Berita Mobil Sumber informasi

Ratusan Ribu Mobil Honda di Indonesia Kena Recall, Honda Jazz Paling Banyak!

Airbag

7 model Honda terdampak masalah airbag dan harus di recall/Foto : Google

Jakarta – Baru saja Honda heboh dibicarakan dengan rencana hadirnya CR-V terbaru. Kini datang lagi berita heboh lainnya soal Honda. Kali ini bukan isu produk baru, tapi soal recall.

Honda Indonesia mengumumkan kampanye recall penggantian komponen airbag inflator pada beberapa model Honda di Indonesia, akibat daya mengembang airbag yang berlebih (over deployment) sehingga dapat mencederai penumpang.

Honda Indonesia menyebut kampanye ini sebagai bagian dari program global yang dijalankan oleh Honda Motor Co., Ltd. demi memastikan standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi pada seluruh produknya.

“Kampanye ini merupakan bagian dari program global yang dijalankan oleh Honda Motor.Co.Ltd. untuk menjamin kualitas tertinggi pada setiap produk Honda yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia. Konsumen yang kendaraannya terdampak berhak mendapatkan penggantian komponen untuk memastikan kendaraannya berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi,” sebut Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director Honda Prospect Motor.

Program recall Honda ini sendiri memang bukan kali pertama. Beberapa tahun belakangan ini Honda memang selalu bermasalah dengan airbag, khususnya buatan Takata. Bahkan recall kali ini pun merupakan program lanjutan yang pernah ada sebelumnya.

Penggantian Komponen Airbag Secara Gratis

Airbag

Airbag mengembang secara berlebih menyebabkan kemungkinan cedera pada pengemudi dan penumpang/Foto : Google

Recall menjadi sebuah bentuk tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya benturan yang menyebabkan airbag mengembang secara berlebih (over deployment) akibat tekanan gas yang berlebihan, dan berpotensi membahayakan penumpang depan.

Proses penggantian kompone inflator berlangsung mulai Senin, 10 April 2017 dan dilakukan secara bertahap di seluruh dealer resmi Honda. Konsumen yang mobilnya masuk dalam daftar recall tinggal datang dan meluangkan waktu kurang lebih 1-2 jam untuk proses penggantian. Dan ingat, seluruh proses penggantian inflator ini gratis.

Selain itu, pihak dealer Honda juga akan pro aktif mengirimkan surat pemberitahuan langsung kepada para pemilik mobil yang teridentifikasi. Atau kalau konsumen mau berinisiatif, bisa memeriksakan sendiri kendaraannya lewat https://www.honda-indonesia.com/news-room/product-update.

Atau hubungi dealer resmi Honda terdekat untuk mendaftarkan kendaraannya dan bisa juga menghubungi Honda Customer Care di toll free 0-800-11-22-789 dari hari Senin-Jum’at, pukul 09.00 s/d 17.00 WIB.

172.874 Unit Honda Terdampak

Airbag

Airbag mengembang/Foto : Google

Dalam kampanye recall kali ini, kendaraan terdampak jumlahnya sangat lumayan, mencapai sekitar 172.000 unit melibatkan 7 model. Adapun tahun produksi mulai dari 2004 sampai 2012. (Zie)

Berikut list model Honda yang kena program recall :

  1. 12.006 unit Honda Accord produksi tahun 2003-2012
  2. 9.267 unit Honda City produksi tahun 2009-2012
  3. 4.829 unit Honda Civic produksi tahun 2009-2011
  4. 44.650 unit Honda CR-V produksi tahun 2009-2012
  5. 62.691 unit Honda Jazz produksi tahun 2009-2012
  6. 38.590 unit Honda Freed produksi tahun 2009-2012
  7. 841 unit Honda Odyssey produksi tahun 2004-2008

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/