Sumber informasi

Mau ke Bengkel Spesialis Land Rover? Cek Dulu Beberapa Rekomendasi Ini

Mencari bengkel spesialis Land Rover memang agak sulit ditemukan terlebih karena merek mobil asal Inggris satu ini kurang populer di Indonesia.

Sebagian besar pemilik mobil Land Rover mau memeliharanya lantaran fanatik dengan nama besar merek Land Rover. Tak cuma model baru, model lamanya juga punya fans yang cukup banyak jika ditelaah.

Bagi pemain baru, mencari lokasi bengkel spesialis Land Rover terasa cukup sulit.

Padahal salah satu cara merawat mobil dengan benar adalah mengetahui dulu lokasi bengkel spesialisnya karena biayanya dinilai lebih irit.

Land Rover Series

Land Rover meniadi SUV ikonik Inggris

Banyak orang enggan membawa Land Rover ke bengkel resmi karena terasa mahal. Di bengkel spesialis, mereka berharap bisa menyelesaikan kerusakan dengan biaya yang lebih terjangkau.

Namun bagi orang awam, terkadang cukup enggan dan sungkan mendatangi bengkel spesialis karena tidak kenal dengan mekanik atau pemilik bengkel.

Bahkan ada juga yang takut untuk sekadar bertanya. Mereka yang takut ini biasanya takut diberikan biaya jasa yang mahal atau merasa trauma pernah dibohongi oleh oknum bengkel tak bertanggung jawab.

Tetapi tenang dulu, Carmudian bisa coba mendatangi bengkel spesialis Land Rover berikut ini. Berikut beberapa rekomendasi bengkel spesialis Land Rover terpercaya.

Bengkel Spesialis Land Rover

Hanggar 17

Nama pertama bengkel spesialis Land Rover yang bisa Carmudian datangi adalah Hanggar 17. Bengkel ini merupakan bengkel yang baru berdiri pada 17 Februari 2021 silam.

Walaupun baru berdiri, tetapi bengkel tersebut tetap akan memberikan kualitas terbaik bagi para konsumennya. Sebab, banyak tenaga ahli yang dulunya pernah bekerja di bengkel resmi untuk menangani Jaguar dan Land Rover.

“Mekanik kami sudah bersertifikasi level 3 Master Tech 4 yang diakui oleh Jaguar Land Rover di Asia Pasifik. Dengan background inilah kami berani membuka bengkel,” kata Faried.

bengkel spesialis land rover

Foto: GridOto

Hanggar 17 lebih menangani mobil-mobil Jaguar dan Land Rover yang modern. Spare part yang diberikan memakai kualitas OEM dan juga genuine atau asli.

Bahkan mereka juga memiliki layanan pick up delivery service dengan towing untuk konsumen yang tidak bisa datang ke bengkel.

Lokasinya sendiri berada di Jl. Harsono RM No. 17, Ragunan, Jakarta Selatan atau bisa dihubungi di nomor 0818-8000-7322.

Klinik Land Rover

Klinik Land Rover menawarkan jasa perbaikan Land Rover tua atau model klasik seperti model Series dan Defender yang terkenal.

Bengkel yang sudah berdiri sejak 1979 ini sering mendapat order menangani Land Rover yang dipakai petinggi TNI untuk kendaraan militer.

bengkel spesialis land rover

Foto: OtoBlitz

Kini, Klinik Land Rover melayani hampir seluruh pengerjaan. Mulai dari pengerjaan bodi, mesin, interior, hingga kaki-kaki bisa dilakukan.

Namun mayoritas konsumen yang datang ke sini lebih fokus untuk merestorasi Land Rover Series.

Klinik Land Rover sendiri berlokasi di Jl. Keselamatan 1, Manggarai, Jakarta Selatan atau bisa menghubungi nomor 0812-9936-056.

Casablanca Land Rover

Pernah ingat Presiden Joko Widodo memakai Land Rover untuk meresmikan Tol Becakayu?

Nah, mobil tersebut merupakan hasil restorasi Casablanca Land Rover.

Dwiko, sang pemilik bengkel mengaku membuka bengkel sebagai wadah dari kegemarannya membongkar mobil Inggris tersebut.

Ia dahulu kerap mengoprek mobil di kawasan Casablanca, Jakarta Selatan. Nama Casablanca Land Rover pun lama kelamaan melekat padanya hingga dipakai saat membuka bengkel.

bengkel spesialis land rover

Foto: OtoBlitz

Lokasi bengkel ini terletak di Komplek Perbengkelan Inkopau, Halim Perdana Kusumah, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Di bengkel ini kerap lahir Land Rover dengan tampilan yang segar layaknya baru keluar dari pabrik. Selain itu Dwiko mengaku juga menerima modifikasi untuk keperluan off road.

Salah satu ciri khas bengkel ini adalah pengerjaan yang cukup cepat.

Carmudian bisa menghubungi bengkel ini di nomor 0878-8827-0355.

H2O Bodywork

Bengkel spesialis Land Rover lainnya adalah H2O Bodywork. Bengkel ini terletak di Muara Sari, Bojongloa Kidul, Bandung, Jawa Barat.

H2O Bodywork lebih fokus menangani Land Rover Defender. Sebenarnya H2O Bodywork tidak terlalu spesifik menangani Landy, tetapi kepada modifikasi mobil secara umum.

bengkel spesialis land rover

Yosef Bee, pemilik bengkel awalnya lebih menangani mobil yang ingin diubah menjadi sporty. Namun belakangan, banyak juga pemilik Landy yang mempercayakan kepadanya.

Jika berniat datang, silakan saja hubungi nomor 0819-3123-7978. Karya modifikasi H2O harus diakui sudah cukup terkenal di Indonesia.

Bintang Land Rover

Bengkel spesialis Land Rover selanjutnya adalah Bintang Land Rover yang berlokasi di Graha Raya, Bintaro, Tangerang Selatan.

Bengkel ini lebih fokus dalam hal restorasi, sehingga pengerjaan yang ditawarkan lebih mengarah kepada pengerjaan bodi, interior, dan mesin. Bahkan di tempat ini juga bisa membuat body parts dan pernak-pernik lain.

Restorasi Land Rover dalam beberapa tahun belakangan memang ramai. Banyak pemilik mobil dengan sebutan panci ini yang ingin dibuat rapi kembali seperti baru.

Uniknya, bengkel Bintang Land Rover juga menawarkan skema kredit untuk layanan pembelian mobil. Ini karena Bintang Land Rover juga menawarkan kepada konsumen unit yang sudah siap pakai.

Bagi Carmudian yang tinggal di sekitar kawasan Bintaro, bisa datangi bengkel ini atau menghubungi dulu nomor telepon 0813-8073-1003.

Mahameru Workshop Land Rover

Bengkel lainnya adalah Mahameru Land Rover. Bengkel yang terletak di Jl Bend Jago, Kemayoran, Jakarta Pusat ini juga lebih fokus kepada Series.

Landy klasik yang usianya tua bisa dengan mudah dikerjakan di bengkel ini. Bahkan mantan Gubernur Sumatera Selatan, Syahrial Oesman pernah membangun mobil di sini.

Tak hanya mempercantik kendaraan, di bengkel ini juga bisa menangani modifikasi. Bahkan modifikasi off road ekstrem sekalipun bisa dilayani di bengkel ini.

Tak heran jika banyak konsumen mempercayakan Mahameru Workshop Land Rover ini untuk menggarap berbagai Landy. Nomor telepon yang bisa dihubungi 021-4227-877.

Siapkan Dana Cukup

Bagi mereka yang sudah paham Land Rover tentu akan mudah merawatnya. Namun mereka yang sudah lebih hafal biasanya mengingatkan pemain baru untuk lebih bisa membuka mata.

Harga spare part maupun restorasi Land Rover tua membutuhkan biaya cukup besar. Terkadang untuk melakukan restorasi total satu unit bisa mencapai Rp50 jutaan sampai Rp200 jutaan tergantung konsep yang mau diambil.

Sebisa mungkin Carmudian yang baru membeli Land Rover sebaiknya menyiapkan dana lebih. Entah itu untuk model baru atau model lama, usahakan siapkan dana yang lebih untuk perbaikan.

Selain itu jangan tertarik dengan mobil yang harganya murah. Bisa jadi mobil tersebut memiliki banyak kerusakan atau penyakit.

Jika ingin membeli, ajak teman yang sudah benar-benar hafal dengan Landy. Agar tidak terjebak saat membeli unit yang kondisinya busuk.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts