Sumber informasi

Rekomendasi Kursus Mengemudi di Bandung, Banyak Instruktur Berpengalaman

Kursus Mengemudi Bandung – Untuk mengemudikan sebuah mobil, biasanya memang dibutuhkan belajar terlebih dahulu. Ada yang belajar menggunakan mobil sendiri, dan ada juga yang belajar memakai tempat kursus mengemudi.

Tempat kursus mengemudi menjadi opsi pertama yang dicari bagi mereka yang mau mengemudikan mobil. Sebab, di tempat kursus tersebut biasanya memiliki instruktur.

Sehingga murid atau mereka yang memakai jasa kursus mengemudi bisa lebih cepat bisa mengemudi mobil. Tidak heran kalau banyak tempat kursus mengemudi yang dibuka di kota-kota besar.

Tempat Kursus Mengemudi di Bandung

Berkendara dengan santai dapat menghemat BBM (Foto: Comcentric)

Salah satu kota besar yang punya tempat kursus mengemudi ada di Bandung, Jawa Barat. Di kota tersebut kita bisa dengan mudah menjumpat tempat kursus.

Sama seperti di Jakarta, Bandung merupakan kota besar dan masyarakatnya banyak yang menggunakan mobil untuk keperluan sehari-hari.

Mungkin bagi sebagian orang bertanya, mengapa banyak yang memakai jasa kursus mengemudi? Jawaban ini sebenarnya cukup mudah dijawab.

Alasan Orang Memakai Kursus Mengemudi

Ingin Cepat Bisa

Alasan pertama menggunakan jasa kursus mengemudi adalah ingin cepat bisa mengemudi. Tipikal orang Indonesia yang maunya serba instan menjadi alasan utama.

Biasanya orang tersebut punya keinginan mendadak. Seperti baru saja dibelikan mobil, mau membeli mobil atau bahkan ada kewajiban bisa mengendarai mobil dari tempatnya bekerja.

Tempat Kursus Mengemudi di Bandung

Posisi duduk yang benar saat mengemudikan mobil ala Rifat Sungkar (Foto: MMKSI)

Bisa juga datang dari tekanan keluarga yang mewajibkan dirinya untuk bisa mengendarai mobil. Alasan tersebut merupakan alasan yang paling sering ditemui bagi mereka yang memakai jasa mengemudi.

Biasanya di tempat kursus mengemudi diajarkan langsung secara praktek. Teori yang diberikan juga ada, namun porsinya lebih banyak untuk praktek ketimbang teori.

Dan mereka yang memakai kursus mengemudi juga sudah punya target. Misalnya harus bisa mengemudi ketika mereka sudah selesai kursus mengemudi dengan modal keberanian yang sudah diajarkan.

Takut Merusak Mobil / Tidak Memiliki Mobil

Alasan lain adalah biasanya keluarga takut merusak mobil yang ada. Lebih baik menggunakan jasa kursus mengemudi agar mobil yang ada di rumah tidak mengalami kerusakan akibat belajar.

Masa sih ada yang seperti ini? Ada kok. Coba tanya saja kepada teman-teman Carmudian. Biasanya satu atau dua orang sih ada yang memberikan alasan seperti ini.

Tempat Kursus Mengemudi di Bandung

Ilustrasi mengajarkan anak mengemudikan mobil (Foto: Verywell Family)

Alasan lain yang paling banyak juga adalah tidak memiliki mobil di rumahnya. Misalnya seseorang ingin bisa mengemudi mobil tetapi keluarganya di rumah tidak memiliki mobil.

Untuk itu ia lebih memilih memakai tempat les berkendara supaya bisa mengemudikan mobil. Jadi tidak ada alasan lagi tidak punya mobil tetapi tidak bisa menyetir mobil. Jika memang punya niat, cara apapun bakal ditempuh untuk bisa menyetir mobil.

Kursus Mengemudi di Kota Bandung

Bagi warga Jawa Barat, kalian bisa mendatangi beberapa lokasi kursus mengemudi yang ada di Bandung. Kami akan mencoba memberikan sedikit referensi yang ada di Bandung.

  • Mitra

Tempat kursus mengemudi di Bandung yang satu ini cukup rekomen. Tempat mengemudi satu ini punya beberapa lokasi.

Hindari stres saat mengemudi, ketimbang celaka di jalan (Foto: Sunday Times Driving)

Salah satunya di Antapani, Buah Batu dan Komplek Permata Buah Batu Bojongsoang. Mobil yang disediakan tentu ada transmisi manual dan matic, sesuai kebutuhan konsumen.

  • Talenta MJP

Tempat kedua yang bisa Carmudian datangi adalah Talenta Mahesa Jaya Persada (MJP). tempat ini merupakan tempat pelatihan yang terletak di Buah Batu dekat SPBU gerbang tol Buah Batu.

Di tempat satu ini, kalian bisa memilih paket mengemudi yang ditawarkan. Ada yang benar-benar khusus pemula dan ada juga kelas untuk melancarkan bagi mereka yang sudah hampir bisa.

  • Citra

Terletak di kawasan Pasir Endah, Ujung Berung, tempat satu ini terkenal dengan pelatih yang ramah dan sabar. Sebab tidak semua tempat mengemudi memiliki pelatih yang ramah dan sabar.

Terkadang ada juga beberapa pelatih yang kurang sabar dan cenderung galak. Di kursus mengemudi Citra yang ada di Bandung ini, instrukturnya cukup sabar.

  • Merah Putih

Bagi Carmudian yang tinggal di wilayah Cimahi, bisa nih mendatangi pelatihan mengemudi Merah Putih. Di tempat mengemudi ini kamu bisa mendapatkan berbagai pengalaman karakter jalan yang ada di Cimahi.

Misalnya macet, turunan, tanjakan serta jalan biasa yang lancar. Kursus mengemudi Merah Putih ini cukup sering menjadi rujukan.

  • Pratama Venus

Tempat lainnya yang bisa didatangi adalah Pratama Venus. Kursus mengemudi ini terletak di Jl Venus Raya, Metro Margahayu.

Hampir sama dengan tempat pelatihan mengemudi di Jakarta. Venus menawarkan berbagai paket kepada konsumennya yang mau mengemudi.

Pilihan mobilnya juga cukup lengkap dengan tenaga pengajar yang cukup terlatih.

  • Dua Putra Abadi

Tempat rujukan selanjutnya adalah Dua Putra Abadi yang berlokasi di Batununggal. Di tempat ini, salah satu servis andalannya adalah antar-jemput konsumen di dalam kota Bandung.

Selain itu biasanya 1 siswa diberikan 1 pelatih dengan 1 mobil. Alias setiap siswa yang sedang berlatih tidak digabung dengan orang lain agar lebih fokus.

Kelebihan Memakai Jasa Kursus Mengemudi

Sebenarnya banyak kelebihan yang didapat dari kursus mengemudi. Salah satunya adalah kemahiran dalam mengendarai mobil dengan waktu singkat.

Seorang Remaja Belajar Mengemudi Ditemani Ayahnya (Foto : Dailymail)

Sebab sejak pertemuan pertama dengan pelatih, siswa langsung diajarkan untuk langsung mengemudi. Sebelumnya akan diajarkan dahulu teknik berkendara yang mudah oleh para instruktur.

Seperti cara mengoper gigi, berbelok, menghentikan mobil mendadak, menyalip kendaraan dan tentunya saat parkir. Bagi siswa, siapkan mental yang cukup kuat.

Terkadang ada beberapa pelatih yang kurang sabaran. Namun, tujuannya agar Carmudian juga cepat bisa berkendara di jalanan.

Kelebihan lainnya adalah tidak perlu memikirkan mobil. Pihak penyedia jasa sudah menyediakan mobil yang bisa langsung digunakan.

Konsumen tinggal memilih, mau mobil transmisi manual atau matic. Selain itu, jika terjadi kerusakan sudah menjadi tanggung jawab pihak penyedia jasa.

Coba bayangkan jika memakai mobil sendiri. Kalau rusak, ya jelas tentunya ditanggung sendiri akibat kerusakan saat berlatih menggunakan mobil.

Kekurangan Memakai Jasa Kursus Mengemudi

Tetap ada kekurangan dari setiap hal. Dalam kursus mengemudi, salah satu kekurangannya adalah harganya yang mahal.

Terkadang calon siswa akan dikenakan biaya per paket yang diambil. Misalnya paket memakai mobil bertransmisi manual atau matic.

Sebab antara mobil matic dan manual biayanya berbeda. Akan lebih mahal mobil dengan transmisi matic.

Kisaran biayanya bisa mencapai Rp550 ribuan sampai Rp950 ribuan tergantung paket yang diambil. Ada yang hanya 3 kali pertemuan, ada juga yang sampai 5 kali pertemuan.

Biasanya dalam satu kali pertemuan memakan waktu sekitar 2 jam berkendara. Jika banyak melalui rute macet, rasanya akan cukup kurang terasa ya waktu belajarnya.

Bagi Carmudian yang mau mendatangi tempat kursus mobil di wilayah Bandung, jangan lupa perhatikan biaya. Usahakan carilah yang harganya masuk di bajet kamu, agar tidak membebani keuangan.

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *