BeritaEventMobil

Rasakan Toyota New Agya Keliling Kota Bandung

Bandung – Setelah meluncur 7 april 2017 lalu, Toyota Agya yang bermain di segmen Low Cost Green Car (LCGC) masih mempunyai taji untuk melawan beberapa kompetitornya. Mobil yang memang cukup dinanti banyak orang ini telah mengalami beberpa penyegaran baik interior maupun eksterior.

New Toyota Agya sempat dipamerkan di ajang IIMS 2017 yang telah berakhir belum lama ini. Bahkan pihak Toyota Astra Motor mengajak beberapa media termasuk Carmudi Indonesia merasakan sensasi mengemudi Toyota Agya.

Berkeliling Kota Bandung, bertajuk Totally You Experience-Media Test Drive pada akhir pekan kemarin. Dengan mengandalkan banyak perubahan apakah new toyota agya ini mampu bertahan dengan harga yang cukup tinggi di kelasnya.

Berbicara design perubahan terjadi lebih banyak di luar, mulai dari lampu depan yang sudah projector headlamp, gril yang terlihat lebih stylish di dukung dengan bumper mirip senyum joker. Lampu belakang bebentuk L yang sudah LED dan juga sudah ada sensor mundur untuk type G 1.2 ini.

Sementara salah satu fitur baru pada mobil ini adalah fitur voice command yang terhubung dengan audio dan bisa dikoneksikan dengan Bluetooth jika ingin bertelepon ria. Seluruh speaker akan menjadi speaker telepon Anda. Selain itu ada juga audio steering jadi lebih mudah untuk mengatur head unit.

Kursi barisan pertama mempunyai ranjangan baru dengan new semi bucket, membuat bangku lebih tebal dan makin nyaman baik untuk pengemudi maupun penumpang depan. Untuk menambah kenyamanan, bangku baris kedua new Toyota Agya juga sudah dilengkapi head rest untuk seluruh penumpang.

Sayangnya mobil bila new Toyota Agya ini lingkar kemudinya dilengkapi dengan tilt dan telescopik akan mempunyai nilai plus di kelas LCGC. Memang jarang tetapi mengingat ukuran sebuah city car seharusnya toyota juga dapat menyediakan head adjuster.

Impresi Berkendara Toyota new Agya

Nah di bagian ini pasti yang paling ditunggu karena hal paling utama yang sangat berasa perubahan yaitu pada suara mesin yang menjadi lebih halus. Dengan improvement dari mesin menjadi 4 silinder serta peredam yang lebih baik di bagian dashboard.

Mengambil start dari jalan Pasteur, Carmudi Indonesia siap di belakang lingkar kemudi dan tanpa banyak menggeser bangku kebelakang. Dengan tinggi 170 cm dengan postur cukup gembul masih mempunyai ruang untuk mengemudi dengan nyaman.

Melaju dengan kecepatan sedang, goncangan tidak begitu terasa apalagi membelah kemacetan masih nyaman melaju. Dengan bodi kompaknya, mobil ini nyaman diajak bermanuver, terutama saat menyalip di jalanan sempit.

Bahkan saat harus mengambil jalur balik arah, New Agya sudah dilengkapi Electric Power Streering (EPS) ditambah dengan radius putar 4.4 m. mobil langsung berbalik arah tanpa harus mundur maju, mundur maju.

Dengan menggunakan type mesin yang sama dengan Calya yaitu 3NR New Agya ini dapat melaju cukup baik, dengan ukuran yang lebih kecil serta di dukung dengan 1200cc semua dapat di atasi dengan baik. Satu lagi improvmend yang baik dari toyota adalah suspensi yang menjadi lebih baik dan lebih enak di kontrol.

New Toyota Agya

Mesin baru Toyota Agya. Foto/Carmudi Indonesia.

Meskipun jalanan di Kota Bandung macet, namun berkat kabin yang lapang, mengendarai Toyota Agya tidak cepat lelah. Anda bisa mengistirahatkan kaki kiri dengan berbagai cara. Ditambah lagi dengan suara musik yang keluar dari audio 2-DIN, dengan konektor USB dan AUX. Pastinya pendingin yang menghasilkan udara yang sejuk.

Toyota new Agya

Interior baru Toyota new Agya. Foto/Carmudi Indonesia.

Ada yang unik sebuah fitur berupa alarm (5 waktu) bisa Anda setel untuk pengingat waktu sholat, meeting, atau pun janjian dengan klien dan kolega bisnis. Ada juga fitur lain, seperti eco-diving dan informasi konsumsi bahan bakar rata-rata. Indikator eco-driving akan menyala jika pengemudi dinilai mengemudikan mobil dengan irit.

Bila Carmudian ingin Toyota Agya lebih irit, tinggal tekan eco driving. Caranya, tekan tombol untuk memilih menu yang ditampilkan pada multi Information display (MID), setelah dapat menu ECO aktifkan dengan cara menekan tombol tersebut sambil ditahan agak lama, begitu juga caranya ketika ingin dinonaktifkan. (Dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts