Berita Mobil Sumber informasi

Range Rover dan Range Rover Sport Disegarkan, Model Timeless Bertabur Fitur Modern

Penulis: Franciscus Rosano

Jakarta – Salah satu SUV termewah di dunia, Range Rover dan Range Rover Sport, baru saja disegarkan. PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) selaku distributor Jaguar Land Rover di Indonesia meluncurkan versi penyegaran dari Range Rover dan Range Rover Sport.

“Kami telah menunggu selama satu tahun untuk dapat menghadirkan kedua model baru ini di Indonesia,” jelas Roland Staehler, Chief Operating Officer PT WAE.

Range Rover anyar yang dibawa ini adalah generasi ke-4, alias berupa facelift dari Range Rover (Vogue) yang awalnya diperkenalkan pada tahun 2013.

“Hadir sejak hampir 50 tahun yang lalu untuk menemani perjalanan dari perkebunan menuju kota besar. Hingga saat ini Range Rover terus berevolusi untuk menjadi yang terbaik di kelasnya,” tambah Roland.

Sedangkan Range Rover Sport, adalah tipe yang lebih kecil di keluarga Range Rover. Seperti kakaknya, yang dibawa adalah model facelift dari Range Rover Sport generasi kedua yang awalnya diperkenalkan di tahun 2014.

Perubahan Eksterior Minim

Menjaga model timeless yang sudah dibawa oleh nama “Range Rover” sejak 50 tahun lalu, tak banyak perubahan ditawarkan di segi eksterior. Pada bagian depan, New Range Rover mendapat update di bagian bumper depan, kap mesin dan lampu.

Kini lampu SUV termewah Land Rover ini sudah menggunakan teknologi Matrix LED. Mengadaptasi fitur Adaptive Front-lighting System (AFS) dan Advanced Driving Beam (ADB).

Bumper depannya kini menggunakan gril yang motifnya mirip milik Velar. Sedangkan gril radiator terlihat lebih lebar karena menyatu dengan kisi di bagian atasnya.

Sedangkan kap mesin sudah menggunakan bahan aluminium. Penyegaran di samping hanya mengandalkan desain velg baru. Varian LWB (Long Wheel Base) menggunakan diameter 21 inci, SWB (Short Wheel Base) dengan velg 20 inci.

Buritan New Range Rover mengandalkan lampu belakang baru dan bumper bawah yang terintegrasi dengan lubang knalpotnya. Untuk New Range Rover Sport, fascia depan juga mengalami ubahan di penggunaan gril ala Velar, bumper baru dan Matrix LED Headlights.

Sedangkan bagian belakangnya mengalami penyegaran pada bagian bumper dan lampu yang baru.

Interior Mirip Velar

Seperti Velar, Range Rover dan Range Rover Sport menerima perubahan krusial untuk membuat desain timeless-nya. Seakan berpadu dengan fitur yang canggih nan modern.

Kedua mobil kini menerima sistem hiburan kabin Touch Pro Duo. Dua layar high definition 10 inci yang disuguhkan di bagian tengah terlihat membuat bagian fascia dan kondol tengah lebih simpel.

Begitu juga panel instrument cluster yang sudah menggunakan layar full digital dan kendali di setir dengan tombol kapasitif . Ini dapat berubah sesuai fungsi yang sedang digunakan.

Ada juga fitur Air Cabin Ionisation dengan teknologi nanor komponen untuk memberantas partikel-partikel virus di dalam kabin. Yang cukup unik, keduanya mendapatkan fitur Auto Gesture Sunblind yang dapat membuka penutup panoramic sunroof hanya dengan gerakan tangan saja.

Khusus Range Rover baru varian LWB, jok belakang diperbarui dengan model Executive Class dengan support yang lebih tebal dan kemampuan recline elektrik sejauh 40 derajat. Varian LWB juga mendapatkan legroom tambahan di belakang sejauh 186 mm.

Mesin 3.0L V6 Supercharged

Sama seperti sebelumnya, New Range Rover dan Range Rover Sport ini menggunakan mesin yang lebih kecil di pasar global.

Pilihan jantung yang digunakan jatuh kepada mesin bensin V6 2.995 cc yang dilengkapi pemasok udara Supercharger. Total tenaga yang dihasilkan pada Range Rover Sport, Range Rover SWB dan Range Rover LWB adalah 335 hp (340 ps) di 6.500 rpm dan torsinya 450 Nm di 3.500-5.000 rpm.

Semua model juga menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan dan menyambungkan tenaga mesin tadi ke empat roda sekaligus. Klaimnya, Range Rover Sport dapat mencapai angka 100 km/jam dalam 7,2 detik, Range Rover SWB dalam 7,4 detik dan Range Rover LWB dalam 7,8 detik.

Sedangkan khusus Range Rover, mendapatkan juga fitur Seven-Mode Terrain Response yang berisi mode Dynamic, Eco, Comfort, GGS, Mud/Ruts, Sand dan Rock Crawl.

Harga dan Varian

New Range Rover MY2018 tersedia dalam dua tipe. Versi SWB atau Short Wheel Base dibanderol seharga Rp 3,699 miliar off the road. Sementara  versi LWB alias Long Wheel Base seharga Rp 4,199 miliar off the road.

Sedangkan untuk Range Rover Sport hanya tersedia dalam satu tipe saja. Range Rover Sport 3.0 dijual dengan harga Rp 2,999. Apakah Range Rover facelift hanya tersedia dalam varian bermesin bensin saja?

“Untuk diesel ada di luar negeri, kenapa di Indonesia belum dibawa karena tingkat penerimaan untuk premium market bermesin diesel lebih sedikit dibanding bensin,” ujar Tommy Handoko, Product Manager PT WAE.

Namun dijelaskan, versi dengan mesin tanpa busi ini tentu dapat dipesan jika ada konsumen yang menginginkan.

“Sebagai catatan, untuk diesel 3.0L bila dimasukkan ke Indonesia akan dikenakan pajak jauh lebih mahal hampir 2 kali lipat dibanding yang dijual sekarang,” tambahnya lagi.(dol)

Spesifikasi

Spesifikasi             Sport               SWB            LWB
Mesin AJ126
Jumlah Silinder V6
Teknologi Mesin Supercharger, VCT, Direct Injection
Kapasitas Mesin 2.995 cc
Tenaga Maksimum 335 hp (340 ps) @ 6.500 rpm
Torsi Maksimum 450 Nm @ 3.500-5.000 rpm
Transmisi Otomatis 8-percepatan (Torque Converter)
Layout Mesin Mesin Depan Penggerak Empat Roda
Kapasitas Tangki 105 liter
Panjang 4.879 mm 5.000 mm 5.200 rpm
Lebar 2.073 mm
Tinggi 1.802 mm 1.869 mm 1.869 mm
Wheelbase 2.923 mm 2.922 mm 3.120 mm
Sistem Kemudi Electro-Hydraulic Power Assisted Steering
Radius Putar 6,25 m 6,35 m 6,7 m
Ground Clearance 213 mm 220 mm 220 mm
Suspensi Depan Air Suspension
Suspensi Belakang Air Suspension
Ban 21 inci 20 inci 21 inci

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts

/