Sumber informasi

Rekomendasi Cicilan Mobil DP Rp10 Juta, Apa Saja Pilihannya?

Rekomendasi cicilan mobil dengan DP Rp10 juta di era pandemi seperti ini sejatinya semakin banyak. Pihak Pemerintah dan para produsen berjibaku memikirkan kemudahan cara membeli mobil bagi masyarakat.

Sebab di masa pandemi banyak orang terdampak dari segi bisnis dan ekonomi. Efeknya? Penjualan apapun mengalami penurunan yang cukup tajam, salah satunya mobil baru.

Untuk bisa mengembalikan penjualan, salah satu caranya adalah dengan memberikan cicilan mobil dengan DP yang murah.

cicilan mobil dp Rp10 juta

Ilustrasi konsumen membeli mobil Toyota (Foto: Auto2000)

Misalnya cicilan mobil dengan DP hanya Rp10 jutaan. Dengan adanya dp rendah ini, diharapkan penjualan otomotif bisa kembali normal.

Arti DP / Down Payment

Mungkin masih ada beberapa orang yang bingung. Apa sih DP itu?

DP adalah singkatan dari Down Payment atau alias uang muka.

Biasanya pembayaran ini dihitung dalam presentase tertentu dari harga total barang. DP jelas berbeda dengan pinjaman, sebab sistemnya berbeda.

Untuk DP biasanya hitungan nominalnya berkisar 20% dari harga total barang yang dibeli. Misalnya harga suatu barang seharga Rp100 juta lalu DP minimalnya 20% yang artinya senilai Rp20 juta.

cicilan mobil dp Rp10 juta

Iluastrasi membeli mobil baru (Foto: Cratedwithlove)

Biasanya DP dibayarkan juga sebagai bentuk komitmen pembeli untuk membeli barang tersebut.

Selain itu, DP juga bisa menjadi penanda kepercayaan penjual kepada pembeli. Bahkan biasanya DP tak hanya berlaku pada mobil baru saja, mobil bekas juga bisa.

Pilih DP Rendah Atau DP Tinggi?

Dalam hal pembelian mobil, konsumen bisa memilih mau DP rendah atau DP besar.

DP yang dibayarkan kepada perusahaan tersebut bisa dipilih besarannya. Misalnya Carmudian bisa pilih DP 70% dibanding biasanya yang hanya 20% atau 25%.

cicilan mobil dp Rp10 juta

Bagi mereka yang punya uang lebih, DP besar sebenarnya memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Mendapat Cicilan Ringan

Jika Carmudian memberi DP besar, secara otomatis cicilan atau angsuran per bulannya akan menjadi rendah. Biaya angsuran ringan ini jelas bisa mengurangi tanggungan pembeli.

Sebagian orang memilih DP besar untuk mengurangi masa angsuran yang lebih lama. Selain itu, cicilan bulanannya juga akan berbeda dibanding pembeli dengan DP rendah.

  • Masa Angsuran Tidak Terlalu Lama

Keuntungan kedua adalah masa angsuran. Pemberian DP yang besar jelas bisa membuat masa angsuran tidak terlampau lama.

Misalnya dengan DP besar kamu bisa mendapatkan cicilan maksimal 2 tahun saja. Sedangkan pembeli dengan DP rendah biasanya memiliki masa angsuran maksimal 5 tahun karena pemberian DP besar membuat kamu mendapat bunga yang lebih rendah.

Membeli Mobil Baru

Tips Membeli Mobil Baru

Pilihan Cicilan Mobil DP Rp10 Juta

Nah, sekarang waktunya kita bahas cicilan mobil dengan DP Rp10 juta.

Kira-kira di tahun 2021 ini ada atau tidak ya?

Jawabannya: Ada.

Salah satu alasan yang membuat produsen memberikan DP rendah adalah pandemi. Untuk menstimulasi pasar, salah satu caranya adalah memberikan gimik promo penjualan.

DP rendah selalu diminati oleh banyak masyarakat Indonesia. Sebab, mereka tak perlu mengeluarkan uang dengan jumlah besar untuk membeli mobil.

Bagaimana caranya, mereka harus bisa mendapatkan mobil dengan uang seminim mungkin. Hal tersebut selalu berhasil menarik minat masyarakat dengan bujet terbatas.

Berikut ini adalah pilihan mobil DP Rp10 juta pilihan Carmudi.

Toyota Calya Bekas

Masuk ke dalam skema LCGC, Toyota Calya jadi salah satu mobil yang bisa dibeli dengan DP rendah. Dengan uang Rp10 jutaan, Carmudian bisa mengajukan cicilan mobil.

Toyota Calya

Salah satu alasan banyak orang membeli mobil ini adalah untuk dijadikan taksi online. Baik bekas atau baru, DP Rp10 jutaan masih cukup masuk akal untuk mobil ini.

Daihatsu Sigra Bekas

Sama seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra juga menjadi salah satu mobil yang bisa dibeli dengan DP rendah.

Untuk Daihatsu, biasanya mereka memiliki paket spesial untuk beberapa profesi. Seperti khusus guru, tentara, PNS, wartawan dan staf BUMN.

Jumlah tipe yang beragam ini menjadi keunggulan tersendiri dari Daihatsu Sigra. (Foto: Daihatsu)

Golongan tersebut bisa mendapatkan potongan harga yang lebih besar lagi. Ibaratnya sudah mendapat diskon dari diler, masih bisa dikurangi lagi lewat program tersebut.

Toyota Avanza – Xenia Bekas

Mobil dengan DP Rp10 juta lain yang bisa didapatkan adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Walaupun mayoritas orang Indonesia bosan jika mendengar mobil satu ini, tetapi bagi sebagian orang daya tariknya masih cukup besar.

Peminatnya terbukti selalu ada dan tak kunjung surut. Salah satu alasan mengapa mobil ini disukai adalah karakternya yang kuat dan bandel.

Toyota Avanza Recall

Toyota Avanza mendapat relaksasi PPnBM (Foto: Toyota)

Ibaratnya jika tidak dirawat saja masih bisa dipakai ke mana-mana. Apalagi dirawat dengan baik dan benar, pasti jauh lebih awet.

Honda Brio Bekas

Mobil lain yang bisa didapatkan dengan cicilan mobil DP Rp10 juta adalah Honda Brio. Pesaing Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan Suzuki Ignis ini juga menjadi primadona.

Desain yang sporty, bahan bakar irit, harga spare part murah menjadi alasan utama. Selain itu faktor kenyamanan juga menjadi alasan mengapa banyak orang membeli Honda Brio.

Honda Brio Track Day jajal sirkuit Sentul dengan ubahan signifikan. Foto/IMX

Jika ingin mendapatkan Brio dengan cicilan DP Rp10 juta, tentu kamu bisa membelinya dalam kondisi bekas. Tenang, membeli mobil bekas bukan berarti hal yang buruk kok.

Kamu bisa membeli mobil bekas yang usianya baru 1 tahun atau maksimal 2 tahun. Sebab harganya sudah lebih terjangkau akibat depresiasi.

Wuling Confero Bekas

Mobil lain yang bisa didapatkan adalah Wuling Confero. Nama Wuling lama kelamaan semakin digemari oleh masyarakat Indonesia.

Harga yang terjangkau, fitur melimpah dan layanan aftersales yang baik menjadi godaan menarik bagi konsumennya di Indonesia.

Untuk memiliki Wuling Confero, Carmudian bisa membelinya dalam kondisi bekas atau baru. Kami sarankan untuk mendapatkan angsuran yang ringan akan lebih baik membelinya dalam kondisi bekas.

Jika melihat pilihannya, memang cicilan mobil dengan dp Rp10 jutaan tidak begitu banyak pilihan. Namun jika Carmudian mau mencari rasanya masih ada banyak mobil yang bisa dibeli.

Hanya saja biasanya mobil dengan nominal DP seperti di atas terbentur di usia. Misalnya usia mobil sudah lebih dari 5 tahun atau lebih.

Masalahnya tidak semua orang mau membeli mobil dengan usia pakai yang sudah cukup tua. Alasannya mereka malas melakukan perbaikan pada mobil tersebut.

Tetapi bagi sebagian orang, mereka senang saja melakukan perbaikan pada mobil yang usianya cukup tua. Yang terpenting mereka bisa mendapatkan mobil yang lebih nyaman dipakai.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *