HomeSepeda motorRem Bermasalah, Penyebab Kecelakaan Mavericks Vinales Lompat Dari Motor

Rem Bermasalah, Penyebab Kecelakaan Mavericks Vinales Lompat Dari Motor

Alami kecelakaan, Maverick Vinales terpaksa lompat dari motor yang melaju liar (Foto: Crash)

Vienna – Laga Styrian MotoGP, Austria semalam diwarnai kecelakaan yang dialami oleh Maverick Vinales. Pebalap berjuluk Top Gun itu harus lompat dari motornya di tengah balapan. Vinales mengungkap bila ia terpaksa menjatuhkan diri pada kecepatan 230 km/jam karena rem motornya kepanasan dan rontok.

Yamaha YZR-M1 tunggangannya pun dibiarkan melaju liar tanpa joki ke pinggir trek sampai membentur dinding lintasan. Motor tersebut pun akhirnya terbakar tak lama setelah menabrak dinding balon di sirkuit Red Bull Ring Austria. Sebelum insiden itu terjadi, pebalap dari tim Yamaha Monster Energy ini sudah melambaikan tangan sebagai isyarat motornya bermasalah.

Dikutip dari Crash, Vinales mengaku bila ia sudah menghadapi masalah rem sejak putaran tiga dan empat balapan. Ia tidak membayangkan bila kerusakannya sampai sebegitu parah sampai remnya ‘mbledos’ dan cecerannya rontok di lintasan.

“Saya mulai merasakan hilang tekanan di rem depan dan terus mencobanya tapi melebar. Saya katakan, ini balapan yang sulit. Saya terus memaksakan balapan tanpa memakai rem hingga disalip oleh Quartararo, Valentino, dan Petrucci,” ucapnya.

Karena rem yang bermasalah ini memaksanya harus melompat saat balap memasuki tikungan pertama lap 17. Untungnya, ia tidak mengalami cidera apapun setelah lompat dari motor yang melaju pada kecepatan 230 km/jam itu.

“Saya merasa beberapa bagian di perangkat rem sudah terlepas (setelah meledak) dan saya melaju tanpa rem. Saya tidak mungkin menghentikan motornya, dan sangat paham kalau rem motor bermasalah atau rusak. Saat itu saya memutuskan untuk melompat,” bebernya.

Alex Marquez Jadi Saksi Penyebab Kecelakaan Maverick Vinales

Motor Maverick Vinales terbakar usai menabrak airfence (Foto: Crash)

Kerusakan yang dialami oleh Vinales juga terlihat langsung oleh Alex Marquez yang berada dibelakangnya. Pebalap tim Repsol Honda ini menyebut bila ada serpihan komponen berwarna hitam yang rontok dari motor Vinales.

Kecelakaan yang dialami Maverick Vinales sebenarnya bisa dihindari apabila ia segera masuk paddock tak lama setelah melambaikan tangan. Sayangnya, ia terus memaksakan motor demi bisa finish dan meraih poin.

“Saya semestinya berhenti tapi saya tidak mau. Saya ingin bisa tetap finish balapan walaupun hanya meraih 1 poin. Saya memberikan kemampuan semaksimal mungkin di atas trek,” katanya.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Previous post
Review Singkat Mazda Astina, Liftback Modis 90-an
Kemenperin usul Pajak pembelian mobil baru dibuat nol persen
Next post
DP Nol Persen untuk Kredit Kendaraan Bermotor Ramah Lingkungan