Tips dan Trik

Rem Mobil Juga Bisa Overheat, Bukan Cuma Mesin

Tidak cuma terjadi pada mesin saja, ternyata rem mobil pun bisa overheat atau panas berlebihan. Rem mobil overheat bisa terjadi karena berbagai sebab dan bisa membuat kinerja rem menjadi tidak maksimal.

Umumnya masalah rem overheat dialami oleh pengguna mobil ketika berkendara jarak jauh serta melalui banyak jalan tanjakan dan turunan dengan kondisi lalu lintas padat.

Dalam kondisi tersebut, pengemudi akan lebih sering menggunakan rem untuk memperlambat laju kendaraan.

Rem mobil overheat

Periksa rem mobil secara rutin untuk menghindari terjadinya overheat (Foto: Auto2000)

Penyebab Rem Mobil Overheat

Penyebab umum rem overheat dikarenakan pengemudi tak henti-hentinya melakukan pengereman. Sehingga membuat kampas secara terus menerus bergesekan dengan cakram atau tromol.

Hal inilah yang bisa membuat rem cepat panas dan daya cengkeram kampas mengalami penurunan drastis.

Bagian lain yang bisa menyebabkan rem bisa cepat panas yakni minyak rem. Adanya udara pada sirkulasi minyak rem bisa menyebabkan terjadinya oksidasi dan menghasilkan uap air sehingga membuat tekanan minyak rem menurun dan rem gagal bekerja.

rem mobil overheat

Kampas rem mobil (Foto: The Engine Block)

Selain itu kualitas minyak rem yang buruk atau sudah terlalu lama dipakai bisa membuat perangkat rem rusak.

Langkah Pencenggahan

Rem merupakan salah satu komponen mobil yang amat penting karena bisa mencegah tabrakan. Oleh karena itu ada baiknya selalu melakukan pemeriksaan pada rem secara rutin. Bila perlu, periksa sebelum atau sesudah melakukan perjalanan jauh.

Saat dalam perjalanan, ada baiknya pengemudi menghindari pemakaian rem jika tidak terlalu dibutuhkan, atau jangan menambah kecepatan apabila Anda sudah melihat kendaraan di depan berhenti. Dengan begitu Anda tidak perlu menginjak pedal rem terlalu dalam.

Bisa juga memanfaatkan engine brake dengan cara menurunkan rasio gigi transmisi yang dapat memperlambat laju kendaraan. Terlebih ketika sedang dihadapkan dengan kondisi jalan menurun.

Rem mobil overheat

Hindari mengerem secara mendadak saat hujan (Foto: Ist)

Apabila berkendara dalam kondisi hujan, sebaiknya turunkan kecepatan mobil. Sebab rem tidak dapat bekerja optimal saat jalan basah.

Jika punya waktu banyak, tidak ada salahnya Anda mengistirahatkan mobil ketika sedang menempuh perjalanan jauh. Minimal setiap 3 jam sekali supaya dapat memberi kesempatan pada sistem rem melepaskan panas.

Jangan lupa pula rutin memeriksakan rem mobil ke bengkel resmi.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts