Produk

Rekomendasi Oli untuk Menjaga Performa Mesin Mobil Tetap Prima

menjaga perfoma mesin mobil

Mengganti oli mesin secara rutin membuat mobil selalu dalam kondisi yang prima (Google)

Jakarta – Demi menjaga performa mesin mobil selalu prima, dibutuhkan perawatan terbaik dan teliti.

Mobil dan komponen-komponen di dalamnya yang berhadapan langsung dengan kondisi lalu lintas padat, kemacetan, hingga cuaca panas akan dipaksa bekerja lebih keras.

Nah, Carmudian pun tentu ingin mobil awet untuk jangka waktu pemakaian yang lama.

Untuk mencapai hal tersebut tidak sulit, cukup melakukan perawatan rutin, baik dilakukan sendiri atau servis berkala ke bengkel.

Flushing Engine

Langkah pertama dan mudah dilakukan untuk menjaga performa mobil selalu prima adalah flushing.

Flushing adalah proses membersihkan kerak deposit dan juga lumpur yang mengendap di ruang mesin ketika akan mengganti oli.

Jika endapan di ruang mesin dibiarkan dapat menghambat sistem pelumasan serta mempercepat penurunan kualitas oli mesin.

Proses flushing sendiri bisa dilakukan dengan cara mencampurkan cairan engine flush ke dalam oli lama sebelum mulai dikuras.

Ganti Oli

Langkah kedua setelah melakukan flushing engine adalah mengganti oli mesin.

Sebelumnya, perlu dicermati dulu bahwa menghitung jarak tempuh bukan satunya-satunya faktor yang bisa digunakan untuk menentukan jadwal penggantian oli.

Hal ini berkaitan dengan situasi mobil saat di situasi kemacetan, di mana mesin terus bekerja. Artinya, durasi nyala mesin (running engine hours) juga menjadi faktor penting dalam menentukan waktu ideal untuk mengganti oli.

Memilih Oli Flushing Engine

Untuk menguras ruang mesin dari endapan kotoran, lumpur oli, tar, varnish, dan kerak yang bersarang, STP Engine Flush jadi produk yang sangat dianjurkan.

STP Engine Flush memiliki formula yang sangat aman untuk mesin bensin dan diesel.

Untuk penggantian oli, kini rangkaian STP Synthetic Oil Series dengan varian pelumas mesin kendaraan STP Full Synthetic Motor Oil 0W-20, 5W-20, 5W-30 dan STP Synthetic Motor Oil 10W-30, 10W-40, 15W-40, 0W dan 20W-50 dengan kategori API SERVICE SN telah dilengkapi dengan teknologi Tropical formula yang diperkaya
dengan zat aditif oli terkini.

menjaga perfoma mesin mobil

STP Oil Synthetic Series. (Foto: STP Oil)

Teknologi Tropical, sesuai namanya, sangat tepat untuk digunakan di daerah iklim tropis karena lebih tahan panas akibat gesekan mesin terus-menerus.

Selain itu, teknologi ini pun mampu menjaga kekentalan (visocity) oli tetap tstabil sehingga daya tahan pelumasan tetap sempurna.

Lebih pentingnya lagi, atas segala perlindungan yang mampu diberikan STP Synthetic Oil Series, mesin mobil Carmudian bisa lebih hemat bahan bakar.

Itu tadi sedikit ulasan mengenai perawatan flushing engine, mengganti oli, serta pilihan oli terbaiknya untuk menjaga performa mobil tetap prima. Semoga bermanfaat! (Adv)

 

Penulis: Dimas Hadi

Related Posts