Home » Berita » Rapor Penjualan Mobil Daihatsu Selama 4 Bulan, Sigra Masih Mendominasi

Rapor Penjualan Mobil Daihatsu Selama 4 Bulan, Sigra Masih Mendominasi

Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.
Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.

Jakarta – Penjualan mobil secara nasional sepanjang kuartal pertama, Januari-Maret 2020 bisa dikatakan masih stabil. Akan tetapi sejak wabah virus corona menyebar di Indonesia, penjualan mobil mengalami kemerosotan. Terlebih adanya penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk meminimalisir penyebaran virus membuat penjualan mobil, khususnya Daihatsu mendapat tantangan yang tidak mudah.

Walaupun secara volume penjualan mobil secara nasional mengalami penurunan, tetapi penjualan mobil Daihatsu selama empat bulan terakhir (Januari-April) mengalami kenaikan secara market share (pangsa pasar).

Berdasarkan data penjualan retail selama empat bulan pertama di 2020, Daihatsu mencatat telah menjual sebanyak 44.346 mobil. Angka tersebut membuat Daihatsu meraih pangsa pasar 18,2% dari volume retailsales (distribusi mobil dari diler ke konsumen) nasional 243.634 unit.

Sedangkan dari sisi wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) sebanyak 49.443 unit dengan pangsa pasar 20,2% dari volume wholesales nasional 244.762 unit.

Penjualan retail Daihatsu selama 4 bulanan masih dikuasai oleh Sigra. Mobil yang bermain di segmen Low Cost Green Car (LCGC) seven seater ini masih mendominasi penjualan mobil Daihatsu dengan total unit terjual sebanyak 12.868 unit atau berkontribusi sebesar 29% dari total retailsales Daihatsu.

Kemudian diikuti oleh Gran Max (PU) yang terjual sebanyak 8.805 unit (19,9%), dan Terios 7.131 unit (16,1%). Selanjutnya, Ayla menyusul dengan angka 5.332 unit (12,0%), Xenia 5.092 unit (11,5%), dan Gran Max (MB) 3.911 unit (8,8%). Sedangkan untuk model Daihatsu lainnya, seperti Luxio dan Sirion menorehkan penjualan gabungan sebanyak 1.207 unit (2,7%).

Sampai dengan saat ini, Daihatsu masih menghentikan sementara beberapa operasional diler dan pabrik dalam rangka mengikuti kebijakan PSBB yang ditetapkan oleh pemerintah pusat maupun daerah.

Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhadap pandemi corona ini cepat berakhir dan ekonomi kembali pulih supaya angka penurunan penjualan mobil bisa ditekan.

“Kami prihatin dengan kondisi pasar yang saat ini mengalami penurunan secara drastis akibat wabah Covid-19. Kami berharap kondisi ekonomi Indonesia ini dapat segera pulih dan pasar otomotif dapat bangkit dan berkembang kembali,” ujar perempuan yang akrab disapa Amel itu dalam keterangan resminya.

Pangsa Pasar Daihatsu Sigra Tinggi Sejak 2 Tahun Lalu

Posisi penjualan Dihatsu Sigra masih berada di puncak, belum tergoyahkan dengan produk Daihatsu lainnya. Menariknya Sigra juga menjadi pemimpin di segmen LCGC secara nasional.

“Daihatsu Sigra market share-nya masih tinggi. Sebenarnya Sigra tertinggi bukan tahun ini saja tetapi sudah sejak 2 tahun lalu. Sigra menjadi pilihan bagi banyak Konsumen Daihatsu. Pandemi covid tidak membuat Sigra ataupun Xenia tumbuh, keduanya turun secara volume. Tetapi secara persentase Sigra tetap sampai sekarang menjadi dominasi penjualan Daihatsu,” terang Amel.

Harga Daihatsu Sigra Mei 2020 (OTR Jakarta)

  • Sigra varian 1.0 D MT Rp119,5 juta
  • Sigra varian 1.0 M MT Rp129,9 juta
  • Sigra varian 1.2 X MT Rp139,25 juta
  • Sigra varian 1.2 X AT Rp152,05 juta
  • Sigra varian 1.2 X MT Deluxe Rp144,75 juta
  • Sigra varian 1.2 X AT Deluxe Rp157,55 juta
  • Sigra varian 1.2 R MT Rp145,65 juta
  • Sigra varian 1.2 R AT Rp158,45 juta
  • Sigra varian 1.2 R Deluxe MT Rp149,45 juta
  • Sigra varian 1.2 R Deluxe AT Rp162,25 juta.

 

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Leasing Ketat, Pembelian Tunai Mobil Honda Meningkat
Toyota Sienna, MPV mewah nan canggih
Next post
Toyota Sienna, MPV Mewah nan Canggih Bermesin Hybrid

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *