Home » Berita » Recall BMW Diesel 1,6 Juta Unit di Seluruh Dunia, Ada Potensi Terbakar

Recall BMW Diesel 1,6 Juta Unit di Seluruh Dunia, Ada Potensi Terbakar

Ilustrasi model BMW (Foto: Carscoops)

Munich – Jumlah model BMW yang bermasalah kian banyak. Baru-baru ini BMW mengumumkan recall BMW diesel setidaknya sebanyak 1,6 juta unit di seluruh dunia.

Sebelumnya pada Agustus lalu, raksasa Jerman yang berbasis di Munich juga telah melalukan recall BMW diesel sebanyak 480.000 unit di Eropa dan Asia untuk menjalani perbaikan.

Menurut BMW pada recall BMW diesel ini, setelah dilakukan investigasi mendalam ditemukan bahwa ada kebocoran cairan pendingin dari komponen exhaust recirculation.

Cacat produksi ini dapat membuat percikan api bahkan intake manifold bisa meleleh. Dalam kasus yang lebih ekstrim, dapat membuat kobaran api yang lebih besar. Demikian seperti dilansir dari Carscoops.

Sementara itu pemerintah Korea Selatan (Korsel) sebelumnya juga telah memutuskan untuk melarang warganya mengendarai mobil BMW sampai penyelidikan dan perbaikan selesai dilakukan oleh BMW.

Langkah itu terpaksa diambil karena pemerintah telah menerima laporan sekira 39 mobil BMW terbakar sepanjang tahun ini di Korsel. Video-video BMW yang habis dilalap api menjadi viral dan membuat polisi Korsel menyerbu kantor pusat BMW di Seoul untuk dilakukan pemeriksaan.

Pabrikan elit Jerman itu mengakui bahwa terdapat beberapa model BMW yang mengalami cacat produksi di sistem pembuangan atau knalpot mobil.

Berdasarkan data terakhir yang dimiliki BMW Korsel, terdapat 27 ribu lebih mobil BMW yang belum menjalani pemeriksaan di bengkel resmi. Tidak hanya di Korsel, rupanya masalah yang sama juga melebar sampai Eropa.

Setelah pengumuman larangan menggunakan mobil BMW oleh pemerintah, BMW Korsel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan secara aktif bekerja sama dengan pemerintah, bertanggung jawab dan melakukan inspeksi sampai tuntas.

Semua mobil yang bermasalah didukung oleh mesin diesel empat dan enam silinder. Sedangkan tahun produksinya antara Agustus 2010 dan Agustus 2017.

Mobil Listrik BMW Juga Berpotensi Terbakar

Bukan hanya mobil bermesin diesel saja, baru-baru ini BMW Amerika Serikat melakukan penarikan terhadap ribuan model listrik BMW.

Berdasarkan temuan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau badan administrasi keamanan lalu-lintas Amerika Serikat, ribuan mobil listrik BMW berpotensi terbakar hingga risiko cedera atau bahkan kematian.

Menurut informasi yang diungkapkan NHTSA, cacat produksi pada perangkat kapasitor pengisian daya baterai atau TurboCord Portable Chargers pada mobil listrik BMW adalah masalahnya.

Hasil temuan tersebut menyebabkan BMW harus menarik 3.501 unit mobil listrik. Diberitakan Insideevs, setidaknya ada 11 model mobil listrik BMW dan satu MINI yang terindikasi mengalami masalah.

Tujuh di antaranya adalah model 2018 seperti BMW 330e iPerformance, i3 Rex, i3 Sport Rex, X5 xDrive40e, i3 BEV, i3 Sport BEV dan MINI Cooper Countryman SE All4 PHEV.

Sedangkan sisanya merupakan model 2019. Meliputi BMW i8 dan i8 Roadster, 530e iPerformance, 530e xDrive iPerformance dan 740Le xDrive iPerformance. (dna)

39 Mobil Terbakar, Pemerintah Negara Ini Larang Warganya Kendarai BMW

PTWI
Previous post
Pengusaha Angkutan Wisata Curhat Soal Regulasi Peremajaan Kendaraan Angkut
IDE 2018
Next post
Pameran Diecast Terbesar di Indonesia, Datangkan Jun Imai Mantan Desainer Hot Wheels