MobilTips dan Trik

Referensi Velg dan Ban Untuk Honda Civic Turbo

Jakarta – Honda Prospect Motor (HPM) menggemparkan Tanah Air dengan meluncurkan Honda Civic Turbo. Tidak hanya mesin saja yang menjadi perbincangan hangat. Eksteriornya pun bisa dikategorkan kece.

Tapi bagi sebagian orang, terutama yang memiliki interest dengan duina otomotif, pasti ada saja hasrat untuk membuat mobilnya untuk semakin terlihat menarik.

Mengganti velg dan ukuran ban menjadi salah satu modifikasi yang umum dilakukan oleh para pecinta otomotif. Bahkan untuk para modifikasi pemula, velg dan ban adalah salah satu item yang dilirik untuk “di dandani”.

Namun mengganti velg dan ban ternyata tidak hanya mempertimbangkan soal style, kenyamanan juga menjadi hal yang penting untuk dipikirkan. Mengetahui batas maksimum ukuran ban adalah hal penting untuk kalian ketahui.

Ban pada mobil layaknya sepatu, jika ukurannya tidak pas pasti akan mengganggu kenyamanan saat kita berkendara.

Civic Turbo

Honda Civic Turbo masih bisa dijejali velg berukuran 20 inci (Carmudi Indonesia – Amel)

Sama halnya dengan mengganti ukuran velg, kesalahan dalam memperhitungkan ukuran, dapat menyebabkan masalah. Sebut saja kerusakan pada kaki-kaki. Bahkan yang paling ekstrem, dapat mengakibatkan kecelakaan.

Mengapa bisa terjadi kecelakaan? Sebab, ukuran velg dan ban yang terlalu besar dapat mengganggu performa handling.

Nah kalau kalian telah memutuskan untuk mengganti velg standard kalian, jangan terburu nafsu melihat model yang ditawarkan oleh produk-produk aftermarket.

Perhatikan beberapa faktor di bawah ini:

MATERIAL

Velg standard biasanya terbuat dari material baja dan alloy. Sedangkan velg-velg aftermarket biasanya terbuat dari jenis logam ringan. Sebut saja billed steel, magnesium, forged alloy.

Dengan menggunakan material yang sesuai, otomatis bobot keseluruhan mobil akan lebih ringan namun tidak mengesampingkan kualitas dan daya tahan velg itu sendiri.

Secara tidak langsung dapat mengurangi konsumsi bbm. Sebab dengan kaki-kaki yang ringan, beban kerja mesin pun akan berkurang.

MODEL

Tak dapat dipungkiri mengganti model velg dapat merubah tampilan sebuah mobil. Sebaiknya disesuaikan juga dengan kebutuhan dan selera kalian.

Mau dibawa kemana aliran modif kalian? Off road, touring, sporty, atau elegance? Velg tetap menjadi item penting yang dapat mempertegas tampilan modifikasi kalian

SPESIFIKASI

Pertama adalah Pitch Center Diameter (PCD). Setiap velg mempunyai ukuran PCD masing-masing. Ukuran PCD ini dapat dilihat pada spesifikasi yang tertera di velg. Kalau tertera 4×100 berarti, velg itu memiliki 4 lubang baut dengan PCD 100mm.

Selanjutnya ukuran jarak antara bagian dalam tengah velg dengan permukaan mounting velg pada kaki mobil. Biasanya disebut offset. Semakin kecil nilai offset maka bibir luar velg akan semakin keluar dari fender dan sebaliknya.

Terakhir spesifikasi yang harus diperhitungkan adalah ukuran diameter dan lebar velg. Sebab setiap mobil memiliki batas maksimal. Sebaiknya peningkatan ukuran velg masih dalam batas toleransi, yaitu sebanyak 3 tahap atau biasa disebut up size +3.

“Sejauh ini pakai velg ukuran 20 inci masih aman sih, tapi gak diturunin. Soalnya garasi dirumah gak memungkinkan”, ungkap Dony, salah satu anggota komunitas Civic Turbonesia.

Untuk para pengguna Civic Turbo jangan terburu-buru untuk membeli velg yang bagus. Sebaiknya perbanyak sharing dengan para pengguna Civic Turbo lainnya. Seperti join dengan komunitas atau sharing di media sosial.

(Penulis: Rezky Amelia)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts