Modifikasi

Referensi Modifikasi Toyota Rush Supaya Nggak Norak

Toyota Rush maupun Daihatsu Terios yang masuk ke dalam segmen LSUV dinilai punya desain yang oke untuk dilakukan modifikasi.

Sebenarnya dalam melakukan modifikasi Toyota Rush dan Daihatsu Terios ini tak terlalu sulit. Sayangnya, banyak pemilik yang kerap ‘salah langkah’ dalam melakukan ubahan tampilannya.

Alih-alih ingin terlihat keren, namun mobil tersebut justru kelihatan norak dan kurang sedap dipandang.

Agar para pemilik tak salah langkah, kami ingin memberikan beberapa referensi modifikasi Rush dan Terios agar bisa terlihat elegan dan mewah.

Modifikasi Rush dan Terios

Alto / Off Road

Salah satu aliran modifikasi yang cukup digandrungi para pemilik Rush dan Terios yakni Alto atau bergaya off-road. Gaya modifikasi ini jadi salah satu yang paling cocok diaplikasikan ke mobil berkapasitas 7 penumpang ini.

Ground clearance Terios dan Rush terbilang cukup tinggi. Selain itu, gaya alto dianggap mampu memberikan kesan tangguh dan macho pada mobil ini.

Untuk memodifikasi menjadi gaya alto, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan fokus melakukan ubahan pada sektor kaki-kaki.

modifikasi rush

Suspensi depan dan belakang bisa menggunakan lift kit agar mobil menjadi lebih tinggi. Untuk mempertegas kesan tangguh, pelek bawaan pabrik bisa diganti ke model aftermarket atau menggunakan pelek kaleng.

Sekadar info, pelek bawaan Rush dan Terios memakai ukuran 16 inci. Jika ingin memodifikasi gaya alto, disarankan tetap memakai pelek ukuran 16 inci atau diturunkan menjadi 15 inci.

Setelah itu, ban bisa menggunakan tipe AT yang biasa digunakan oleh SUV. Cara ini menjadi yang termudah untuk mengubah tampilan mobil standar menjadi gaya alto.

Jika ingin mempertegas kesan off road, bisa menambahkan lampu kabut di bumper depan. Jangan lupa membuat bumper tambahan yang bisa dibuat secara custom maupun membeli merek aftermarket.

Rally Look

Aliran modifikasi yang juga cocok diaplikasikan pada Rush dan Terios yakni rally look. Aliran ini sebenarnya hampir mirip dengan tema alto, namun pelek dan jenis ban yang digunakan berbeda.

Jika tak ingin mengubah seting kaki-kaki, Carmudian bisa mengganti pelek dan ban untuk bergaya rally look. Biasanya diameter pelek rally yang cocok ditancapkan pada Rush dan Terios berkisar di 15 dan 16 inci.

Beberapa pelek yang sering dipakai di antaranya seperti Sparco Cromodora, OZ Rally Racing, Evocorse Fondmetal, Compomotive, OZ Sport Superturismo, OZ Sport Superturismo GT Grigio Corsa, dan masih banyak lagi.

Untuk ban yang bisa dipakai umumnya memiliki bentuk mengotak dengan tapak bermotif kotak. Walaupun hanya mengganti pelek dan ban, tetapi tampilan mobil bisa berubah 180 derajat jika sudah dipasang.

Modifikasi Rush dan Terios ala Stance

Lalu gaya modifikasi yang bisa dipilih yakni bergaya stance, atau ceper. Biasanya aliran modifikasi ini lebih sedikit diaplikasikan pada Rush dan Terios.

Maklum, sebagai mobil LSUV tentu akan lebih cocok menggunakan gaya rally atau alto. Tapi buat Carmudian yang ingin tampil beda, tetap bisa kok mengadopsi aliran modifikasi ini.

Jika kedua aliran modifikasi di atas lebih fokus meninggikan kaki-kaki, maka pada stance ini lebih fokus mendekatkan dek mobil ke tanah. Semakin pendek mobilnya akan semakin ‘indah’ dipandang jika ingin menggunakan gaya stance.

Diameter pelek yang digunakan disarankan memakai yang ukurannya besar. Misalnya menancapkan pelek berukuran 17 atau 18 inci.

Sementara lebar pelek yang cocok untuk menggunakan gaya modifikasi ini biasanya berkisar di 7 inci hingga 8 inci. Kalau terlalu lebar, pastikan Carmudian sudah mengakali bagian fender agar tidak mentok dengan sokbreker.

Umumnya gaya stance menggunakan pelek yang lebih menonjolkan lips yang lebar dan mengkilap. Profil bannya pun juga akan menjadi tipis agar mobil bisa terlihat pendek ketika dilihat dari sisi samping.

Pelek yang dipakai pun beragam, bisa menggunakan pelek tuner dari BMW atau Mercedes-Benz. Pakai pelek asal Jepang juga oke, asalkan spesifikasinya sesuai dengan gaya modifikasi stance.

Modifikasi Rush dan Terios Gaya Retro

Beberapa tahun terakhir, gaya modifikasi ala retro cukup ramai digandrungi. Pertanyaannya, Terios dan Rush bisa nggak sih dimodifikasi gaya retro?

Jawabannya tentu bisa dong! Untuk bisa melakukan modifikasi Rush dan Terios dengan gaya retro, Carmudian bisa memulainya dari bagian pelek.

Pilih pelek yang cukup tren di era 1980-an dan 1990-an. Tujuannya supaya mendapatkan gaya retro yang cukup dalam.

Modifikasi Digital

Selain itu Carmudian juga bisa memasangkan livery stiker di bagian belakang sisi samping mobil. Jika memakai Toyota Rush, carilah livery Toyota yang cukup jadul untuk diaplikasikan.

Gaya retro salah satunya identik dengan penggunaan antena otomatis yang bisa naik turun, lampu Hella tiang di kaca belakang, krey pada kaca samping, dan aksesoris lain yang biasanya meramaikan interior mobil.

Jangan lupa memasangkan kaca film bening sebagai salah satu ciri khas mobil retro. Kaca film bening ini bisa menggunakan warna kehijauan atau kebiruan untuk menambah kesan elegan. 

Simpel Elegan

Gaya modifikasi Rush dan Terios selanjutnya bisa mengadopsi konsep simpel elegan. Untuk bisa menggunakan konsep ini sebenarnya tak terlalu sulit juga, kok.

Jika tak ingin mengganti pelek dan mempertahankan orisinilnya, Carmudian bisa mengubah sedikit warna pada bumper dan aksen hitam yang ada di bodi. 

Misalnya aksen hitam doff yang ada di mobil seluruhnya diganti dengan warna senada bodi. Tujuannya untuk menghasilkan warna yang sama antara bumper dan bodi. 

Cara ini bisa digunakan untuk menanggalkan kesan gahar yang ada pada tubuh Rush dan Terios. Kaca film sisi samping depan bisa diganti dengan model bening kehijauan, sementara sisanya dibiarkan hitam agar terlihat seperti mobil CBU atau impor.

Atau kalau mau menambahkan aksen krom pada bagian ujung knalpot juga oke, kok. Yang terpenting jangan terlalu berlebihan menambahkan aksen krom.

Catatan Penting Sebelum Modifikasi Rush

Sebelum melakukan modifikasi, ada baiknya mempersiapkan konsep terlebih dahulu. Tujuannya agar mendapatkan hasil yang sempurna.

Hindari penambahan aksesoris yang berlebihan karena bisa membuat tampilan menjadi kurang sedap dipandang. Tak hanya itu, hasil modifikasi yang norak bisa membuat mobil Carmudian terkena cibiran dari orang di jalanan.

Misalnya memasang banyak sekali aksesoris krom, doff, ataupun stiker di bagian bodi mobil. Alih-alih bukannya terlihat keren, tetapi justru kelihatan norak.

rush

Ingat juga konsekuensi ketika melakukan ubahan pada sektor kaki-kaki. Ketika ingin melakukan modifikasi gaya alto, otomatis ukuran pelek dan ban berubah menjadi lebih besar.

Efeknya lama kelamaan, bagian kaki-kaki akan lebih cepat rusak jika sering menghantam lubang ketika sedang melaju. Sebaiknya berjalan pelan sembari mengerem ketika melewati lubang agar komponen kaki-kaki lebih awet.

Sementara modifikasi kaki-kaki gaya stance atau ceper, akan mengurangi kenyamanan berkendara. Bantingan suspensi akan terasa keras, bagian pelek dan ban juga berpotensi gesrot ke fender.

Yang namanya modifikasi tentu ada resiko, walaupun terbilang kecil. Yang terpenting, Carmudian sudah memahami konsekuensi tersebut sebelum melakukan modifikasi. 

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts