Berita Mobil Sumber informasi

Regulasi LCGC Jilid Dua Sudah Sampai Mana?

All New Honda Brio Satya - Eksterior (Carmudi/Fransiscus Rosano)

All New Honda Brio Satya – Eksterior (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Jakarta – Sudah lama rencana pemerintah untuk segera menerbitkan regulasi Program Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar (KBH2). Atau lebih dikenal dengan Low Cost Green Car (LCGC) jilid dua. Namun sampai saat ini belum ada tanda-tanda bakal diterbitkan.

Ini merupakan lanjutan dari LCGC jilid pertama yang sudah diperkenalkan 2013 lalu. Berdasarkan rumor yang beredar, regulasi LCGC jilid dua akan lebih ketat. Salah satunya mengatur soal konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Di mana mobil LCGC yang dipasarkan oleh produsen otomotif harus lebih irit BBM dibanding produk sebelumnya. Mengenai Regulasi LCGC jilid dua sebenarnya sudah lama diagendakan oleh pemerintah.

Menurut Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Yohanes Nangoi regulasi LCGC jilid dua masih dalam proses penggarapan.

“Masih kami kerjakan. Karena mobil LCGC jadi mayoritas di Indonesia. Dan kami akan melanjutkan proyek ini karena bagus,” kata pria yang akrab disapa Nangoi itu di Jakarta belum lama ini.

Sementara itu mengenai isi detail dari regulasi LCGC jilid dua, dirinya mengaku belum mengetahuinya dan mengharapkan terbit dalam waktu dekat.

“Mudah-mudahan nanti April itu,” tutup Nangoi.

Lanjutan Regulasi Pertama

Seperti diketahui LCGC jilid pertama resmi berjalan setelah keluarnya Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 33 Tahun 2013. Yaitu tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau.

Di dalam peraturan tersebut mengatur banyak hal mulai dari komponen kandungan lokal, batas harga, kapasitas mesin, hingga tempat produksi.

Suzuki Karimun

Suzuki Karimun Wagon R alami perubahan tampilan. Foto/Carmudi Indonesia

Tak lama setelah regulasi LCGC terbit sejumlah pabrikan mulai berani memasarkan produk yang sesuai dengan aturan. Setidaknya ada lima pabrikan roda empat di Tanah Air yang memasarkan mobil LCGC.

Di antaranya Toyota dengan Agya dan Calya, Daihatsu punya Ayla dan Sigra, Honda Brio Satya, Suzuki Wagon R, serta Datsun GO+ dan GO. Selama 2018 mobil LCGC terjual sebanyak 230.444 unit yang disumbang dari kelima produsen tersebut.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/