Mobil

Rekomendasi Mobil Kecil Murah Meriah, Apa Saja Pilihannya?

Pada artikel berikut ini kami akan membahas mengenai rekomendasi mobil berdimensi kecil dengan harga yang murah.

Mengapa mobil kecil?

Sebenarnya ada beberapa alasan yang membuat mobil kecil masih cukup diminati di Indonesia. Salah satunya adalah kemudahan berkendara berkat ukuran yang tidak terlalu besar.

Mobil dengan dimensi yang kecil sangat mudah dikendarai, terutama di perkotaan padat penduduk yang punya banyak jalan sempit. Selain itu mobil berukuran kecil juga mudah bermanuver di kemacetan dan parkir pun terhitung gampang.

Hanya saja banyak dari Carmudian yang masih bingung menentukan apa saja mobil kecil yang harganya murah.

Apa saja rekomendasi mobil kecil berharga murah ini?

Rekomendasi Mobil Kecil Murah

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi mobil berdimensi kecil dengan harga murah atau terjangkau. Beberapa di antaranya sudah tidak lagi diproduksi, namun Anda masih bisa mendapatkannya di listing mobil bekas terbaik dan termurah dari Carmudi.

  1. Suzuki Karimun

Karimun Wagon R rekomendasi mobil kecil murah

Suzuki Karimun Wagon R. (Foto: Carmudi)

Rekomendasi pertama mobil kecil yang memiliki harga murah adalah Suzuki Karimun. Mobil satu ini sudah terkenal dengan reputasinya sebagai mobil kecil murah meriah.

Apalagi harga suku cadangnya terbilang murah dan sangat gampang dicari. Namun, beberapa orang mungkin takut untuk membeli Suzuki Karimun ini lantaran sudah tidak diproduksi lagi sehingga ragu terkait ketersediaan suku cadangnya.

Jangan takut, Suzuki masih menjamin ketersediaan suku cadang Karimun hingga 10 tahun ke depan.

Menyoal harganya, Suzuki Karimun memiliki banderol yang sangat bervariasi. Untuk generasi pertama harganya berkisar di Rp45 jutaan sampai Rp60 jutaan.

Lalu generasi keduanya yakni Karimun Estilo dibanderol Rp50 jutaan sampai Rp70 jutaan. Sedangkan generasi terakhirnya adalah Wagon R dibanderol Rp60 jutaan sampai Rp100 jutaan tergantung tahun produksi.

Pilihan transmisinya pun tersedia antara manual dan otomatis.

  1. Daihatsu Sirion

penjualan daihatsu rekomendasi mobil kecil murah

Daihatsu Sirion. (Foto: Daihatsu)

Rekomendasi kedua dari mobil kecil dengan harga murah ada Daihatsu Sirion. Bisa dibilang mobil satu ini merupakan mobil yang underrated, atau diremehkan dan jarang dipilih untuk dibeli.

Alasan Daihatsu Sirion diremehkan karena dinilai sebagai mobil yang desainnya aneh. Padahal secara penggunaan Sirion termasuk ke dalam hatchback yang cukup nyaman dikendarai.

Sirion sendiri pertama kali hadir di Indonesia sejak 2009 silam yang diimpor dari Malaysia dengan status Completely Built Up (CBU). Sirion merupakan mobil rebranding dari merek mobil Malaysia, Perodua MyVi.

Kala itu Sirion dijual dengan harga yang jauh lebih mahal. Namun Daihatsu menilai jika Sirion punya kelebihan di fitur yang tak dimiliki oleh rival di kelasnya.

Soal harga, Daihatsu Sirion dijual dengan harga kisaran Rp70 jutaan sampai Rp170 jutaan tergantung tahun produksi dan kondisi.

  1. Toyota Yaris ‘Bakpao’

Toyota Yaris generasi pertama atau yang sering disebut ‘Yaris Bakpao’ juga masih layak disebut sebagai mobil kecil dengan harga murah.

Harga bekas Toyota Bekas ‘Bakpao’ sudah sangat terjangkau di pasaran. Pilihan transmisinya pun tersedia manual dan otomatis, jadi bisa pilih sesuai selera hati.

Generasi satu Yaris disebut bakpao karena mobil ini berdesain bulat mirip seperti makanan bakpao.

Pada generasi kedua Yaris hingga yang terbaru dimensinya tak lagi tergolong kecil.

Untuk kisaran harganya sendiri Toyota Yaris ‘Bakpao’ ini dijual dengan harga Rp70 jutaan sampai Rp120 jutaan. Soal suku cadangnya tak perlu khawatir karena masih sangat mudah ditemukan di pasaran dan bengkel resmi.

  1. Honda Jazz

Rekomendasi mobil kecil murah selanjutnya ada Honda Jazz. Sayang, mobil satu ini sudah tak lagi diproduksi alias tinggal nama saja.

Namun pesona Honda Jazz bagi masyarakat Indonesia masih cukup besar. Terbukti mobil bekasnya masih dicari oleh banyak orang.

Di Indonesia, Honda Jazz berhadapan secara langsung dengan Toyota Yaris. Namun beberapa waktu lalu posisi Honda Jazz pun digantikan dengan City Hatchback.

Mobil Honda Jazz Bekas GE8

Honda Jazz GE8 (Foto: Pinterest)

Desainnya terbilang cukup sporty dan berjiwa muda. Daya tarik lainnya adalah handling dan rasa berkendara yang benar-benar sangat baik.

Bagi pecinta modifikasi, Honda Jazz terbilang mudah mendapat ‘sentuhan’ agar menjadi kencang. Misalnya dengan cara remap ECU saja mobil sudah bisa berlari lebih kencang dari standarnya.

Di Indonesia Honda Jazz punya tiga generasi.

Generasi pertama memiliki harga bekas di kisaran Rp70 jutaan sampai Rp90 jutaan. Generasi kedua dibanderol Rp90 jutaan sampai Rp120 jutaan. Lalu generasi ketiga rata-rata dihargai Rp130 jutaan sampai Rp200 jutaan tergantung kondisi dan tahun produksinya.

  1. Honda Brio

Jika membahas mobil kecil dengan harga murah, rasanya kurang lengkap jika tak memasukkan nama Honda Brio. Ya, Brio termasuk ke dalam mobil kecil dengan harga cukup murah yang kami rekomendasikan.

Bahkan sejak pertama kali meluncur di tahun 2012 hingga sekarang Brio selalu menjadi tulang punggung penjualan Honda di Tanah Air. Wajar jika bekasnya pun masih diburu masyarakat Indonesia.

Dibalik desain yang sporty dan kekinian siapa sangka jika mobil kecil ini punya konsumsi BBM yang sangat irit. Tidak heran kalau banyak orang memilih mobil kecil satu ini sebagai mobil harian.

rekomendasi mobil kecil murah

Honda Brio (Foto: HPM)

Di Indonesia Brio hadir dalam tiga generasi.

Generasi pertama memiliki desain pintu belakang yang rata dengan kaca yang bisa dibuka. Generasi kedua hadir dengan status facelift pada 2016. Lalu di tahun 2018 Honda akhirnya memperkenalkan generasi ketiga dengan status major change.

Bagaimana harga bekas Honda Brio?

Honda Brio generasi pertama biasanya dipasarkan di kisaran Rp90 jutaan sampai Rp110 jutaan. Generasi kedua umumnya dijual dengan harga bekas Rp100 jutaan sampai Rp120 jutaan. Sementara generasi ketiga harga bekasnya Rp130 jutaan sampai Rp160 jutaan.

Pilihan transmisinya tersedia antara manual dan otomatis. Rasanya mobil satu ini sangat layak dijadikan mobil harian, deh!

  1. Daihatsu Ayla dan Toyota Agya

Rekomendasi mobil kecil dengan harga murah selanjutnya ada duo kembar Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Keduanya menjadi salah satu mobil kecil yang sangat populer di Indonesia.

Bahkan di kota-kota besar, kedua mobil tersebut dijadikan sebagai mobil harian dan taksi online. Ukuran kecil, konsumsi BBM irit, serta harga suku cadang yang murah membuat kedua mobil ini laris di pasaran.

Di Indonesia, Toyota Agya telah berevolusi sebanyak tiga kali. Generasi pertama, generasi facelift kedua, dan generasi facelift ketiga.

Biaya Perawatan Toyota Agya

Toyota Agya GR Sport 2021 (Foto: TAM)

Begitupun dengan Daihatsu Ayla yang ada tiga generasi sama seperti Agya yang mendapatkan dua kali facelift. Walaupun demikian, masih banyak orang yang hendak membeli kedua mobil ini terutama keluarga muda.

Menyoal harga bekas Toyota Agya, untuk generasi pertama dijual seharga Rp70 jutaan sampai Rp90 jutaan. Generasi keduanya dijual Rp80 jutaan sampai Rp100 jutaan. Sedangkan generasi ketiga dijual Rp110 jutaan sampai Rp140 jutaan.

Harga bekas Daihatsu Ayla generasi pertama dijual Rp70 jutaan sampai Rp80 jutaan. Generasi kedua Ayla dijual Rp90 jutaan sampai Rp100 jutaan dan generasi ketiganya dijual Rp110 jutaan hingga Rp120 jutaan.

Namun perlu dicatat, rekomendasi harga mobil kecil murah di atas kami dapat berdasarkan survei di laman mobil bekas Carmudi. Bisa saja harga yang dijual oleh pedagang lebih rendah ataupun lebih tinggi yang kami sebutkan.

Dari semua rekomendasi mobil kecil murah yang sudah disebutkan di atas, mana mobil yang punya peluang paling besar untuk Anda beli, Carmudian?

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *