Home » Reviews » Deretan Mobil Bekas di Bawah 10 Tahun, Dijamin Kece dan Bebas Ingub Polusi

Deretan Mobil Bekas di Bawah 10 Tahun, Dijamin Kece dan Bebas Ingub Polusi

Jakarta – Pasar mobil bekas tengah disorot lantaran ditengarai akan terkena dampak dari salah satu poin Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta yang melarang mobil berusia 10 tahun ke atas untuk melintas di jalanan ibu kota. Poin tersebut tertuang dalam Ingub No. 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara Ibu Kota yang diterbitkan Gubernur Anies.Anies menginstruksikan kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI agar memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai 2019. Kebijakan ini lahir disebabkan karena wilayah Jakarta diketahui memiliki kualitas udara yang sangat buruk akibat adanya polusi kendaraan.

Membeli Mobil Bekas Untuk Mudik
Pasar mobil bekas jadi sorotan terkait Ingub Pengendalian Kualitas Udara DKI Jakarta.

Alasan Mobil 10 Tahun Dilarang di Jakarta

Pemberlakuan peraturan itu pun dipercepat terhadap kendaraan umum karena kualitas emisi yang dihasilkan umumnya buruk. Angkutan umum menghasilkan asap polusi sangat besar akibat minimnya perawatan. Dengan adanya aturan ini, diharapkan kualitas kendaraan umum semakin baik dan masyarakat beralih memakai transportasi publik.

Selain itu, Anies mengharapkan pada tahun 2025 tidak ada lagi kendaraan pribadi yang berusia lebih dari 10 tahun melintas di wilayah DKI Jakarta. Setelah peraturan ini terbit, uji emisi akan diberlakukan sebagai syarat dalam pemberian izin operasional kendaraan sebelum tahun 2025.

Akibatnya, pedagang dan pembeli mobil bekas mulai mengalihkan fokusnya untuk kendaraan di bawah 10 tahun. Namun, Carmudian yang sedang berburu mobil bekas tidak usah cemas, masih banyak mobil bekas di bawah 10 tahun. Tidak harus mahal, mobil ini sudah kece untuk tampil glamor dan pastinya nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Daftar Mobil Bekas di Bawah 10 Tahun

Agar pengelompokannya lebih mudah, rentang harganya kita mulai dari 100 juta dan dibatasi maksimal Rp 150 juta. Anggap saja, ini adalah alternatif bila Carmudian ogah membeli LCGC. Berikut ini jajaran mobil “setengah tua” yang bisa kalian jadikan pilihan:

  • Honda CR-V

Dengan lahirnya aturan mobil 10 tahun dilarang beredar di Jakarta, Carmudian terpaksa berburu mobil yang lebih muda. Salah satu mobil kece yang bisa jadi pilihan yaitu CR-V. Sudah sejak lama, CR-V menjadi SUV medium bercita rasa sedan karena punya desain mewah dan kenyamanan yang oke.

Desainnya timeless dengan ciri khas gril dan bumper depan yang gagah serta garis desain bodi yang tegas. CR-V membawa formula andalannya seperti kabin luas, dengan jok belakang yang memiliki ruang kaki ideal, ruang kargo luas dengan dek rendah dan datar. Sementara untuk dapur pacu dibekali mesin 2,4 liter dengan transmisi otomatis.

Dengan bujet di bawah Rp150 juta, Carmudian bisa menebus Honda CR-V generasi ketiga dengan tahun produksi 2010. Fiturnya jelas tidak kalah dengan mobil keluaran baru, seperti Head Unit layar sentuh dan Steering Wheel Mounted Control yang berada di roda kemudi. Honda CR-V juga memiliki fitur menarik lainnya, yaitu i-MID (Intelligent-Multi Information Display); layar berwarna 5 inci untuk menampilkan berbagai informasi seperti konsumsi bahan bakar, audio, dan jam.

Smart Key System memudahkan pengemudi untuk membuka kunci kendaraan. Kunci cukup disimpan di dalam saku dan kunci akan terbuka secara otomatis ketika tangan berada di handle pintu. Paling penting juga, Honda CR-V pernah memenangkan penghargaan mobil dengan tingkat emisi terbersih dari Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

  • Nissan X-Trail

Masih dari segmen SUV medium, kali ini mobil bekas di bawah 10 tahun yang masih kece untuk dipakai sekarang yaitu Nissan X-Trail. Ada 2 varian X-Trail yang dihadirkan di Indonesia, yaitu 2 dan 2,5 liter. Transmisinya termasuk modern karena dibekali Xtronic CVT. Pada saat itu baru X-Trail saja yang dibekali transmisi otomatis CVT di kelas SUV medium.

Keunggulan X-Trail terletak di bantingan suspensi yang empuk dan lembut. Transmisi Xtronic CVT bekerja dengan halus dan pintar menyesuaikan dengan karakter pengemudinya. Soal akomodasi barang dan penumpang pun ‘jempolan’ karena bangku yang bisa dilipat rata untuk memaksimalkan menyimpan barang.

Dari sisi fitur masih keren karena dibekali Around View Monitor yang akan menampilkan pemandangan 360° untuk memudahkan ketika sedang memarkir mobil atau memasuki area yang sempit. Ada lagi Fitur Touchless Back Door yang merupakan sensor otomatis untuk membuka pintu belakang.

Harga X-Trail ini bervariasi, mulai dari Rp130 juta sampai Rp150 juta. Harga tersebut masih cukup layak untuk membeli sebuah X-Trail keluaran 2011. Hanya saja, desain yang kaku dan mengotak membuat penampilan X-Trail jadi terkesan ‘jadul’.

  • Toyota Yaris Bakpao

Toyota Yaris sudah tentu menyasar pada segmen anak muda atau pengendara yang memiliki jiwa muda. Desain Yaris generasi pertama dengan bentuk membulat atau biasa juga disebut Yaris Bakpao punya headroom cukup tinggi. Namun sayangnya, pamor Yaris Bakpao kalah tenar dibanding Honda Jazz karena desainnya dinilai kurang modis.

Toyota Yaris ini masih mumpuni apabila digunakan untuk pemakaian harian. Mesin 1,5 liternya terkenal irit dan cukup bertenaga. Selain itu, handling-nya lincah dengan putaran setir ringan membuatnya nyaman untuk bermanuver di perkotaan. Karena lincahnya ini, Yaris sering memenangi kejuaraan seperti slalom atau kejuaraan touring.

Mesin 1.500 cc 1NZ-FE dengan VVT-i yang digendong Yaris Bakpao juga digunakan pada Toyota Vios dan Limo. Oleh karena itu, perawatannya mudah serta persediaan suku cadang pun melimpah. Terlebih, Toyota Limo yang pakai mesin serupa Yaris ini digunakan sebagai mobil taksi.

  • Honda Freed

Honda Freed 2014/Foto.Carmudi Indonesia

Apabila tidak suka dengan SUV dan hatchback, Carmudi punya Honda Freed yang bisa menjadi salah satu opsi untuk mobil keluarga. Untuk versi Indonesia Honda Freed mengadopsi konfigurasi tujuh tempat duduk. Harga Honda Freed kini makin terjangkau karena sudah tidak diproduksi lagi.

dengan konsep ‘open café’, sektor interior Honda Freed seolah mensinergikan unsur kepraktisan untuk 7 orang penumpang dengan desain interior yang futuristik. Selain itu, Freed menjadi pelopor MPV boxy di kelas mobil kompak dengan pintu geser dan memiliki opsi captain seat. Tentu saja dengan fitur ini, akses keluar-masuk penumpang baris kedua dan ketiga jadi semakin mudah.

Soal kenyamanan penumpang, Honda Freed juga sudah dilengkapi oleh Auto AC Double Blower, 6,1 Inch Monitor Touchscreen (DVD, USB, Bluetooth), Eco Indicator, Rear Parking Camera, serta setir multifungsi.

Perpindahan giginya halus dengan pembagian rasio gigi yang optimal untuk tenaga dan menghemat bahan bakar. Honda Freed hadir dengan mesin 1.5 liter inline-4 SOHC i-VTEC yang sanggup menelurkan tenaga hingga 118 HP, serta torsi mumpuni 148Nm.

 

Penulis : Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Aksesori Yamaha Lexi
Previous post
Daftar Harga Aksesoris Baru Bikin Tampilan Yamaha Lexi Tambah Bergaya
Penyebab radiator mobil rusak.
Next post
Radiator Mobil Rusak, Bagaimana Solusinya?