Home » Berita » Rawan Laka-Lantas, Tol Fungsional Sebaiknya Dilengkapi Lampu Penerangan

Rawan Laka-Lantas, Tol Fungsional Sebaiknya Dilengkapi Lampu Penerangan

Surabaya – Kemudahan dalam melaksanakan mudik dan arus balik lebaran tahun ini memang dirasakan cukup mudah. ioperasikannya beberapa tol fungsional mampu mengatasi kemacetan di ruas jalur arteri sehingga pemudik bisa sampai di tujuan dengan lebih cepat.

Tol Fungsional
Minimnya sarana penerangan jalan di tol fungsional sangat berbahaya bagi pemudik yang melintas . Foto/Katadata.

Meski belum sempurna 100 persen, jalur fungsional yang ada saat ini sangat memadai untuk dilalui oleh ribuan kendaraan. Baik yang menuju Jawa Tangah dan Jawa Timur saat mudik, maupun yang menuju Jawa Barat dan Jakarta saat arus balik.

Kurang Penerangan

Ditambah lagi dengan fasilitas rest area dadakan di sepanjang tol fungsional, juga terasa sangat membantu mengembalikan kondisi dan stamina para pemudik. Sayangnya, untuk urusan penerangan, jalur fungsional ini terasa sangat minim, sehingga rawan menimbulkan kecelakaan karena kurangnya visibilitas saat berkendara.

Hal ini sempat diungkapkan Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Machfud Arifin bebera[pa waktu lalu. “Pembukaan jalur fungsional sebaiknya diimbangi dengan fasilitas jalan, utamanya fasilitas lampu jalan untuk penerangan di malam hari. Jika tidak ada penerangan dikhawatirkan bisa membahayakan pengendara,” ujarnya.

Sebelumnya pihak Dirlantas Polda Jawa Timur memberlakukan dua arah di ruas Wilangan – Kertosono untuk mengurai kepadatan di ruas arteri. Tak hanya itu, batas waktu masuk jalur fungsional yang awalnya diberlakukan pukul 06.00 hingga pukul 17.00, diperpanjang hingga malam hari.

Disinilah fungsi lampu penerangan tersebut dibutuhkan. Apalagi diakui Machfud ada beberapa titik rawan kemacetan seperti di Jembatan Sungai Brantas dan Jembatan Avur Besuk, desa Bandarkedungmulyo.

 

Previous post
Seabad Lebih Harley-Davidson, Sejarah Berawal Dari Sepeda Jengki
Next post
Yamaha RX-King dan Kawasaki Ninja 150, Motor 2-Tak Legendaris yang Kian Mahal