan yang bisa diandalkan untuk mendukung berbagai jenis usaha.

DFSK Super Cab (Foto: DFSK)

Setelah itu, DFSK mulai bermain di segmen kendaraan penumpang dengan menghadirkan sejumlah model SUV, seperti Glory 580, Glory 560, dan Glory i-Auto. Semuanya sudah diproduksi lokal.

Tak cuma itu saja, DFSK juga memperluas jajaran kendaraan komersial dengan mendatangkan Gelora versi mesin konvensional, dan Gelora bertenaga listrik.

Mobil termurah keluaran DFSK di banderol Rp135 jutaan sampai yang termahal berada di angka Rp500 jutaan.

DFSK Glory I-Auto (Foto: Santo/Carmudi)

Untuk lebih lengkapnya berikut rentang harga mobil-mobil DFSK yang masih dipasarkan sampai saat ini.

  • DFSK Gelora Electric Rp480 – Rp510 juta
  • DFSK Glory i-Auto Rp335 juta
  • DFSK Glory 580 Rp252,9 – Rp315 juta
  • DFSK Glory 560 Rp202,5 – Rp252,5 juta
  • DFSK Super Cab Rp135,99 – Rp161 juta
  • DFSK Gelora Rp169 – Rp185 juta. (OTR Jakarta)

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Comments are closed.